Biar Bisa Nabung dari Sekarang, Ini Estimasi Detail Anggaran Pernikahan yang Perlu Kamu Siapkan

Nabung mulai sekarang ya!

1k
SHARES

Pernikahan merupakan satu fase hidup yang menjadi keinginan banyak orang. Karena sejatinya pernikahan hanya terjadi sekali seumur hidup, menyelenggarakan pernikahan nggak boleh sembarangan apalagi asal-asalan. Dari mulai lamaran, persiapan, akad/ pemberkatan hingga resepsian semua harus dipikirkan dan direncanakan dengan sangat matang demi pernikahan impian. Dan yang paling penting biaya juga harus benar-benar diperhitungkan. Nggak dipungkiri, untuk mewujudkan pernikahan yang diinginkan dibutuhkan biaya yang tak sedikit.


Mungkin ada yang berpikir bahwa menikah cukuplah ke KUA dan menggelar syukuran sederhana. Tak masalah karena memang inti dari pernikahan terletak pada ijab atau pemberkatan, tentang resepsian atau tidak itu selera masing-masing orang. Tapi ada juga yang berpendapat bahwa pernikahan harus dilangsungkan secara istimewa agar terkenang hingga masa tua. Nggak ada yang salah, karena pada dasarnya manusia memiliki pemikiran masing-masing tentang penyelenggaraan pernikahan. Dan kembali lagi, semua tergantung dengan biaya yang dipunya.

Biaya pernikahan (thebridedept.com)

Daripada hanya sekedar berkhayal tentang pernikahan impian, akan jauh lebih baik jika mulai sekarang kamu persiapkan tabungan. Entah akhirnya kamu akan menikah kapan, yang penting kamu punya pegangan. Berikut ini ada estimasi biaya pernikahan “biasa” yang bisa mulai kamu siapkan dari sekarang. Nggak mahal tapi juga nggak murah. Sesuai dengan standar penikahan pada umumnya.

1. KUA dan penghulu

Karena inti dari pernikahan adalah akad nikah maka poin ini harus dinomor satukan. Pertama, pastikan dulu kamu mau melakukan akad dimana. Jika dilakukan di KUA pada hari kerja, maka tidak akan dipungut biaya apapun sehingga budget bisa kamu alihkan untuk hal lainnya. Tapi kalau berniat mengundang penghulu ke tempat lain seperti rumah, masjid ataupun gedung maka kamu harus membayar biaya sebesar 600 ribu rupiah yang ditransfer ke bank yang telah ditunjuk. Tak hanya itu, siapkan juga biaya untuk dokumen yang perlu diurus dari tingkat RT hingga kecamatan seperti biaya fotokopi dan transport.

KUA dan penghulu (youtube.com)

2. Pemeriksaan kesehatan

Jangan salah, mau nikah juga butuh pemeriksaan kesehatan untuk memastikan kondisi dari calon pengantin. Kamu bisa memeriksakan kesehatan di puskesmas maupun rumah sakit. Cek kesehatan ini juga menjadi salah satu syarat dokumen yang diajukan ke KUA. Biaya standar untuk tes kesehatan ini sekitar 100 ribu rupiah di puskesmas. Tapi bisa sekitar 1,5 hingga 2,5 juta jika kamu melakukannya di laboratorium/ klinik/ rumah sakit swasta.

Pemeriksaan kesehatan (futuready.com)

3. Lokasi pernikahan

Lokasi pernikahan menjadi hal yang cukup krusial. Jika kamu ingin menikah di gedung kamu harus menyiapkan biaya sewa dan reservasi jauh-jauh hari sebelumnya minimal 5-3 bulan sebelum acara. Tapi kalau kamu ingin lebih hemat, pernikahan dirumah juga tak ada salahnya. Biaya gedung sangat bervariasi tergantung kapasitasnya. Untuk rata-rata gedung di Jogja dan Jawa Tengah biasanya dipatok harga 2-10 juta tergantung kapasitas, lokasi dan waktu pelaksanaan resepsi. Untuk pernikahan dengan kapasitas 1000 tamu/ 500 undangan kamu masih bisa menyewa gedung seharga 5 juta rupiah.

Lokasi pernikahan (seputarpernikahan.com)

4. Dekorasi

Ada beberapa gedung yang menyewakan tempat sekaligus dekorasi tapi ada juga yang tidak. Biaya dekorasi sendiri bervariasi tergantung dengan tema pernikahan yang kamu inginkan. Kalau yang standar biasanya dipatok harga 3-5 juta. Akan lebih baik pilih gedung yang sudah termasuk dekorasi dengan biaya yang biasanya lebih murah.

Dekorasi (selarastenda.com)

5. Catering

Sebelum kamu memesan catering, ada baiknya kamu memastikan lebih dulu berapa orang yang akan kamu undang dalam acaramu. Karena jumlah undangan sangat mempengaruhi budget catering. Jika kamu mengundang 500 orang maka kamu harus menyiapkan catering untuk 1000 tamu dengan hitungan masing-masing undangan akan membawa pasangannya. Biaya untuk catering berkisar antara 30-35 juta tergantung jenis makanan, lokasi dan jumlah tamu.

Catering (makanponyo.com)

6. Rias pengantin dan sewa baju

Sebelumnya, lebih baik kamu tentukan dulu tema pernikahanmu sebelum memesan baju dan rias pengantin. Lebih baik kamu menyewa baju saja daripada harus membuat baju sendiri. Biasanya rias pengantin plus baju pengantin, orang tua, among tamu hingga penjaga buku dihargai sekitar 5 jutaan. Tentu masih bisa kurang atau lebih tergantung lokasi, jumlah orang yang dirias hingga transport perias jika jaraknya jauh dari rumahmu.

Rias pengantin (Pinterest)

7. Undangan

Karena tidak semua orang bisa kamu undang lewat sosial media. Undangan lewat sosmed hanya berlaku bagi teman sebaya yang lebih “santai”, sementara orang-orang yang lebih tua harus tetap menggunakan undangan fisik.

Jika kamu mau teliti, masih ada kok percetakan undangan yang mematok harga di bawah 5 ribu rupiah. Misalnya saja satu undangan dihargai 3 ribu rupiah dan tamu yang kamu undang sebanyak 500 orang, kamu harus sediakan anggaran Rp 1.500.000 rupiah. Tapi jumlah ini masih bisa berkurang jika sebagian tamu kamu undang lewat sosmed.

Undangan (apsc2013.org)

8. Souvenir

Sebenarnya souvenir bukanlah sebuah keharusan. Tapi jika masih ada anggaran tak ada salahnya juga memberi kenang-kenangan pada tamu yang hadir. Sebisa mungkin, carilah souvenir dengan harga paling murah tapi tidak murahan. Misalnya saja tote bag degan harga 4 ribu rupiah untuk 500 tamu. Jadi sediakan anggaran souvenir sebanyak 2 juta rupiah.

Souvenir (travelvita.files.wordpress.com)

9. Dokumentasi

Ada yang bilang sih biaya lainnya boleh murah tapi dokumentasi jangan sampai murahan. Iya, karena lewat dokumentasilah pernikahan bisa dikenang seumur hidup. Oleh karena itu persiapkan dokumentasi sebaik-baiknya. Normalnya sih dokumentasi dihargai 5 jutaan, tapi kalau mau teliti ada juga vendor yang menawarkan harga di bawah itu. Hanya saja mungkin kamu akan mendapat foto-foto standar. Sediakan juga photobooth untuk manjakan tamu-tamu yang datang biar bisa selfie-selfie. Biaya untuk photobooth ini sekitar satu jutaan, sehingga total sediakan 6 juta untuk dokumentasi.

Dokumentasi (creativelive.com)

10. Hiburan

Nikahanmu bakalan sepi abis kalau nggak ada musik penghiburnya. Paling tidak sediakan 2 jutaan untuk hiburan seperti akustik. Kalau ada anggaran lebih juga bisa mengundang organ tunggal dengan 2 penyanyi. Yang penting pernikahanmu meriah dan nggak sepi-sepi amat.

Hiburan (thebridedept.com)

11. Panitia pernikahan

Pernikahanmu tak akan berjalan mulus tanpa ada panitia yang berperan di dalamnya. Kamu butuh MC, pembaca doa, pembaca ayat suci, pemberi sambutan hingga saksi-saksi nikah. Agar bisa lebih hemat mintalah bantuan saudara-saudara untuk menjadi panitia dan perangkat nikahan. Tapi jika ingin menggunakan jasa orang lain, setidaknya berikan ucapan terimakasih yang terselip dalam amplop. Biaya untuk ucapan terimakasih ini bisa kamu anggarkan sebesar 1,5 juta.

Panitia pernikahan (Ketika perjalanan itu dimulai…)

12. Biaya lain-lain

Bisa dibilang penting, biaya lain-lain juga perlu kamu anggarkan. Sebut saja biaya transportasi dan sewa mobil, makan, penginapan saudara yang dari luar kota hingga biaya dadakan semuanya perlu dipikirkan secara matang. Biaya ini tergantung dengan kebutuhan, tapi kamu bisa menyiapkan anggaran sebesar 5 juta rupiah.

Biaya lain-lain (aquila-style.com)

Jika pos-pos anggaran di atas diambil harga minimal maka jumlah biaya yang harus disiapkan oleh calon mempelai (terutama wanita) untuk 500 undangan/ 1000 tamu adalah sebagai berikut:

  • Biaya nikah ke KUA = Rp 600.000
  • Pemeriksaan kesehatan = Rp 100.000
  • Gedung pernikahan = Rp 5.000.000
  • Biaya dekorasi = Rp 3.000.000
  • Biaya catering = Rp 30.000.000
  • Rias pengantin dan sewa baju = Rp 5.000.000
  • Undangan = Rp 1.500.000
  • Souvenir = Rp 2.000.000
  • Dokumentasi + photobooth = Rp 6.000.000
  • Biaya hiburan = Rp 2.000.000
  • Biaya panitia = Rp 1.500.000
  • Biaya lain-lain = Rp 5.000.000
  • TOTAL = Rp 61.700.000

Nah itulah biaya yang harus kamu siapkan dari sekarang. Harga tersebut masih bisa berubah tergantung dari jumlah tamu, gedung dan kualitas makanan. Itu adalah harga relatif, nggak murah tapi juga nggak mahal. Harga ini berlaku untuk wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah, untuk daerah lain bisa menyesuaikan. Coba deh share juga biaya nikah di daerah kamu masing-masing.

Kamu yang mau menikah, semangat ya!

1k
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

"You can if you think you can"