Ditertawakan Teman-temannya Karena Rambutnya Membeku, Ada Kisah Haru Dibalik Semangat Belajar Bocah Ini

Sebab semangat belajar tidak bisa dihalangi oleh apapun..

Kisah haru sekaligus inspiratif datang dari Negeri Tirai Bambu, China. Dilansir dari Straits Times, Rabu (10/1), seorang anak datang ke sekolah dengan wajah pucat pasi dan menggigil kedinginan, kedua tangan terlihat membeku dan hampir seluruh rambutnya membeku menyerupai kristal es.

Wang Fuman si bocah rambut es yang viral (tribunnews.com)

Kedatangan anak yang kemudian diketahui bernama Wang Fuman di dalam kelas, sontak membuat teman sekelasnya menertawakan penampilannya itu. Diketahui, Wang Fuman merupakan seorang bocah berusia 8 tahun yang merupakan seorang siswa Sekolah Dasar. Ia dikenal sebagai anak yang cerdas dan memiliki semangat belajar yang tinggi.

Menerjang badai berjalan sejauh 4 Km ke sekolah demi mengikuti ujian

Pada hari kejadian, memang di sekolah Wang Fuman sedang diadakan sebuah ujian sekolah. Namun cuaca di Tiongkok memang sedang mengalami musim dingin yang ekstrim. Saat Fuman berangkat ke sekolah untuk mengikuti ujian, ia harus berjalan sejauh 4 Km dari rumahnya menembus badai salju dengan suhu waktu itu mencapai -9 derajat celcius.

Cuaca ekstrim di China membuat pelajar kedinginan (vemale.com)

Dengan perjalanan yang memakan waktu kurang lebih satu jam itu, dengan menembus badai salju yang ekstrim, membuat tubuh Fuman hampir membeku saat sampai di sekolanya. Penampilan Fuman pun terbilang cukup memprihatinkan dengan rambutnya yang membeku seperti es.

Fuman dikenal sebagai anak yang cerdas, mandiri, serta terbiasa hidup keras

Fuman saat ini duduk di bangku kelas 3 Sekolah Dasar di Shaoton, Provinsi Yunnan, China. Menurut Kepala Sekolah, Fu Heng, mengatakan jika Fuman dikenal sebagai anak yang cerdas. Hal itu terbukti dengan nilai hasil ujian saat dirinya beku, yakni mendapatkan nilai 99 untuk mata pelajaran matematika.

Fuman anak yang cerdas dan mandiri (netmedia.co.id)

Selain dikenal cerdas, Fuman juga dikenal terbiasa hidup mandiri. Hal itu disebabkan oleh kondisi keluarga Fuman yang kurang baik. Saat ini Fuman hanya hidup bersama seorang kakak dan nenenknya. Sedangkan sang ibu meninggalkan rumah pergi entah kemana. Adapun ayah Fuman saat ini sedang bekerja di luar kota. Dengan kondisi keluarga seperti itu, membuat Fuman terbiasa hidup keras dan mandiri.

Kisah Fuman viral dan menarik simpati para donatur

Awalnya foto Fuman yang dalam kondisi hampir membeku diunggah ke media sosial oleh kepala sekolanya. Namun dalam waktu singkat kisah Fuman berhasil viral dan menarik simpati berbagai pihak atas kondisinya.

Fuman mednapatkan perlengkapan musim dingin oleh para relawan dan donatur (tribunnews.com)

Para relawan kemudian mengumpulkan uang untuk bantuan Fuman dan sekolah, sebab sebagaimana diketahui kondisi sekolah juga sangat memprihatinkan. Dengan perlengkapan seadanya dan tanpa adanya sarana penghangat ruangan saat musim dingin tiba.

Dana yang terkumpul dari para relawan pun cukup banyak, yakni sampai mencapai angka 17 juta yuan atau sekitar Rp35 miliar. Tidak hanya itu, para relawan juga memberikan bantuan perlengkapan musim dingin kepada 81 siswa sekolah tersebut, serta memberikan bantuan 20 pemanas ruangan.

Pelajaran yang bisa kita petik dari kisah Wang Fuman

Dari kisah tersebut, kita bisa mengambil pelajaran betapa anak-anak yang kadang secara ekonomi dan fasilitas tidak mencukupi, justru memiliki semangat belajar yang tinggi. Sedangkan banyak diantara kita, yang secara ekonomi terpenuhi, fasilitas juga memadahi, namun tidak sungguh-sungguh dan malas untuk belajar.

Perbandingan kondisi anak sekolah (istimewa)

Seharusnya kita malu, jika tanpa sebab alangan rintangan kita bolos sekolah. Bayangkan anak-anak di pedalaman atau anak-anak di perbatasan, mereka rela berjalan berpuluh-puluh kilometer , melewati hutan, menyebrangi sungai, hanya untuk bisa sekolah. Sedangkan kita? Mari malu pada diri sendiri.

 

Tulis Komentarmu
Amin Aulawi (Aw)

Written by Amin Aulawi (Aw)

Penikmat Dunia, Perindu Surga,

Tak Melulu Sate, Semua Kuliner Gosong Buruk Bagi Kesehatan

Mirip Kisah Hachiko Si Anjing Setia, Ayam Ini Selalu Jemput Majikannya di Tempat Pemberhentian Bis!