Dari Bau Ubi Bakar Sampai Mitos Penculik Anak, Berikut 5 Hal yang Identik dengan Genderuwo

Awas loh, ini tanda kalau genderuwo hadir di sekitarmu~

Genderuwo merupakan salah satu hantu asli Indonesia yang paling populer. Ia kerap dijadikan sosok untuk menakut-nakuti anak kecil yang rewel. Yah, tidak dipungkiri genderuwo memang identik dengan anak kecil.

Menariknya, berbeda dengan jenis hantu lainnya, genderuwo sangat dikenal memiliki hubungan yang erat dengan cerita-cerita unik di masyarakat. Apa saja hal identik dari genderuwo, berikut 5 di antaranya.

1. Kehadirannya identik dengan bau ubi bakar

Salah satu yang identik dengan genderuwo ialah kehadirannya identik dengan bau ubi bakar. Entah itu hanya sebuah mitos atau fakta, namun perihal cerita ini sudah menjadi kepercayaan di masyarakat Indonesia.

Bau ubi bakar tanda kehadiran genderuwo (trenlagi.blogspot.com)

Konon katanya, jika tengah malam tiba-tiba tercium ubi bakar yang sangat menyengat padahal tidak ada yang sedang membakar ubi, maka hal itu menandakan jika di sekitar tempat tersebut ada mahluk genderuwo.

2. Genderuwo mahluk paling suka nakut-nakutin dan ganggu manusia

Hal lain yang paling identik dengan mahluk genderuwo ialah ia dikenal sebagai hantu yang paling senang ganggu manusia. Genderuwo merupakan mahluk halus yang kerap sering ikut campur dengan kehidupan manusia.

Genderuwo dikenal suka nakut-nakuti manusia (yukepo.com)

Dilansir dari primbonku.com, setidaknya genderuwo kerap menganggu manusia dengan berbagai jenis. Mulai dari membuat penghuni rumah sakit-sakitan, suka menyembunyikan barang-barang, sampai menganggu psikologis manusia sehingga ia mudah marah, stres, sampai mimpi buruk.

Keisengan genderuwo yang suka menakut-nakuti manusia inilah yang kemudian membuatnya banyak digunakan sebagai sosok pesugihan. Biasanya, genderuwo digunakan untuk mematikan bisnis orang lain yang dianggap pesaing.

3. Genderwuo kerap menculik anak-anak?

Genderwuo juga dikenal sebagai mahluk yang menyukai anak-anak. Mungkin kamu pernah dengar kata orang jaman dulu, jika kalau waktu maghrib tiba kita dilarang keluar rumah, nanti dibawa genderuwo.

Genderuwo, suka menculik anak-anak. (kompasiana.com)

Konon katanya sih, genderuwo dan wewe gombel merupakan pasangan suami istri yang tidak memiliki anak. Sehingga keduanya sangat suka terhadap anak manusia. Bahkan di beberapa kasus, ada loh anak manusia yang diculik ke alam mereka.

4. Genderuwo sering menampakkan diri menyerupai seseorang

Seorang Antropolog Amerika, Clifford Geertz pernah menulis tentang genderuwo dalam buku berjudul: The Religion of Java. Dalam buku yang membahas tentang kebudayaan, agama, dan tradisi masyarakat Jawa, Geertz juga membahas tentang kepercayaan masyarakat Jawa terhadap mahluk genderuwo.

Ilustrasi penampakan Genderuwo. (oomph.co.id)

Menurut Geertz, genderuwo merupakan salah satu mahluk halus di Indonesia yang sering menyerupai manusia. Ia kerap berubah wujud menjadi ayah, kakek, ibu, atau saudara, untuk mengajak anak kecil bermain dengannya.

Tidak hanya itu, Geertz juga menjelaskan tentang kebiasaan jail genderuwo yang kerap memukul pantat perempuan, serta sering menyembunyikan barang-barang perempuan.

5. Genderuwo lebih suka menjaili dibandingkan menakuti atau menyakiti manusia

Masih merujuk pada buku Geertz ia menyebutkan jika genderuwo merupakan mahluk yang lebih suka menjaili manusia daripada menyakiti. Hal ini berbeda dengan Kuntilanan atau pocong, yang memang mereka gemar menakut-nakuti manusia.

Genderuwo lebih suka menjaili dibandingkan menyakiti manusia

Itulah 5 hal yang identik dengan genderuwo. Bagaimana menurutmu, apakah kamu termasuk orang yang percaya dengan kehadiran genderuwo?

Written by Aulawi (Aw)

Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *