Dugaan Plagiarisme Lagu Indonesia Raya, Benarkah WR Supratman Seorang Plagiat?

Menurut kamu sama atau tidak nada kedua lagu ini?

Entah apa yang membuat sebagian kita akan merasakan kekuatan magis saat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya. Tidak sedikit yang akan merasa terharu, bangga, dan merinding saat menyanyikan lagu Indonesia raya. Namun bukan merinding seperti berada di tempat yang angker yah, tapi merinding karena gelora rasa di dalam jiwa.

Baca juga : Jangan Remehkan JKT48, Lagu-Lagunya Punya Quote Keren Nan Inspiratif!

Susi susanti menangis saat menyanyikan lagu Indonesia raya setelah ia menjuarai Olimpiade cabang bulu tangkis (rakyatku.com)

Namun tahukah kalian jika lagu Indonesia raya yang selama ini kita lantunkan saat upacara atau saat acara kenegaraan pernah mengalami berbagai persoalan? Dari mulai dilarang dinyanyikan sampai diduga merupakan hasil plagiat mengiringi perjalanan lagu Indonesia raya ini.

Sejarah lagu Indonesia raya

Inisiasi WR Suprtaman menciptakan lagu Indonesia raya bermula saat diadakannya kongres pemuda Indonesia yang pertama. Pada kongres yang berlangsung dari 30 April–2 Mei 1926, Suprtaman langsung berinisiasi untuk menciptakan lagu kebangsaan sebagai pemersatu dan pemantik semangat perjuangan pemuda Indonesia.

Lagu Indonesia raya pertamakali dinyanyikan di depan umum pada kongres sumpah pemuda 28 Oktober 1928 (liputan6.com)

Namun lagu Indonesia raya bisa dibawakan di depan umum pada kongres pemuda II yang terjadi pada tanggal 28 Oktober 1928. Pada saat inilah lagu Indonesia raya pertama kali berkumandang di tanah air tercinta kita.

Tuduhan plagiat dibalik pembuatan lagu Indonesia raya

Sebagaimana sedikit disinggung diatas, dalam sejarah perjalannya lagu Indonesia beberapa kali harus menghadapi dengan persoalan pelik. Sempat dilarang dinyanyikan pada masa kolonial, tepatnya pada 1930, serta dituduh sebagai lagu hasil plagiat dari lagu berbahasa belanda berjudul Pinda Pinda Lekka Lekka.

Lirik lagu Indonesia raya (nyoozee.com)

Tuduhan plagiati lagu Indonesia raya juga sempat dilontarkan oleh salah satu sastrawan Indonesia Remy sylado. Menurut sastrawan kelahiran 12 Juli 1945 lagu lekka lekka jauh diciptakan sebelum lagu Indonesia raya, yaitu pada tahun 1600 an.

Sampul lagu pinda pinda lekka lekka (boombastis.com)

Statment Remy Sylado pernah diutarakan pada saat malam Festival Film Indonesia pada tahun 2006 silam. Tidak hanya itu, Remy Sylado juga pernah menuliskan gagasannya tersebut pada surat kabar harian Kompas.

Inilah perbandingan lagu Lekka Lekka dan Lagu Indonesia Raya

Untuk lebih jelasnya kita membandingkan kedua lagu tersebut, ada baiknya mari kita sama-sama membandingkan sendiri antara lagu lekka lekka dan Indonesia raya. Inilah videonya:

Bagaimana menurutmu? Apakah keduanya memiliki kesamaan? Dan apakah dengan sedikit kesamaan tersebut bisa dikatakan lagu Indonesia raya menjiplak lagu pinda pinda lekka lekka?

Bantahan dari dugaan plagiatisme lagu Indonesia raya

Meskipun dugaan plagiatisme lagu Indonesia raya yang dilontarkan Remy Sylado membuat banyak pihak merasa sanksi dengan orisinilitas lagu Indonesia raya, namun dugaan tersebut berhasil dibantah oleh pengamat musik Kaye A Solapung.

Naskah lagu Indonesia raya (learniseasy.com)

Menurut Kaye, memang dalam lagu Indonesia raya dan lagu Lekka lekka terdapat persamaan yaitu pada persamaan delapan ketuk. Namun meskipun demikian bukan berarti lagu Indonesia raya menjiplak lagu lekka lekka.

WR Suprtaman sang pencipta lagu Indonesia raya (rollingstone.co.id)

Selain itu, perbedaan anatara kedua lagu tersebut pun sangat jauh, yaitu pada penggunaan Kord yang sangat jelas jauh berbeda. Inilah yang menjadi pedoman bantahan dugaan plagiatisme lagu Indonesia raya.

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Penikmat Dunia, Perindu Surga,

Girls, Flat Shoes Ternyata Sama Berbahayanya dengan High Heels Loh!

Dari Ngantuk Sampai Ingat Mantan, Ini 4 Alasan Gokil Kenapa Orang Merem Saat Ciuman