Dari WC Sampai BH, Singkatan yang Sering Didengar sehari-hari Tapi Jarang Diketahui Artinya

Sering menggunakan kata ini, tapi apakah kamu susah tau artinya?

Semakin berkembangnya bahasa yang ada di masyarakat modern, semakin bermunculan juga istilah dan singkatan di masyarakat. Sesuai dengan karakter manusia modern yang selalu menginginkan hal yang praktis, dan instan, bahasa atau kata juga pada akhirnya banyak yang dibuat lebih simple dengan sebuah kata singkatan.

Baca juga : Jika Harus Memilih, Mana yang Lebih Kamu Prioritaskan: Pekerjaan atau Pasangan?

Singkatan kekinian apa saja sih (damniloveindonesia.com)

Mungkin hampir setiap hari kita mendengar atau menggunakan kata-kata singkatan yang ada di sekeliling kita. Bahkan banyak kata yang kita anggap sebuah nama yang bermakna, padahal itu adalah sebuah singkatan. Nah, agar kamu tahu apa saja sih arti singkatan yang banyak kita gunakan sehari-hari, mari kita simak penjelasannya berikut ini.

1. Kepo

Kata Kepo mungkin sering kamu dengar, atau bahkan kamu sering menggunakan kata ini? Namun sudah apakah kamu sudah tahu arti dari kata kepo? Secara pengertian sih kepo berarti orang yang selalu ingin tahu dengan suatu hal.

Apa sih arti kepo? (nyunyu.com)

Namun sebenarnya Kepo merupakan  akronim dari bahasa inggris, yaitu Knowing Every Particular Object yang artinya sebutan untuk orang yang serba ingin tahu dari detail sesuatu baik yang kalau ada yang terlintas dibenaknya dia tanya terus.

2. Japri

“Woy japriin nomer cewek yang kemarin ketemu di konser sih”, Mungkin kamu pernah mendengar istilah japri kan? Namun meskipun kata Japri populer di obrolan via online, nyatanya banyak yang belum tahu arti sebenarnya dari kata Japri.

Arti kata Japri (liputan6.com)

Kata Japri sendiri merupakan istilah yang lazim digunakan anak-anak muda untuk mengartikan cahtingan pribadi, atau tidak di publik. Japri sendiri merupakan akronim dari Jalur Pribadi, yaitu obrolan yang hanya dilakukan oleh dua orang melalui percakapan media sosial atau online.

3. GPS

Satu lagi istilah yang kerap kita dengar atau bahkan sering kita ucapkan, yaitu GPS. Mungkin sebagian besar dari kita tahu maksud dari GPS, terlebih bagi yang suka order ojek online atau taksi online. Namun apakah kamu tahu kepanjangan dari GPS?

Arti kata GPS (entrepreneur.com)

Jika kamu belum tahu, beruntunglah kamu sudah membuka tautan ini, sebab setelah ini kamu akan tahu kepanjangan dari GPS. Kepanjangan GPS sendiri ialah Global Positioning System, atau biasa orang mengenal sebagai Sistem Pemosisi Global. Kalau dalam bahasa sederhanya, GPS sama dengan peta, namun dalam versi aplikasi internet.

4. Robot

Arti kata Robot (robotshop.com)

Jika kamu selama ini menyangka jika Robot adalah nama untuk perangkat mesin yang bisa bekerja menyerupai manusia, itu kurang tepat. Sebab ternyata Robot merupakan sebuah singkatan dari Residents Official Board of Technology. Kalau dalam bahasa Indonesia berarti mesin yang bisa bergerak.

5. WC

Arti kata WC (bimakini.com)

Nah kalau yang satu ini pasti kamu sangat familiar dengan kata WC, bahkan mungkin dari anak kecil saja sudah mengetahui kata WC. Lalu apa sih sebenarnya kepanjangan dari WC? Usut punya usut ternyata WC merupakan akronim dari bahasa Inggris yang berarti Water Closet, yang artinya seakar dengan kata toilet.

6. BH

Arti kata Bh (beritahati.com)

Maaf, mungkin singkatan ini agak vulgar, memang kata ini sering kita dengar namun banyak yang belum tahu artinya. BH merupakan singkatan dari bahasa Belanda yaitu Buste Hounder, yang arti dalam bahasa Indonesianya ialah penyangga payudara.

7. HVS

Arti kata HVS (ralali.com)

Jika kita di tempat foto copy, kita tentu sering menyebut kertas HVS. Banyak yang beranggapan jika kertas HVS merupakan nama dari jenis kertas. Padahal sebenarnya HVS merupakan singkatan dari bahas Belanda yaitu Hout Vrij Schrift, atau dalam bahasa Indonesia bermakna kertas untuk menulis.

8. Pelakor

Arti kata pelakor

Nah buat kamu yang akhir-akhir ini sering dengar kata pelakor namun belum tahu artinya, inilah arti pelakor yang sebenarnya. Pelakor merupakan singkatan dari Perebut Laki Orang. Inilah sebutan bagi perempuan yang suka menganggu rumah tangga orang lain.

9. VIP

Kamu sering mendengar kata VIP? Baik saat nonton konser atau nonton pertandingan sepak bola di stadion tentu kamu pernah dengar kan? Namun apa sih arti sebenarnya dari VIP? VIP sedniri merupakan akronim dari bahasa Inggris, yaitu Very Important Person atau artinya hanya untuk orang penting atau kalangan pejabat saja.

Arti kata VIP (portugalrocks.com)

Itulah beberapa singkatan yang sering kita dengar dan gunakan namun arti sebenarnya jarang diketahui. Bagaimana, sekarang jadi tahu kan? Share jika menurutmu artikel ini bermanfaat.

 

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Penikmat Dunia, Perindu Surga,

Siapa Sangka “Cinta Pelarian” Bisa Membawa 5 Keuntungan Tak Terduga

Cowok Wajib Tau, Ini Lho yang Diinginkan Cewekmu Ketika Ngambek