Dari Nemuin Senior yang Sok-sokan, Sampai Syarat Ospek yang Aneh, Mahasiswa Baru Pasti Bakal Nemuin 5 Hal ini

Sebelum menjadi mahasiswa baru, pahami dulu gambarannya menjadi mahasiswa baru

1.1k
SHARES

Buat kamu yang hendak menjadi mahasiswa baru, atau kamu yang pernah merasakan bagaimana menjadi mahasiswa baru, tentu kamu memiliki cerita tersendiri? Menjadi mahasiswa baru bisa dikatakan sebagai moment terindah yang pernah ada di dalam hidupmu, namun menjadi mahasiswa baru juga bisa menjadi moment paling menyebalkan.


Ospek mahasiswa baru (anakui.com)

Banyak kejadian-kejadian atau suasana baru yang harus kamu lalui sendiri. Nah buat kamu yang menghadapi status menjadi mahasiswa baru, beberapa hal ini mungkin bakalan kamu alami saat menjadi mahasiswa baru nanti.

1. Menjadi mahasiswa baru, berarti harus menajalani hidup dengan lingkungan baru

Hal yang pasti kamu rasakan saat menjadi mahasiswa baru ialah kehidupan dengan lingkungan baru, baik itu teman, pergaulan, pemikiran, maupun kehidupan sehari-hari. Terlebih jika kamu termasuk mahasiswa baru perantau, kamu mesti beradaptasi dengan dunia kost-kostan yang multikultural, mandiri, dan “bebas”. Kamu harus bisa mengendalikan semuanya.

Anak kost, harus bisa membaur dan berbagi (chyntiayuliza.blogspot.co.id)

Sebenarnya inilah tantangan awal yang mesti kamu hadapi, biasanya untuk mahasiswa baru akan menemukan gejala gegar budaya. Dimana kamu akan merasakan ketidaknyamanan dengan budaya baru di sekitarmu. Jadi, sebelum benar-benar menjadi mahasiswa baru anak rantau, belajar beradaptasi dulu dengan lingkungan barumu.

2. Kamu pasti akan merasakan bagaimana ditawari ikut organisasi oleh senior kamu dengan rayuan manis. Tipsnya, jangan asal masuk organisasi.

Mahasiswa baru merupakan target utama “makelar” organisasi atau UKM yang haus akan kader. Mereka biasanya akan mengeluarkan jurus rayuan mautnya untuk menggaet kader sebanyak-banyaknya. Persaingan antar UKM atau organisasi untuk mendapatkan kader juga sangat terlihat.

Pameran stand open recruitmen organisasi mahasiswa dan UKM (farsigama.farmasi.ugm.ac.id)

Jika kamu mendapatkan tawaran gabung UKM atau organisasi, mendingan kamu jangan asal terima. Menginjak semester awal merupakan waktu yang tepat untuk mengumpulkan IPK setinggi-tingginya, hal ini akan menyelamatkanmu jika suatu saat IPK mu turun, minimal bisa terbantu dengan IPK tinggimu di semester awal.

Di awal-awal kuliah, kamu juga belum begitu menguasai rutinitas dunia kampus. Seberapa banyak waktu untuk mengerjakan tugas kuliah, untuk belajar, dan untuk kuliahmu. Jangan sampai jadwal kuliahmu berantakan gegara ikut organisasi. Ingat tujuan awal dari rumah yah. Namun jika kamu sudah bisa membagi waktu, ikut organisasi adalah jauh lebih baik dibandingkan hanya kuliah-kuliah saja.

3. Nemuin senior yang sok-sokan, siap-siap tutup mata, tutup telinga.

Sepertinya sudah menjadi kodratnya seorang senior, hidupnya penuh dengan sok-sokan di depan juniornya. Baik sok-sokan intelektual, sok-sokan penguasa kampus, sampai sok-sokan membentak-bentak junior saat Ospek sudah biasa terjadi di dunia perkuliahan.

Senior sok-sokan di depan mahasiswa baru (siksakampus.com)

Jadi, saat kamu menjadi mahasiswa baru nanti, jangan kaget jika melihat sosok mahluk bernama senior yang sok-sokan seperti ini. Biasanya mereka juga sering godain junior yang menurutnya cantik, tips dari saya jika kamu melihat senior model gini, tutp mata, tutup telinga, dan jauhi dia jauh-jauh.

4. Saat masa Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus atau OSPEK, biasanya syarat yang harus dibawa sangat menyusahkan. Jalani saja, percayalah Tuhan bersama mahasiswa baru yang kebingungan.

Entah itu mengandung unsur akademik atau tidak, namun biasanya para senior dan panitia Ospek memberikan persyaratan Ospek yang diluar batas kenormalan. Misal saja, kamu disuruh membawa biji kacang hijau sebanyak 143 biji, tidak boleh lebih tidak boleh kurang, atau kamu disuruh membawa permen KISS yang bertuliskan I Love You sebanyak 7 biji.

Syarat Ospek yang tidak bernilai akademis (berbagitopik.com)

Persyaratan-persyaratan yang dinilai “aneh” ini memang kerap diberikan kepada mahasiswa baru. Jika mahasiswa baru tidak berhasil mendapatkannya, hukuman dan omelan akan diberikan kepadanya. Namun percayalah, masa Ospek merupakan masa-masa terindah. Masa-masa penuh drama, jadi jalani saja dengan gembira yah.

5. Teman sekelas di semester awal merupakan teman paling berkesan

Saat menjadi mahasiswa baru, kamu akan mulai mencari kawan baru. Orang yang paling mudah dijadikan sahabat ialah orang-orang yang satu kelas di semester awalmu. Biasanya, untuk semester awal SKS masih dalam paketan, jadi kamu masih satu kelas dengan orang yang sama selama satu semester.

Teman sekelas di semester awal, paling banyak menyimpan memori indah (pedidikanindonesia.com)

Karena sering bertemu dan sering satu ruangan, biasanya kamu akan mendapatkan sahabat di semester awal ini dengan teman sekelasmu. Teman-teman sekelas di semester awal juga menjadi teman-teman yang paling berkesan selama kamu duduk di bangku perkuliahan.

Itulah 5 hal yang bakalan kamu hadapi saat menyandang menjadi mahasiswa baru. Punya kesan-kesan saat menjadi mahasiswa baru? Boleh loh ditambahkan di kolom komentar.

1.1k
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penikmat Dunia, Perindu Surga,