Waspada, 5 Jenis Orang Ini Dilarang Memakan Daging Kambing Berlebihan!

Hati-hati, memakan daging kambing berlebihan bisa berakibat fatal!

Saat perayaan Idhul Adha, banyak daging kambing yang dibagikan kepada masyarakat. Bahkan kadang karena saking banyaknya, sebagian orang berlebihan mengkonsumsi daging kambing dengan berbagai olahan, baik sate maupun dimasak lainnya.

Kandungan daging kambing. (cairofood.id)

Padahal, daging kambing merupakan salah satu bahan makanan yang sering dijadikan pantangan bagi beberapa orang. Sifat daging kambing yang memiliki karakter panas di tubuh manusia, menjadi persoalan tersendiri bagi mereka yang mengidap penyakit tertentu. Lalu siapa saja sih yang dilarang mengkonsumsi daging kambing berlebihan?

1. Para penderita darah tinggi

Sudah menjadi rahasia umum, jika daging merah khususnya daging kambing sangat beresiko jika dikonsumsi berlebihan oleh para penderita darah tinggi atau Hipertensi. Bagi penderita darah tinggi, mereka akan merasakan pusing kepala hingga tidak sadarkan diri jika mengkonsumsi daging kambing secara berlebihan.

Penderita hipertensi lebih baik hindari daging kambing. (bugarfit.com)

Daging kambing yang kaya akan lemak jenuh menjadi faktor utama larangan berlebihan bagi penderita darah tinggi. Normalnya, konsumsi lemak jenuh manusia di bawah 20 gram. Jika berlebihan maka sangat berbahaya bagi tubuh manusia.

2. Penderita kolesterol

Sama halnya dengan penderita Hipertensi, bagi penderita kolesterol juga dilarang mengkonsumsi daging kambing secara berlebihan. Menurut Ari Fahrial Syam, seorang ahli penyakit dalam sekaligus profesor gastroentrologi, Departemen Penyakit Dalam, Universitas Indonesia mengatakan, daging kambing memiliki lemak jenuh yang cukup tinggi.

Penderita kolesterol lebih baik hindari daging kambing. (erabaru.net)

Lemak jenuh yang terkandung dalam daging kambing beresiko meningkatkan kadar kolesterol darah. Ini artinya, bagi penderita kolesterol, mengkonsumsi daging kambing berlebihan merupakan ancaman kesehatan yang serius.

3. Penderita asam urat

Selain daging kambing, bagian jeroan juga tidak baik dikonsumsi secara berlebihan. Terlebih bagi para penderita asam urat. Jeroan seperti hati, limpa, otak, usus, dan paru hewan dikenal memiliki kandungan purin yang sangat tinggi.

penderita asam urat lebih baik hindari daging kambing. (hellosehat.com)

Purin sendiri, dalam dunia medis dikenal sebagai salah satu faktor meningkatnya kadar asam urat seseorang. Jadi, daripada asam uratmu kambuh mendingan batasi deh mengkonsumsi daging kambing terlebih jeroannya.

4. Penderita penyakit jantung

Nah, kalau yang satu ini perlu benar-benar harus menghindari daging kambing. Sebab, bagi penderita penyakit jantung, daging dengan kandungan lemak jenuh tinggi, sangat beresiko memperburuk kondisi penderita tersebut.

Penderita penyakit jantung lebih baik hindari daging kambing. (penyakit.id)

Ada baiknya, demi kesehatan penderita penyakit jantung, untuk tidak berlebihan atau lebih baik meninggalkan daging kambing. Bukannya mencegah lebih baik dari mengobati?

5. Penderita kencing manis dan kegemukan

Berbagai kandungan pada daging kambing yang “kurang baik” bagi tubuh manusia juga menjadi perhatian khusus bagi penderita kencing manis. Sebab, mengkonsumsi daging kambing secara berlebihan bisa memperburuk kondisi penderita.

Penderita obesitas lebih baik hindari daging kambing. (catatanmini.com)

Selain itu, bagi mereka yang mengalami kegemukan juga perlu waspada terhadap daging kambing. Lagi-lagi kandungan lemak jenuh yang tinggi menjadi alasan daging kambing perlu dihindari.

Itulah 5 jenis orang yang sebaiknya tidak mengkonsumsi daging kambing secara berlebihan. Jikapun terpaksa ingin memakannya, konsumsilah sedikit saja sebagai penawar rasa penasaran.

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *