Demi Profesionalitas dan Keluarga, Mereka Rela Tetap Bekerja di Hari Lebaran

Angkat topi buat mereka yang rela meninggalkan keluarga demi tugas.

232
SHARES

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, hari lebaran merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu. Sebab selain menjadi hari kemenangan, hari lebaran juga menjadi hari dimana sanak keluarga bisa berkumpul bersama untuk saling bermaaf-maafan.


Mudik merupakan tradisi yang selalu ditunggu-tunggu untuk berkumpul bareng keluarga (fotokita.net)

Hal ini disebabkan saat lebaran pemerintah mengharuskan semua perusahaan untuk memberikan waktu cuti bersama karyawannya. Namun berkumpul dan bersilaturahmi bersama keluarga besar saat lebaran, sepertinya hanya menjadi impian bagi para mereka yang tidak mendapatkan cuti lebaran. Mau tahu siapa saja mereka yang tetap bekerja di hari lebaran?

Tentara dan Polisi

Polisi dan tentara memang sudah bersumpah profesi untuk lebih mementingkan kepentingan negara dan masyarakat dibandingkan kepentingan pribadi. Inilah yang membuat tugas polisi dan tentara jarang memiliki waktu libur. Terlebih saat musim mudik lebaran, biasanya polisi dan tentara memiliki tugas tambahan terkait pengamanan mudik lebaran.

Demi sebuah tugas polisi dan tentara harus rela meninggalkan keluarga (harnas.co)

Mereka merelakan meninggalkan keluarga demi pengabdiannya terhadap bangsa dan negara. Mungkin jika mereka bagian dari keluarga kita, kita juga akan merindukan kehadirannya ditengah-tengah kita saat lebaran.

Mereka yang bekerja di bidang transportasi

Selain polisi dan tentara, yang tidak libur saat hari lebaran adalah mereka yang bekerja di sektor transportasi. Siapa saja yang dimaksud mereka yang bekerja di sektor transportasi? Ialah mereka mulai dari supir, kenet, pilot, pramugari, masinis, sampai kapten kapal penyebrangan beserta anak buah kapalnya.

Saat mudik lebaran biasanya supir akan lebih sibuk (efekgila.com)

Mereka yang bekerja di sektor transportasi, justru akan lebih banyak sibuk saat hari lebaran tiba. Bahkan sebelum dan sesudah lebaran, mereka akan banyak menguras tenaga mereka. Saat seperti itulah mereka tidak bisa meninggalkan pekerjaannya tersebut.

Wartawan media massa

Liputan saat lebaran harus dilakukan bagi seorang wartawan (youtube.com)

Wartawan media massa juga memiliki waktu kerja yang sangat ketat, terlebih saat musim mudik tiba. Saat musim mudik, para pemburu berita bekerja lebih ekstra. Hal ini disebabkan karena saat musim mudik informasi tentang kepadatan kendaraan, kemacetan, sampai jalur alternatif sangat dibutuhkan para pemudik. Melalui media massa lah biasanya para pemudik mencari informasi tersebut.

Petugas SPBU

Yang pacarnya petugas SPBU, siap-siap lebaran sendirian (jhonnytips.blogspot.co.id)

Saat mendekati lebaran, kebutuhan akan bahan bakar kendaraan meningkat tajam. Bahkan untuk beberapa kasus, saat lebaran terjadi antrian panjang di beberapa stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Hal inilah yang menjadikan petugas SPBU saat mendekati lebaran mendapat pekerjaan yang lebih sibuk. Jadi tidak ada waktu buat liburan lebaran yah.

Pekerja dibidang kesehatan

Lebarannya di rumah sakit sambil dinas (medium.com)

Sama seperti polisi dan tentara, mereka yang bekerja di bidang kesehatan juga telah melakukan sumpah profesi untuk mengutamakan kepentingan pasien dibandingkan dengan kepentingan individu. Jadi tidak heran kalau para pekerja kesehatan harus selalu siap siaga melayani masyarakat, termasuk saat musim mudik dan hari lebaran.

Karyawan hotel dan restoran ternama

Alih-alih libur lebaran, malah lebih banyak pekerjaan (hospitalityriskupdate.com)

Alih-alih mendapatkan libur saat hari lebaran, para karyawan di hotel dan restoran ternama justru mendapatkan pekerjaan yang lebih banyak. Pasalnya saat mudik lebaran tiba, banyak orang yang melakukan liburan dan menginap hotel serta mengunjungi restoran untuk makan bersama keluarga. Jadi, para karyawan di hotel dan restoran tentu tidak akan bisa menikmati liburan saat musim lebaran tiba.

Pegawai teknologi komunikasi dan sistem informasi

Para pekerja di bidang teknologi, komunikasi dan informasi juga tidak bisa menikmati lebaran beserta keluarga. Sebab saat lebaran, jasa komunikasi dan sistem informasi sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Terlebih bagi mereka yang bertugas sebagai customer service, mereka harus siap menerima aduan, pertanyaan, dan keluhan masyarakat terkait sistem komunikasi yang dipakainya.

Selalu siap melayani keluhan dan aduan meskipun saat lebaran (infinitcontact.com)

Itulah beberapa pekerjaan yang merelakan kebersamaan bersama keluarga saat lebaran demi profesionalitas pekerjaan. Merekalah yang selama kita mudik sedikit banyak membantu kita, tidak ada salahnya kan kita berterima kasih kepada mereka yang mengorbankan kepentingan pribadinya untuk melayani masyarakat.

232
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penikmat Dunia, Perindu Surga,