Dengan Melakukan Satu Hal Ini, Peluang Indonesia Ke Piala Dunia Lebih Lebar Daripada Negara Asia Lainnya

Mungkin ini bisa menjadi solusi buat Timnas kita. Tapi…

Menjadi salah satu tim yang bisa tampil di ajang piala dunia merupakan cita-cita seluruh negara di dunia. Pun dengan Indonesia, bisa tampil di perhelatan piala dunia merupakan cita-cita luhur setiap pemain sepak bola profesional kita.

Baca juga : Berkat Guling Pocong, Kini Pocong Sukses Go International dan Dipuji Dunia

Daftar tim peserta piala dunia 2014 (djoharmanik.files.wordpress.com)

Namun alih-alih bisa tampil di piala dunia, untuk bisa menjuarai turnamen di level asia tenggara saja, Indonesia harus kembang kempis meraih tahta tertinggi itu. Bahkan penampilan timnas kita di ajang Sea Games U22 dan piala Aff U19 belum mencapai target yang diinginkan.

Sebenarnya, dibandingkan dengan negara asia tenggara lainnya, Indonesia merupakan satu-satunya negara yang memiliki sejarah baik di piala dunia. Untuk kawasan asia tenggara, Indonesia merupakan satu-satunya negara yang pernah ikut ajang piala dunia, yaitu pada tahun 1938 di Perancis, namun saat itu timnas kita masih bernama Hindia Belanda.

Kesedihan pemain timnas saat gagal menuju ke partai final sea (djoharmanik.files.wordpress.com)

Kesempatan lain bisa tampil di ajang piala dunia juga pernah didapatkan Timnas Indonesia pada tahun 1958. Setelah lolos di kawasan Asia pasca mengalahkan Timnas China dengan skor 2-0.

Indonesia sebenarnya waktu bisa lolos di laga piala dunia, sayangnya pada laga selanjutnya saat melawan Israel, Indonesia menolak bermain dengan timnas Israel dengan alasan Indonesia tidak mengakui kedaulatan negara Israel. Yah, waktu itu memang Indonesia tegas menolak mengakui kemerdekaan negara Israel di tanah Palestina.

Timnas di ajang piala dunia 1938 (merahpoetih.files.wordpress.com)

Atas keputusannya tersebut Indonesia pun gagal melaju ke babak selanjutnya di piala dunia 1958 yang di gelar di Swedia. Dengan melihat sejarah sepakbola kita yang penuh prestasi, seharusnya Indonesia merupakan negara yang paling layak tampil di piala dunia mewakili Asia.

Kembali ke pembahasan awal kita, bagaimana agar Indonesia bisa lolos ke piala dunia dengan lebih mudah, inilah yang harus dilakukan Indonesia.

Berpindah bergabung dengan kawasan Oseania

Satu-satunya “jalan pintas” agar timnas Indonesia bisa lolos ke ajang piala dunia ialah dengan berpindahnya timnas Indonesia bergabung dengan negara-negara kawasan Oseania.

Jika Indonesia pindah ke kawasan Oseania tentu peluang untuk menjadi tim terbaik di kawasan itu sangat jauh lebih besar.

Peringkat FIFA negara kawasan Oseania (panditfootball.com)

Dengan bergabung ke Oseania, potensi Indonesia lolos ke piala dunia mewakili kawasan Oseania pun terbuka lebar. Sebagaimana diketahui, kawasan Oseania merupakan kawasan yang dihuni oleh negara-negara kepulauan kecil yang dalam hal sepakbola jauh sangat tertinggal.

Salah satu tim terberat dan menjadi tim andalan di kawasan itu ialah negara Haiti dan Fiji. Fiji merupakan negara kawasan Oseania yang kerap mewakili kawasan ini diajang internasional seperti olimpiade, cabang sepak bola pada tahun 2016 lalu.

Laga persahabatan timnas Indonesia Vs Fiji (vidio.com)

Bayangkan saja, timnas Fiji yang merupakan timnas andalan kawasan Oseania saja kewalahan mengimbangi permainan sepakbola Indonesia, di laga persahabatan yang digelar belum lama ini. Bahkan secara permainan, Indonesia lebih mendominasi meskipun hasil akhirnya imbang tanpa gol.

Tertinggalnya sepakbola dikawasan Oseania ini yang menjadi alasan kenapa Australia lebih memilih bergabung dengan kawasan Asia. Sebab di kawasan Asia kompetisi sepak bola antar negara lebih ketat dibandingkan dengan di kawasan Oseania.

Bahkan saking hebatnya Australia di kawasan Oseania, Australia pernah menang mudah dari salah satu negara Oseania dengan skor telak 31-0. Betapa lemahnya sepakbola dikawasan ini bukan? Inilah “jalan pintas” jika Indonesia mau lolos ke piala dunia, bergabung dengan kawasan Oseania, maka timnas Indonesia hampir bisa dipastikan lolos ke piala dunia mewakili kawasan Oseania.

Keuntungan dan kerugian jika timnas Indonesia pindah ke kawasan Oseania

Apapun yang dilakukan dengan jalan pintas, atau ditempuh dengan cara instan pasti memiliki keuntungan dan kerugian. Jika keuntungan timnas Indonesia seandainya pindah ke kawasan Oseania ialah berpeluang besar lolos ke piala dunia, maka apa kerugiannya?

Kerugian timnas kita jika berpindah ke kawasan Oseania ialah lambatnya perkembangan sepakbola kita sebab kompetisi yang kurang ketat di kawasan itu. Timnas akan jarang bertemu lawan berat, sehingga perkembangan kualitas pemain akan lebih lambat.

Peluang Indonesia ke piala dunia lebih lebar jika pindah ke Oseania (youtube.com)

Selain itu, saat Indonesia lolos ke piala dunia hanya akan menjadi lumbung gol bagi tim-tim besar. Sebab Indonesia tidak melalui tahapan yang ketat saat menuju piala dunia. Bayangkan saja biasa melawan timnas lemah, sekali melawan timnas kuat sekelas Brasil, Jerman, Perancis, Argentina, atau Belanda pasti timnas kita kewalahan.

Alih-alih bangga timnas kita bisa lolos ke piala dunia, ini malah bisa jadi memalukan akibat timnas kita hanya menjadi lumbung gol di ajang turnamen teringgi cabang sepakbola ini.

Nah, itulah cara pintas agar timnas kita bisa lolos ke piala dunia dengan mudah. Namun ingat konsekuensinya yah. Sebab yang lebih penting dari sebuah prestasi ialah proses, bukan hasil!

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Penikmat Dunia, Perindu Surga,

5 Perkataan yang ‘Haram’ Kamu Ucapkan pada Ibu Rumah Tangga

Kebetulan Atau Tidak, 7 Tempat Wisata di Indonesia Ini Sangat Mirip Wisata di Luar Negeri Loh