Deretan Jajanan Legendaris Depan Sekolah yang Akan Membuatmu Kangen Masa Sekolah Dulu

Kangen gak sih sama jajanan ini?

Masa-masa anak-anak merupakan masa-masa terindah yang pernah dilalui setiap manusia. Di masa anak-anak kita belum mengenal banyak persoalan hidup yang kompleks. Paling permasalaan hidup kita saat kita minta uang jajan sama orang tua atau rebutan mainan sama kakak atau teman.

Jajanan legendaris di sekolah (merdeka.com)

Salah satu masa-masa indah anak-anak ialah saat sekolah. Bukan karena pintar sehingga sekolah menyenangkan, melainkan karena jajan yang ada di depan sekolah biasanya enak-enak. Apa saja jajanan anak sekolah yang paling legendaris?

Sate telur gulung

Jajanan sekolah paling legendaris yang pertama ialah sate telur gulung. Jajanan ini sebenarnya sangat simple pembuatannya, hanya telur di goreng lalu digulung dengan menggunakan lidi kemudian dikasiah saus.

Sate telur gulung, jajanan legendaris anak sekolah (youtube.com)

Meskipun demikian, jika kita membuatnya sendiri di rumah sepertinya rasanya tidak seenak yang dibuat paman penjual di depan sekolah. Bener gak sih?

Mie lidi

Generasi 90an tentu tidak asing dengan jajanan yang satu ini. Jajanan berbentuk mie panjang dengan aneka rasa pedas ini memang pernah menjadi jajanan favoris anak sekolah dulu.

Mie lidi jajanan legendaris anak sekolah (mielidiriajaya.files.wordpress.com)

Biasanya sih setelah makan mie lidi tangan kita akan ikut dijilati untuk membersihkan sisa bumbu mie yang masih menempel di jari tangan. Hayo ngaku siapa yang pernah kayak gitu?

Es Kado

Es kado jajanan legendaris anak sekolah (twimg.com)

Memang anak-anak usia SD tidak bisa terlepas dari yang namanya jajan es. Salah satu jajanan es favorit anak-anak sekolah ialah es kado. Pada dasarnya es kado hampir sama dengan es krim, namun es jenis ini membungkusnya dengan menggunakan plastik kado. Inilah kemudian es ini dinamakan es kado.

Kue leker, jajanan favorit anak SD

Salah satu jajanan paling spesial waktu SD ialah kue leker. Rasanya yang manis dan gurih membuatnya banyak disukai anak-anak, kue leker ini paling enak dimakan saat kondisi masih hangat.

Kue leker jajanan legendaris anak sekolah (ngalam.co)

Biasanya kue leker diisi dengan sedikit susu dan meses, ada juga yang menambahkan potongan pisang sebagai varian rasa. Sesuai namanya, kue leker pun menjadi kue terenak di jamannya.

Gulali

Masih ingat dengan jajanan legendaris yang satu ini? Rasanya manis legit, bahkan kadang karena terlalu gosong bisa menjadi pahit. Gulali bagi sebagian generasi 90an memiliki kenangan tersendiri loh.

Gulali jajanan legendaris anak sekolah (ngalam.co)

Biasanya sih, paman penjual tidak hanya menjual gulali saja. Namun untuk menarik anak-anak beli, ia memberikan diskon membuat aneka bentuk dari gulali. Dari mulai bentuk mobil, aneka hewan, sampai bentuk bunga-bungaan. Kangen kan masa-masa indah itu?

Telur dadar bulet

Kalau jajanan yang satu ini biasanya banyak disukai oleh anak-anak cewek. Pasalnya jajanan ini selain enak biasanya penjual memberikan keleluasaan kepada pembeli untuk menggoreng telur dadar buletnya sendiri. Jadi banyak anak perempuan yang tertarik membeli sebab sambil bermain masak-masakan gitu.

Telur dadar bulet jajanan legendaris anak sekolah (liputan6.com)

Sebenarnya jajanan yang satu ini tidak beda jauh dengan sate telur gulung, hanya telur ayam diberi sedikit daun bawang dan di goreng. Namun lagi-lagi jika kita membuat jajanan yang satu ini sendiri di rumah, rasanya pasti tidak seenak yang dijual di depan sekolah.

Harum manis atau rambut nenek

Rasanya yang manis, bentuknya yang unik, serta warnanya yang mencolok membuat jajanan ini selalu menarik perhatian anak-anak. Rambut nenek memang menjadi jajanan yang selalu ada di setiap pedagang di sekolah, kayaknya emang jajanan ini direkomendasikan hanya untuk anak-anak sekolah deh.

Harum manis atau rambut nenek (jennynotestoday.blogspot.co.id)

Ada dua jenis pembuatan harum manis atau rambut nenek ini. Yang pertama secara tradisional dan yang kedua menggunakan alat modern. Bahan keduanya pada dasarnya sama, namun pada pembuatan tradisional biasanya gula sudah berbentuk gulali.

Rambut nenek produksi tradisional (youtube.com)

Pada pembuatan rambut nenek secara tradisional, gula yang sudah berbentuk gulali akan dicampur tepung kemudian ditarik-tarik hingga menjadi benang-benang kecil.

Rambut nenek dengan menggunakan mesin (youtube.com)

Adapun kalau menggunakan alat modern, bahan gula berwarna tinggal dimasukan ke dalam sebiah mesin pemutar kemudian dipanaskan sambil diputar, tidak beberapa lama gula akan meleleh dan menjadi benang-benang berwarna menyerupai rambut nenek.

Itulah jajajanan legendaris yang pernah mewarnai hari-hari indah masa sekolah kita. Kamu pernah mencoba yang mana nih?

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Penikmat Dunia, Perindu Surga,

Mahasiswa Sekarang Lebih Mudah Depresi Daripada Mahasiswa Dulu, Apa Sebabnya?

5 Alasan Logis Kenapa Suami Seharusnya Dapat Cuti Panjang Ketika Istri Melahirkan