5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Petik saat Ditinggalin Pas Lagi Sayang-sayangnya

Karena cinta sejatimu tidak akan meninggalkanmu.

Kalau kata orang, ditinggalin pasangan itu hal biasa, namun ditinggalin pasangan pas lagi sayang-sayangnya itu yang paling menyakitkan. Mungkin kita sepakat dengan pendapat tersebut, sebab biasanya kalau kita putus karena ada permasalahan yang sengit yang tidak bisa diatasi bersama lagi, perpisahan kita tidak begitu menyakitkan. Namun saat ditinggalkan begitu saja pas lagi sayang-sayangnya tanpa ada persoalan? Menyedihkan bukan?

Baca juga : Yang Aku Tangisi Dari Sebuah Perpisahan Bukanlah Kepergianmu, Tapi Runtuhnya Impian yang Sudah Aku Bangun

Ditinggalkan orang pas lagi sayang-sayangnya memang menyakitkan, namun kita bisa belajar darinya (liputan6.com)

Inilah yang mungkin dirasakan Cinta saat ditinggalkan Rangga pada Film Ada Apa Dengan Cinta. Saat Cinta lagi sayang-sayangnya dengan Rangga, tiba-tiba tanpa sebab yang pasti Rangga hilang begitu saja. Sampai akhirnya Cinta melabeli rangga dengan sebutan “JAHAT”.

Ekspersi yang menurut saya tidak berlebihan dari seorang Cinta yang ditinggalkan Rangga begitu saja. Rangga dikatakan jahat karena ia telah memberikan rasa sakit yang lebih dalam daripada putus karena pertengkaran.

Cinta tidak terima karena Rangga meninggalkannya begitu saja saat Cinta lagi sayang-sayangnya (liputan6.com)

Namun ditinggalkan orang yang kita cinta saat pas lagi sayang-sayangnya, tidak selalu memberikan efek negatif buat kita. Dari kejadian tersebut mungkin kita bisa belajar darinya, inilah beberapa pelajaran hidup yang bisa kita petik saat kita ditinggalkan pasangan pas dalam keadaan sayang-sayangnya.

1. Dia mengajarkanmu, jika apa yang kamu cintai di dunia ini tidak harus kamu miliki.

Apa yang kamu cintai, tidak harus kamu miliki (drnorthrup.com)

Pelajaran berharga yang bisa kita ambil saat kita ditinggalkan pasangan pas lagi sayang-sayangnya ialah, kita bisa tahu dan sadar jika apa yang kita cintai di dunia ini tidak harus kita miliki. Mungkin kita cukup mencintai dan mengagumi, tanpa harus memiliki.

2. Saat dia pergi, sebenarnya dia sudah menunjukkan jika dia bukan orang yang tepat untuk kamu cintai. Percayalah ada orang yang lebih tepat yang akan hadir untukmu.

Saat orang yang selama ini kamu sayang tiba-tiba meninggalkanmu, itu artinya ia telah membuktikan jika dia bukan orang yang tepat untuk menerima cinta darimu. Bisa jadi kepergiannya merupakan jawaban dari doa-doamu selama ini untuk mendapatkan pasangan yang tepat, dan kepergiannya merupakan langkah pertama kedatangan seseorang yang lebih tepat menjadi pasanganmu.

Saat dia meninggalkanmu, ia membuktikan jika dia bukan pasangan yang tepat utukmu (askclairecasey.com)

Dalam persoalan jodoh, yang paling terpenting bukanlah siapa yang lebih duluan datang di hidupmu. Namun siapa yang lebih tepat untuk menemani sisa usiamu, meskipun kadang orang tersebut datang lebih akhir. Jadi, saat kamu ditinggalkan orang yang kamu sayang, yakinlah jika dia bukan orang yang tepat yang kamu sayang. Sebab dia telah menyia-nyiakan kasih sayangmu.

3. Saat kamu “bermain cinta” kamu harus siap dengan konsekuensinya. Baik itu bahagia ataupun air mata derita.

Pelajaran hidup selanjutnya yang bisa kita petik saat ditinggalkan pasangan pas lagi sayang-sayangnya, ialah kita tahu jika cinta itu penuh resiko dan konsekuensi. Bisa jadi itu menyenangkan, atau sebaliknya, resiko dari cinta yang kita berikan kepada seseorang justru memberikan luka dan penderitaan.

Saat kamu mutuskan untuk mencitai, artinya siap-siap untuk bahagia atau menderita (womenshealthmag.com)

Dalam sebuah hubungan percintaan, selalu ada dua kemungkinan. Putus dan berakhir dengan menjadi mantan, atau putus diatas kursi pelaminan.  Kedua kemungkinan itu selalu mengiringi perjalanan kisah cintamu. Jika pasanganmu ternyata meninggalkanmu, itu artinya hubunganmu harus berakhir dengan status menjadi mantan.

4. Selagi hubungan kamu belum sah dengannya, jangan berikan seluruhnya rasa cinta dan kasih sayangmu. Sebab jika dia pergi, sakitnya lebih dalam.

Jangan berikan seluruh cintamu untuknya, biar jika berpisah sakitnya tidak begitu dalam (vebma.com)

Point keempat ini merupakan kelanjutan dari point ketiga. Karena dalam hubungan pacaran ada dua kemungkinan, baik itu putus menjadi mantan atau putus diatas pelaminan jadi lebih baik sebelum hubunganmu dengannya sah, jangan kamu berikan seluruhnya cinta dan rasa sayangkamu kepadanya. Sebab jika ia meninggalkanmu, rasa sakit yang kamu dapatkan lebih dalam.

5. Dia mengajarimu tentang arti mengikhlaskan ditinggalkan sesuatu yang kamu cintai.

Sakit memang, ditinggalkan seseorang pas lagi sayang-sayangnya. Namun dari hal tersebut kita bisa belajar tentang arti mengikhlaskan ditinggalkan apa yang kita cinta di dunia ini. Sebab, pada akhirnya apa yang kita miliki di dunia akan dipisahkan. Jadi, jika kamu ditinggalkan orang yang kamu sayang, ikhlaskan saja.

Ditinggalkan orang yang kamu sayang? Ikhlaskan saja! (salemwebnetwork.com)

Itulah 5 pelajaran hidup yang bisa kita petik saat kita ditinggalkan orang yang kita sayang. Memang hal itu menyakitkan, kadang sampai membuat kita frustasi, putus asa, merasa paling sedih di dunia ini. Namun ingatlah, cinta sejatimu tidak akan meninggalkanmu begitu saja. Jadi, dia bukan cinta sejatimu!

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Penikmat Dunia, Perindu Surga,

Sejarah dan Filosofi Cincin Kawin yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Menyematkannya di Jari Manis Pasanganmu

7 Lagu Religi yang Pernah Memeriahkan Bulan Puasa Tahun 2000an. Kamu Hafal Salah Satunya?