Dari Rokok Sampai Obat Kuat, Inilah Bawaan Jamaah Haji Indonesia yang Bikin Gagal Paham

Mungkin maksudnya biar fisiknya kuat saat menjalankan Ibadah Haji yang cukup melelahkan.

Berbicara soal ibadah haji, mungkin negara Indonesia mempunyai cerita tersendiri yang bisa dikatakan unik. Sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia setiap tahunnya memberangkatkan ribuan jama’ah haji untuk datang ke tanah suci.

Jamah haji asal Indonesia (mirajnews.com)

Namun dibalik kisah perjalanan ibadah haji jama’ah asal Indonesia yang penuh kekhusu’an, ada beberapa kisah unik yang mungkin tidak ditemukan dari jama’ah haji dari negara lainnya, yaitu terkait barang bawaan jama’ah ibadah haji asal Indonesia yang cukup unik ini.

Jama’ah haji Indonesia kedapatan bawa jimat

Tahun 2016 lalu petugas imigrasi Arab Saudi menangkap jama’ah haji asal Indonesia di bandara karena kedapatan membawa jimat di dalam kopernya. Jama’ah haji asal Madura yang diketahui bernama Ahmad Malik Tarsawi (46), terpaksa berurusan dengan petugas bandara karena diketahui membawa jimat dari Indonesia.

Cuma jamaah haji Indonesia yang ibadah haji bawa jimat (okezone.com)

Alhasil karena perbuatannya tersebut, jama’ah haji asal Indonesia ini pun harus menanggung denda 2,1 juta oleh pihak keamanan Arab Saudi. Selain kedapatan membawa “jimat rajah”, Ahmad Malik Tarsawi juga diketahui membawa jamu tradisional dan sarang tawon yang di keringkan.

Emak-emak banget nih, sampai haji aja bawa alat masak

Tidak hanya jimat, beberapa kali jama’ah haji Indonesia juga kedapatan membawa alat-alat masak. Hal inilah yang kemudian membuat “repot” panitia pemberangkatan ibadah haji di Indonesia.

Mak, dilarang bawa panci, penggorengan sama ulegan mak (viva.co.id)

Saking seringnya jama’ah haji asal Indonesia yang membawa alat masak, pemerintah sempat mengeluarkan larangan bagi jama’ah haji agar tidak membawa alat masak sendiri. Sebab persoalan logistik sepenuhnya sudah dipersiapkan pemerintah Indonesia di Arab Saudi. Padahal beberapa tahun silam sempat terjadi kebakaran di salah satu hotel akibat jamaah memasak nasi di magic com!

Bapak-bapaknya, haji bawa berbungkus-bungkus rokok

Saat emak-emaknya disibukan dengan bawaan alat masaknya, para bapak-bapak tidak ketinggalan membuat kehebohan dengan ketahuan membawa ratusan batang rokok saat berangkat haji.

Ini lagi bapaknya ngeyel tetep bawa rokok (cnnindonesia.com)

Padahal sebelumnya pemerintah Indonesia sudah melarang agar jama’ah haji tidak membawa rokok. Hal ini bertujuan untuk mengurangi beban bawaan calon jama’ah serta untuk menjaga kesehatan selama melakukan Ibadah haji.

Sepertinya cuma jama’ah asal Indonesia yang haji membawa obat kuat

Mungkin yang satu ini merupakan barang bawaan yang cukup bikin kita mengerutkan kening, bawa obat kuat saat menunaikan ibadah haji. Memang sih kebutuhan biologis itu penting bagi keharmonisan rumah tangga seorang yang sudah menikah. Namun ya apa harus bawa obat gituan saat mau menunaikan ibadah haji? Kalau pun memang perlu apa di Arab Saudi gak ada yang jualan obat semacam itu?

Mungkin maksudnya biar fisik kuat dalam menjalankan ibadah haji (liputan6.com)

Itulah beberapa jenis barang bawaan jama’ah haji asal Indonesia yang bisa dibilang cukup nyeleneh! Meskipun demikian semoga semua jama’ah haji asal Indonesia selamat perjalanannya dan menjadi haji yang mabrur.

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Penikmat Dunia, Perindu Surga,

Inilah 5 Gaya Selfie Norak yang Paling Banyak Digunakan Remaja Alay. Kamu Pakai Gaya yang Mana Guys?

Kerja Cuma Joget dan Ketawa, Inilah Gaji Penonton Bayaran yang Menggiurkan