Di Hadapan Jokowi, Bocah SD Ini Bercita-cita Jadi Youtuber. Beda Banget Sama Jaman Dulu Kan?

Untung cita-citanya bukan jadi admin lambeh turah kan.

Sudah menjadi kebiasaan Presiden Joko Widodo setiap berkunjung ke suatu daerah maka akan menunjuk anak-anak untuk naik keatas podium. Tidak sedikit Jokowi menemukan kejadian-kejadian unik dan lucu saat sedang memberikan pertanyaan kepada anak-anak.

Jokowi selalu memberikan kuis saat kunjungan ke daerah (metrotvnews.com)

Beberapa waktu lalu, Jokowi kembali menemukan hal unik saat menanyakan cita-cita kepada seorang bocah SD yang bernama Raffi Fadhilah, di kesempatan peringatan hari anak nasional di Pekanbaru Riau. Saat ditanya Presiden soal cita-citanya, bocah itu dengan polosnya menjawab ingin menjadi seorang youtuber. Sontak jawaban Raffi tersebut membuat semua tamu undangan dan pengunjung melepas tawa, termasuk Presiden Joko Widodo.

Raffi saat ditanya cita-cita ileh presiden Jokowi (youtube.com)

Bagi kebanyakan orang memang cita-cita yang diutarakan Raffi tersebut terdengar aneh. Inilah yang kemudian membuat presiden Jokowi menanyakan alasan kenapa dia ingin menjadi seorang youtuber. Raffi pun menjelaskan alasannya bercita-cita ingin menjadi seorang youtuber, menurutnya dengan menjadi youtuber ia bisa meraup pundi-pundi uang.

Beda zaman beda cita-cita yang diinginkan

Memang zaman selalu membuat sebuah perubahan, baik cepat atau lambat. Pun dengan perubahan trend cita-cita yang diinginkan anak-anak. Mungkin sebagian generasi 90an dulu bercita-cita ingin menjadi polisi, dokter, pilot, guru, atau tentara. Namun kini?

jika anak dulu bercita-cita jadi polisi, sekarang jadi youtuber (hipwee.com)

Mungkin selain Raffi yang bercita-cita ingin jadi youtuber, diluar sana juga ada anak-anak yang bercita-cita ingin menjadi selebgram, blogger, atau juga memiliki onlineshop dengan omset miliaran.

Apakah polisi dan pilot sudah kalah keren dari youtubers?

Cita-cita yang dilontarkan Raffi saat ditanya oleh presiden Jokowi setidaknya membuat banyak yang bertanya-tanya, apakah pilot sama polisi sudah tidak keren lagi dimata anak-anak? Lalu apakah menjadi youtuber kini lebih keren daripada menjadi pilot, dokter atau polisi?

Profesi pilot sepertinya sudah kalah keren dari youtuber (googleapis.com)

Apapun jawabannya inilah dunia anak, dunia main yang belum saatnya membicarakan tentang pekerjaan, atau bahkan penghasilan. Namun dengan alasan Raffi menjadi youtuber karena penghasilannya yang menjanjikan, sepertinya zaman juga merubah tatanan dunia anak.

Peran aktif orang tua dalam mengembangkan bakat dan minat anak

Perubahan trend cita-cita yang diinginkan anak memang sudah menjadi hukum alam seiring dengan perubahan zaman. Dengan demikian, orang tua tidak perlu cemas dengan keinginan anak-anak yang mungkin bagi orang tua terdengar tidak memuaskan. Baik menjadi seorang youtuber, pemain sepakbola, selebgram, atau menjadi apapun selagi itu baik sepatutnya orang tua juga harus mendukung.

Apapun yang dicita-citakan anak, orang tua harus mendukungnya (guraru.org)

Terlebih jika hal itu berkaitan dengan bakat dan minat anak. Orang tua harus mendukung dan memotivasi bakat dan minat yang dimiliki oleh anak. Soal cita-cita biarkan sang anak menemukannya sendiri sesuai passion dalam dirinya. Jadi kalau jadi orang tua. tidak perlu memaksakan anaknya menjadi apa yang diinginkan orang tua.

Inilah video detik-detik saat Raffi ditanya cita-cita oleh Jokowi.

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Penikmat Dunia, Perindu Surga,

Nggak Selalu Marah-marahan, Ini Bukti Kalau Obrolan Online Shop Juga Bisa Bikin Ngakak Seharian

Kurangnya Empati dan Hubungannya dengan Minat Baca Bangsa Indonesia yang Rendah