Dari Pengajian Sampai Dangdutan, Inilah Ragam Acara Halalbihalal yang Hanya Ada di Indonesia

Sudah Halalbihalal belum guys?

Setelah Ramadhan usai dan lebaran selesai, biasanya kebanyakan umat Islam di Indonesia mengadakan acara tahunan Halalbihalal. Acara Halalbihalal bisa dikatakan acara silaturahmi yang cuma ada di Indonesia, jika kita mencari tahu arti kata Halalbihalal, maka kita hanya bisa menemukannya di kamus besar bahasa Indonesia, atau KBBI.

Acara halalbihalal banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia (belmawa.ristekdikti.go.id)

Jika kita mencari tahu arti kata Halalbihalal di kamus bahasa Arab, tentu kita tidak akan mendapatkannya. Arti kata Halalbihalal sendiri dalam KBBI dimaknai sebagai hal maaf-memaafkan setelah menunaikan ibadah puasa Ramadan, biasanya diadakan di sebuah tempat (auditorium, aula, dan sebagainya) oleh sekelompok orang. Makna Halalbihalal dalam KBBI ditekankan sebagai acara khas Indonesia.

Meskipun acara Halalbihalal berbau Islami, namun karena acara Halalbihalal merupakan khas Indonesia, maka perayaan Halalbihalal diisi dengan acara-acara yang khas Indonesia juga. Atau bisa juga diisi dengan acara yang paling disukai masyarakat. Berikut beberapa acara Halalbihalal yang ada di Indonesia.

Pengajian Halalbihalal

Pengajian dalam rangka Halalbihalal (ipnuippnu-mijen.blogspot.co.id)

Sudah menjadi hal yang lazim di masyarakat kita jika acara Halalbihalal diisi dengan kegiatan yang bernafaskan Islami, seperti acara pengajian. Biasanya pengajian ini dilakukan untuk mengisi acara Halalbihalal tujuannya agar masyarakat mau berkumpul dan mempermudah untuk saling bersilaturahmi antar warga.

Reuni Halalbihalal

Halalbihalal dengan mengadakan reuni (batarapos.com)

Selain diisi dengan acara pengajian, Halalbihalal juga banyak dilakukan dengan mengadakan reuni. Namun untuk acara Halalbihalal dengan reuni biasanya hanya untuk kalangan tertentu. Semisal Halalbihalal teman SMA, maka biasanya diadakanlah reunian. Jadi tujuan diadakannya reunian itu untuk nostalgia dan Halalbihalal yah, bukan untuk ajang pamer.

Halalbihalal dengan dangdutan

Sepertinya untuk pengisi acara Halalbihalal yang satu ini bisa dikatakan agak berbeda dengan yang lainnya. Jika yang lainnya mengisi acara Halalbihalal dengan kegiatan yang bernafaskan Islami, namun untuk masyarakat di sekitaran Pati, Jepara, dan Rembang mempunyai tradisi Halalbihalal tersendiri, yaitu dengan mengadakan acara dangdutan.

Halalbihalal juga bisa diisi dengan acara dangdutan (youtube.com)

Bagi masyarakat sekitar Pati, Jepara dan sekitarnya, khususnya para pemuda, biasanya saat lebaran usai mereka mengadakan acara dangdutan untuk mengisi acara Halalbihalal. Tidak tanggung-tanggung, grup dangdut ternama pun sering dipanggil untuk memeriahkan acara Halalbihalal tersebut, seperti Om Sera, atau Monata.

Halalbihalal hanya sekedar bersalam-salaman

Mungkin ini merupakan kegiatan Halalbihalal paling sederhana, dalam rangkaian acara Halalbihalal model ini biasanya hanya diisi oleh beberapa kegiatan sederhana dan inti dari acara ini biasanya bersalam-salaman. Buat kamu yang masih sekolah, atau bekerja di sebuah perusahaan, biasanya kegiatan Halalbihalal model ini sering dijumpai.

Meskipun hanya sekedar salam-salaman, namun hal itu tidak enghilangkan sakralitas halalbihalal (sma1pekalongan.sch.id)

Biasanya jika Halalbihalal model ini dilakukan di sekolah, semua siswa, guru, dan pegawai di sekolah berkumpul di lapangan untuk bersalam-salaman satu persatu. Pun jika dalam perusahaan, biasanya semua pegawai dan direksi berkumpul dalam satu tempat untuk melakukan salam-salaman Halalbihalal.

Itulah beberapa pengisi kegiatan Halalbihalal yang ada di Indonesia, Apapun isi acara Halalbihalal tersebut yang paling utama ialah bagaimana tujuan dari kegiatan Halalbihalal, yaitu saling maaf memaafkan. Jadi, sudah saling maaf memaafkan belum nih?

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Penikmat Dunia, Perindu Surga,

Ketika Pacar Perhatian Berubah Jadi Cuek, Mungkin Kamulah Penyebabnya

Tolong, Jangan Pernah Menganggap Status Janda Serendah Itu