Efek Bahaya Dari Obat Batuk Sachetan yang Kini Digunakan Untuk Mabuk Para Remaja

Jangan kamu tukar nyawamu dengan kenikmatan sesaat guys!

12
SHARES

Berbeda dengan jaman dahulu, kenalakan anak remaja saat ini bisa dikatakan menjurus ke sebuah tindakan kriminal. Bahkan beberapa diantaranya tidak hanya membahayakan orang lain, tetapi juga membahayakan nyawanya sendiri. Inilah yang terjadi pada kenakalan remaja saat ini.

Tawuran sebagai salah satu bentuk kenakalan remaja saat ini (edunews.id)

Mungkin saat masa-masa nakal remaja generasi 90an dulu, tidak jauh-jauh dari ngumpetin sendal teman, atau nakalin temen yang tubuhnya paling kecil. Bandingkan dengan remaja sekarang, kenakalannya diluar batas kenakalan remaja. Pergaulan bebas, tawuran, sampai minum-minuman memabokan seakan-akan menjadi hal yang lumrah sebagai kenakalan remaja saat ini.

Trend mabuk dengan sirup obat batuk cair sachetan dikalangan remaja

Saat ini, yang sedang ngetrend dikalangan remaja ialah mabuk dengan menggunakan sirup obat batuk cair sachetan. Mungkin sebagian dari kamu pernah mengkonsumsi obat batuk jenis ini guna mengobati atau meringankan gejala batuk. Namun bagi remaja, sirup obat batuk sachetan ini justru disalahgunakan untuk mabuk-mabukan.

Trend mabuk komix dikalangan remaja (unikbangetmen.blogspot.co.id)

Bagi pengobatan, biasanya seseorang anak mengkonsumsi satu sachet obat batuk cair tersebut. Namun bagi para remaja, untuk mencapai titk fly mereka mengkonsumsi sirup obat batuk sachetan jauh melebihi dosis yang dianjurkan. Bahkan mereka bisa menghabiskan 20-25 sachet agar bisa mabuk.

Mabuk dengan sirup obat batuk sachetan dinilai lebih murah dan mudah mendapatkannya

Obat batuk sachetan minuman memabukan yang murah meriah (rri.co.id)

Alasan para remaja menggunakan sirup obat batuk sebagai minuman memabukan ialah, karena sirup obat batuk sachetan dinilai lebih mudah didapatkan dan harganya juga lebih murah. Tidak dipungkiri, adanya larangan penjualan minuman keras di beberapa tempat membuat para remaja merasa kesusahan mendapatkan minuman terlarang tersebut. Akhirnya sebagai alternatifnya mereka menggunakan obat batuk sachetan sebagai penggantinya.

Bahaya yang ditimbulkan akibat mengkonsumis sirup obat batuk sachetan melebihi dosis yang dianjurkan

Sebagaimana diketahui, sirup obat batuk yang beredar di pasaran merupakan obat-obatan yang terbuat dari bahan kimia. Dalam sirup obat batuk sachetan mengandung dextromethorpan yang jika dikonsumsi berlebihan akan membuat tubuh mengalami beberapa hal.

Obat batuk sachetan sama berbahayanya seperti mabok lem yang dapat merusak organ dalam tubuh (terbilang.co)

Mulai dari gagal ginjal, hati rusak, pembuluh darah bisa pecah, kulit akan melepuh seperti terbakar, sampai bisa mengakibatkan kematian. Dampak yang begitu berbahaya bagi orang yang mengkonsumis sirup obat batuk dengan dosis tinggi inilah yang membuat Badan Narkotika Nasional (BNN) gencar melakukan kampanye bahaya obat batuk sachetan bagi jika disalahgunakan.

Efek jangka panjang jika mengkinsumsi sirup obat batuk melebihi dosis (kaliandanews.com)

Mengkonsumsi sirup obat batuk sachetan dengan dosis berlebihan memang akan membuat fly bagi penggunanya, namun jika terus-menerus dilakukan hal ini bisa mengancam nyawa remaja. Mungkin kampanye terhadap segala tindak penyalahgunaan obat-obatan bisa dimulai dari diri kita sendiri, orang terdekat kita, dan lingkungan masyarakat, agar kita berperan menyelamatkan remaja generasi bangsa.

12
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penikmat Dunia, Perindu Surga,