10 Desainer Lokal yang Karyanya Dipakai Selebritis Dunia Ini Akan Membuatmu Semakin Bangga Menjadi Orang Indonesia

Setelah membaca ini, apakah kamu masih malu menjadi orang Indonesia?

Para perancang busana internasional selalu menjadi acuan bagaimana berpenampilan yang sesuai dengan perkembangan mode dunia. Untuk itu, mereka dituntut untuk menghasilkan karya-karya yang menarik, unik, dan tidak ketinggalan jaman. Berbanggalah karena kita mempunyai banyak sekali desainer yang sudah go internasional dan di akui di seluruh dunia. Tidak hanya pakaian, para perancang Indonesia ini juga menghasilkan karya-karya lain. Siapa saja mereka?

1. Tex Saverio

Tex Saverio mulai dikenal setelah memenangi Mercedes-Benz Asia Fashion Award pada bulan September 2005. Perancang busana yang lahir di Jakarta, 24 Agustus 1984 ini memilih untuk tidak melanjutkan SMA-nya demi belajar di Bunka Fashion School, Jakarta, sekolah yang khusus mempelajari rancangan busana. Kemudian dia magang di Phalie Studio untuk lebih menekuni bidang yang telah disukainya sejak kecil tersebut.

Tex Saverio via texsaverio.com
Tex Saverio via texsaverio.com

Saat ini Rio, panggilan akrabnya, telah dikenal di kalangan internasional dan banyak artis dunia yang sudah memakai hasil karyanya. Lady Gaga mengenakan karya Rio yang diberi nama La Glacon dalam salah satu fotonya di majalah Harper’s Bazaar pada tahun 2013. Artis yang terkenal glamour dalam berpenampilan ini juga mempercayakan karya Rio saat mengiklankan produk parfumnya, Fame. Selain Lady Gaga, Kim Kardashian juga mengenakan salah satu busana rancangannya dalam salah satu sesi foto perkawinan. Jennifer Lawrence dan majalah Elle pun tak ketinggalan ikut memakai karya-karya terbaik Rio.

(Via laraskkamjong.blogspot.com).
Lady Gaga memakai busana karya Tex Saverio saat pemotretan majalah Harper’s Bazaar (Via laraskkamjong.blogspot.com).

Rio memasuki pasar busana siap pakai sejak 2013. Dalam Paris Fashion Week di tahun tersebut, Rio menjadi satu-satunya perancang busana Indonesia yang tampil. Dia juga mengikuti Jakarta Fashion Week pada bulan Oktober 2013. Saat ini Rio dijuluki sebagai Alexander McQueen-nya Indonesia. Alexander McQueen adalah perancang busana pengantin terkenal asal Inggris yang bunuh diri pada tahun 2010 silam.

2. Didit Hediprasetyo

Ragowo Hediprasetyo atau Didit Hediprasetyo tumbuh di Boston, Amerika Serikat dan kemudian tinggal di Paris, Perancis untuk berkarier sebagai perancang busana. Anak tunggal Prabowo Subianto dan Siti Hediati Hariyadi ini belajar merancang busana selama 4 tahun di Parsons School of Design, New York dan École Parsons à Paris. Dia menyandang gelar Bachelor of Fine Arts dari jurusan Fashion Design

(Via yudithho.journalism.cuny.edu).
Didit Hediprasetyo (Via yudithho.journalism.cuny.edu).

Didit meraih penghargaan Silver Thimble 2006 untuk karya modenya saat masih berstatus sebagai pelajar. Saat ini karyanya rutin diperagakan di panggung Paris Fashion Week. Bukan itu saja, Didit tercatat sebagai salah satu perancang busana yang masuk daftar Official Calendar Paris Fashion Week yang secara konsisten menggelar peragaan dalam ajang tersebut. Dia menjadi satu dari sedikit perancang Indonesia yang berhasil menembus pagelaran mode bergengsi tersebut.

Carly Rae Jepsen memakai busana rancangan Didit Hediprasetyo at Couture Fall 2012
Carly Rae Jepsen memakai busana rancangan Didit Hediprasetyo at Couture Fall 2012

Karya-karya Didit tergolong unik karena menggunakan kain songket sebagai bahan utama. Anggun, Dian Sastro, dan Carly Rae Jepsen adalah figur-figur terkenal yang gemar memakai rancangannya. Gaun adibusana karya Didit juga pernah dipublikasikan oleh majalah mode ternama, Vogue Inggris. Dia menjadi satu-satunya perancang busana Indonesia yang mencatatkan namanya di situs majalah mode tersebut.

3. Nancy Go

Nancy Go lahir di Brasil pada 6 Januari 1963 dan pindah ke Jakarta setelah umur enam tahun. Sejak SMP Nancy sangat suka merajut, menyulam, dan menjahit. Pada tahun 1985 ia masuk Susan Budiardjo Fashion College jurusan desain fashion. Berbekal hobinya tersebut, Nancy membuat tas buatan tangan dengan merek Bagteria pada tahun 2000. Bermodal 100 juta rupiah, dia bersama suami, Bert Ng, mendirikan PT Metamosfosa Abadi untuk mengembangkan bisnis tas handmade-nya tersebut.

Nancy Go (Via bagteria.co).
Nancy Go (Via bagteria.co).

Saat ini butik Bagteria sudah tersebar di Indonesia dan tas-tas hasil karya Nancy tersedia di berbagai toko di seluruh dunia. Emma Thompson, Audrey Tautou, Blake Lively, dan Putri Zara Phillips adalah beberapa nama besar yang sering menjinjing tas Bagteria. Bahkan karena begitu naksir, Paris Hilton rela membeli tas yang dipajang di New York Fashion Week.

Paris Hilton menggunakan Bagteria via huffingtonpost.com
Paris Hilton menggunakan Bagteria via huffingtonpost.com

Tas Bagteria pernah diliput dalam majalah L’Officiel, Harper’s Bazaar, dan Vogue. Tas Bagteria dibuat dengan sangat eksklusif. Selain teknik sulam, renda, dan payet yang dijahit tangan, pernak-perniknya pun unik, seperti kristal swarovski, sterling silver, gold platted, kulit ikan dari Islandia, kulit burung unta (ostrich), bahkan gading gajah purba (mammoth) yang sudah punah.

4. Fahrani Pawaka Empel

Fahrani atau yang biasa disapa Fa dan Fa’vela Punk adalah seorang aktris, penyanyi dan model Indonesia. Namun selain itu, dia juga dikenal sebagai desainer kacamata hitam dengan merek Cast Eyewear yang ia mulai sejak tahun 2011. Banyak selebritis dunia yang telah memakai kacamata buatannya, seperti Dakota Fanning, Tyra Banks, Lady Gaga, Rihanna, dan Cara Delevigne. Cast Eyewear bisa didapat di beberapa toko kacamata dan online.

Fahrani Pawaka Empel via tumblr.com
Fahrani Pawaka Empel via tumblr.com
Rihanna menggunakan CAST Eyewear via www.casteyewear.com
Rihanna menggunakan CAST Eyewear via www.casteyewear.com
Lady Gaga menggunakan CAST Eyewear via www.casteyewear.com
Lady Gaga menggunakan CAST Eyewear via www.casteyewear.com

5. Sabbatha Rahzuardi

Nama Sabbatha sudah begitu dikenal oleh kaun hawa. Sabbatha adalah merek tas berkualitas premium bermaterial kulit yang dipadu bebatuan alam Indonesia. Tas tersebut semakin prestisius setelah supermodel Elle Mc Pherson, aktris Katie Holmes, Julia Roberts, Anggun C. Sasmi, Melly Goeslaw, hingga Christine Hakim terlihat pernah menentengnya.

Sabbatha Rahzuardi (Via the-mni.com).
Sabbatha Rahzuardi (Via the-mni.com).

Adalah Sabbatha Rahzuardi yang merancang dan membuat tas yang telah go internasional tersebut. Disainer kelahiran 28 Mei 1977 ini merupakan lulusan Sorbonne University, Perancis. Sejak dibangun pada tahun 2005, brand Sabbatha langsung melesat ke kancah Internasional. Inggris, Rusia, Afrika Selatan, Perancis, dan Korea adalah beberapa negara yang menjadi target pasar Sabbatha. Rahzuardi mengungkapkan bahwa konsistensi, kreativitas, inovasi, kualitas, serta keunikan merupakan komponen terpenting yang menjadi nilai tambah pada karya-karyanya.

Sabbatha Rahzuardi bersama produk-produk tas Sabbatha-nya (Via inhype.com0.
Sabbatha Rahzuardi bersama produk-produk tas Sabbatha-nya (Via inhype.com).

6. Peggy Hartanto

Perancang busana penuh bakat yang satu ini berasal dari Surabaya. Setelah lulus sekolah, cewek mungil ini langsung melanjutkan kuliah di Raffles College of Design and Commerce Sydney, Australia dan meraih gelar Fashion of Design and Commerce dan menjadi mahasiswa terbaik. Setelah itu Peggy bekerja di Collette Dinnigan, sebuah rumah fashion di Australia selama 1,5 tahun.

Peggy Hartanto via www.fashion-enterprise.com
Peggy Hartanto via www.fashion-enterprise.com

Selain tampil di Australia Fashion Week pada tahun 2010, Peggy memiliki segudang prestasi lainnya. Ia pernah menyabet juara pertama kategori anyaman di Penghargaan Australia Fashion Wol, dianugerahi Asian New Generation Fashion Designer Award oleh sebuah majalah mode di Indonesia pada tahun 2013, dan sederet penghargaan bergengsi lainnya. Pada tahun 2011, Peggy mulai mengeluarkan merek atas namanya. Karya-karyanya yang berkesan berani, elegan, dan minimalis banyak dikagumi dan dipakai oleh berbagai selebritis Amerika Serikat, seperti Bella Thorne, Giuliana Rancic, dan Odette Annable.

Sederet artis Hollywood menggunakan karya Peggy Hartanto via google image
Sederet artis Hollywood menggunakan karya Peggy Hartanto via google image

7. Adjie Notonegoro

Adjie Notonegoro menempuh pendidikan desainer di sekolah mode Esmod Modelle L’ECole Paris dan Mueller und Sohn Modeschule di Jerman. Setelah lulus, Adjie kembali ke tanah air dengan mendirikan butik bernama House of Adjie pada 1986.  Adjie memilih batik sebagai ciri khas karya-karyanya. Adjie menjadi satu-satunya perancang Indonesia yang berhasil memamerkan karya di Modewoche, Muenchen, Jerman. Bahkan beberapa karyanya dipamerkan di National Gallery of Australia, Museum National de Laos dan Museo Del Traje di Spanyol. (Alm) Gus Dur, B.J Habibie, Keluarga Sultan Brunei Darussalam, Mantan presiden AS, Bill Clinton, mantan sekjen PBB, Kofi Annan, hingga penyanyi Mariah Carey dan Kylie Minogue adalah sederet nama-nama besar yang pernah memakai hasil karya Adjie.

Adjie Notonegoro (Via adjinotonegoro.com).
Adjie Notonegoro (Via adjinotonegoro.com).

8. Yosep Sinudarsono

Walaupun belum begitu familiar, namun busana rancangan Yosep Sinudarsono sudah berhasil menembus pasar Hollywood. Beberapa artis yang pernah mengenakan hasil karya desainer asal Semarang ini diantaranya adalah Estelle dan Judy Meyers, Paling gres, Terri Seymour dan Marlin Akerman juga memakai karyanya saat menghadiri Golden Globe Awards 2015 lalu. Kesuksesan tersebut bermula ketika akun Instagramnya dilihat oleh salah satu agen luar negeri. Foto-foto yang di-upload Yosep ke salah satu media sosial tersebut adalah rancangan-rancangan busana yang dia buat sendiri. Setelah itu, Yosep bekerjasama dengan Michelle Surjaputra dan mendirikan merek Lotuz pada bulan Oktober 2014 silam.

Yosep Sinudarsono (Via swa.co.id).
Yosep Sinudarsono (Via swa.co.id).

 

Estelle saat mengenakan busana karya Yosep Sinudarsono (Via apparelsearch.com).
Estelle saat mengenakan busana karya Yosep Sinudarsono (Via apparelsearch.com).
Marlin Akerman saat menghadiri Golden Globe Awards 2015 via gotceleb.com
Marlin Akerman saat menghadiri Golden Globe Awards 2015 via gotceleb.com

9. Biyan Wanaatmadja

Hasil karya Biyan digunakan oleh Kelly Rutherford pada drama seri Gossip Girl. Busana bernuansa hitam-emas Kelly saat memerankan tokoh Lily Van Der Woodsen. Dalam episode tersebut, dia mengenakan gaun sequin dengan kerah V dan aksen brokat. Sayangnya, warga Indonesia belum bisa memakai busana karya Biyan tersebut karena tidak dijual di butik Biyan yang berada di Indonesia.

Biyan Wanaatmadja (via preppyjourno.wordpress.com)
Biyan Wanaatmadja (via preppyjourno.wordpress.com)
Hasil karya Biyan digunakan oleh Kelly Rutherford (via popsugar.com)
Hasil karya Biyan digunakan oleh Kelly Rutherford (via popsugar.com)

10. Rafi Ridwan

Perancang busana bernama lengkap Rafi Abdurrahman Ridwan ini adalah salah satu nominator Tokoh Muda Mendunia. Meskipun terlahir sebagai tuna rungu, desainer cilik ini berhasil melesat ke kancah internasional dengan membawa nama batik Indonesia. Saat berusia 9 tahun, Rafi memamerkan koleksi perdananya di acara Festival Fashion Week 2012. Ia berkolaborasi dengan Nonita Respati dari rumah mode Purana Batik dan Ariani Pradjasaputra dari Aarti aksesoris. Ketiganya berkolaborasi dengan nama PAR.

Rafi Abdurrahman Ridwan (via kompasiana.com)
Rafi Abdurrahman Ridwan (via kompasiana.com)

Koleksi busana yang diberi judul Echoes of Heritage tersebut terdiri dari empat busana ready-to-wear. Pada tahun 2014 lalu, ia berhasil menghipnotis para tamu Food Festival (JFFF) dengan memamerkan 40 karya dengan desain baju batik spektakuler. Tyra Banks, seorang model Amerika Serikat memuji Rafi sebagai desainer termuda di dunia. Sejak saat itu, dia menjadi orang paling dicari di Amerika, Australia, dan Indonesia. Pada tahun 2013, Tyra memercayakan Rafi untuk merancang busana para kontestan America’s Next Top Model.

Rafi Ridwan dan Tyra Banks (via rafiridwan.com)
Rafi Ridwan dan Tyra Banks (via rafiridwan.com)

Dengan banyaknya desainer Indonesia yang berhasil menorehkan tinta emas di kancah dunia seperti mereka, masihkah kamu ragu dengan kualitas kita sebagai warga yang berasal dari negara yang sama? Bagaimanapun, dengan adanya orang-orang hebat seperti mereka akan semakin menumbuhkan rasa bangga kita sebagai orang Indonesia. Setuju? Silahkan share dan beri komentar di bawah ini.

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

One Ping

  1. Pingback:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *