Bikin Air Mata Meleleh, Doa Khatmil Qur’an Dibawakan Oleh Paduan Suara di Thailand

Bikin adem dengernya kan?

Beberapa hari belakangan, kita menyaksikan betapa wajah toleransi di negara yang terkenal akan keberagamannya ini, tercoreng akibat ulah segelintir orang yang meneror umat lain. Padahal sejatinya, agama seharusnya dijadikan sebagai pijakan untuk menebar perdamaian dan kasih sayang. Untuk mewujudkan hal tersebut, sikap toleransi menjadi sebuah harga mati untuk kita miliki.

teror bom di Surabaya (tribunnews.com)

Dalam mewujudkan sikap toleransi, generasi muda memiliki banyak cara yang bisa dilakukan sebagai bentuk menghormati golongan lain. Baik melalui komunitas, pendidikan, budaya, atau seni. Inilah yang tercermin dari anak-anak muda Thailand, saat mengkampanyekan toleransi umat beragama dalam sebuah konser paduan suara bertemakan “Dawn Of Asean” (Choral concert in celebration of the ASEAN Community).

Pada acara tersebut, kelompok paduan suara anak muda Thailand dengan merdu membawakan do’a khatmil Qu’ran. Tentu hal tersebut menjadi pemandangan menarik sekaligus menyejukan. Meskipun beberapa pengucapan lafadz doa tidak begitu tepat, namun kelompok paduan suara ini berhasil membawakan doa khatmil Qu’ran yang sangat merdu.

Disaat agama Islam menjadi agama minoritas di Thailand, ditambah stereotip buruk  pasca munculnya kelompok Islam radikal di kawasan Asia Tenggara seperti di Marawi Filipina, dan di Indonesia, anak muda di negeri Gajah Putih justru ingin menunjukkan pada dunia jika mereka masih percaya jika umat Islam di Thailand adalah saudara mereka.

Pendidikan toleransi diajarkan sedari dini mungkin (gituaja.com)

Hal seperti inilah yang seharusnya kita contoh. Menjadi anak muda yang taat beragama tanpa harus mengusik agama lain. Menjadi anak muda yang taat terhadap perintah Tuhan tanpa harus menabrak nilai-nilai kemanusiaan.

Pemuda merupakan golongan paling strategis guna menebar pesan perdamaian. Jika Bung Karno pernah berkata, “Berikan aku 10 pemuda, maka aku goncangkan dunia,” maka kata yang paling tepat untuk hari ini ialah, “Berikan aku 10 pemuda yang siap menebarkan nilai kemanusiaan, maka bumi ini dipenuhi dengan perdamaian dan kasih sayang.”

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *