Dianggap Musik Kampungan dan Seronok, Dangdut Tetaplah Kebanggaan Indonesia yang Mendunia

Dangdut musik kita disukai dunia!

95
SHARES

Sempat dikatakan sebagai musik comberan oleh raja dangdut Rhoma Irama, sering diklaim sebagai musiknya kaum pinggiran dan masyarakat bawah, sempat dikecam oleh para ulama karena sering mempertontonkan goyangan yang eksotis bahkan cenderung menggumbar sahwat. Sampai dibangga-banggakan karena musik asli Indonesia yang namanya sampai ke mancanegara, itulah serba-serbi musik dangdut.


Dangdut merupakan jenis genre musik asli indonesia yang kelahirannya merupakan perkawinan antara musik Hindi (India), gambus (Arab) dan pop rock (Barat). Awal kelahiran dangdut hanya mengandung dua aliran musik saja, yaitu musik hindi dan musik gambus. Namun seiring berjalannya waktu dan perubahan budaya, politik, serta keadaan sosial masyarakat, musik dangdut melakukan evolusi menjadi musik kontemporer dengan masuknya gitar listrik dan musik elektrik, yang akhirnya melahirkan musik dangdut modern.

Awal kelahiran dangdut dan proses evolusinya

Sebagaimana dijelaskan diatas, dangdut awalnya hanya perpaduan dua genre musik saja, yaitu musik hindi dan arab yang menghasilkan jenis musik melayu. Pada umumnya ciri khas musik ini ialah liriknya yang menyerupai syair, pantun, mendayu-dayu, dan melankolis. Sedangkan ciri khas lainnya ialah adanya alat musik tabla atau gendang yang merupakan alat musik khas India dan Arab.

Masuknya musik India dan Arab yang akhirnya melahirkan musik dangdut tidak terlepas dari sumbangsih para pedagang Arab dan India kala itu. Selain datang dengan tujuan berdagang, mereka juga sambil menyebarkan agama dan kebudayaan, termasuk musik.

averoslubis.wordpress.co

Unsur Arab dan India sangat kental di era musik dangdut awal, jika kita mendengarkan lagu-lagu dangdut dari M. Hasbi, Idda Laila, Said Efendi, Ellya Kadam, dan Husein Bawafie, unsur India dan Arab sangat terasa, seperti pada lagu Boneka India, Bunga Seroja, dan Ratapan anak tiri merupakan lagu dangdut era awal yang kental unsur India dan Arabnya.

Pada saat ini gitar listrik belum mempengaruhi musik dangdut, hal ini tidak terlepas dari sikap politik Indonesia pada waktu itu, khususnya Soekarno yang secara terang-terangan tidak menyukai musik Barat. Bahkan dirinya menyebut musik barat dengan gitar listriknya sebagai musik ngak-ngek-ngok. Gitar listrik mulai masuk ke dangdut setelah Rhoma Irama memadukan musik Pop rock kedalam dangdut pada tahun 70an.

bangmu2-mp3.blogspot.com

Lagu-lagu yang dihasilkan Rhoma Irama dengan memadukan unsur pop rock kedalam musik dangdut pun terdengar lebih energik dan lebih berwarna. Meskipun tidak menghilangkan unsur melayu dengan cengkoknya yang khas.

Pro kontra dalam dunia dangdut yang mengiri perjalanannya

Pro dan kontra kerap terjadi di dunia dangdut, kejadian yang paling menghebohkan ialah saat munculnya penyanyi asal Jawa Timur Inul Daratista dengan goyangan ngebornya. Kemunculan Inul sempat membuat dunia dangdut terpecah menjadi dua golongan. Antara yang pro dengan goyangan eksotis dan yang kontra dengan hal tersebut.

mojok.co

Golongan yang kontra termasuk di dalamnya ialah “Raja Dangdut” Rhoma Irama, bahkan karena ketidaksetujuannya dia terhadap apa yang dilakukan Inul, Rhoma sempat mengatakan jika musik dangdut saat itu sudah terjerumus kedalam comberan. Namun bagi yang pro dengan goyangan Inul, menganggapnya sebagai seni dan bumbu dalam dunia dangdut.

Tidak hanya dikalangan musisi dangdut, kegaduhan di dunia dangdut waktu itu juga melibatkan para ulama kita. Sama halnya dengan para musisi, para ulama juga terbelah menjadi dua golongan. Golongan yang termasuk pro terhadap Inul ialah Gus Mus dan Gus Dur. Baik yang pro maupun yang kontra tentu memiliki alasan sendiri.

backstage.tnp.sg

Namun dibalik kehebohan kasus goyang Inul kala itu, ternyata hal tersebut berhasil mendongkrak dunia dangdut dan Inul Daratista sendiri. Tidak butuh lama nama Inul berada di jajaran artis papan atas Ibu kota, sedangkan dangdut mulai diperhitungkan dari berbagai golongan, baik politisi dengan menggunakan dangdut sebagai hiburan kampanye, para ulama, sampai golongan masyarakat menengah keatas mulai melirik dangdut, dan image dangdut sebagai musik kampungan golongan orang pinggiran mulai redup.

Dangdut music is my country yang disukai Negeri tetangga

Musik dangdut semakin medapatkan tenpat tersendiri bagi masyarakat Indonesia dari berbagai macam golongan, terlebih dengan adanya acara televisi yang bertemakan dangdut. Acara kuis Dangdut di Televisi Pendidikan Indonesia (TPI) saat itu menjadi batu loncatan dangdut mulai dekat dengan masyarakat.

sumutpos.co

Setelah acara kuis dangdut yang dibawakan Jaja Miharja mendapatkan respon yang positif dari masyarakat, acara yang bertemakan dangdut pun mulai ramai di layar televisi. Sampai saat ini beberapa stasiun televisi masih setia menayangkan acara dangdut. Bahkan salah satu acara ajang pencarian bakat artis dangdut kini berskala internasional.

lintas.co.id

Peserta dari acara pencarian bakat artis dangdut tersebut tidak hanya dari orang Indonesia, melainkan juga dari Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam. Hal tersebut menunjukkan jika dangdut kini berhasil menembus semua golongan, ras dan suku. Berhasil membuat negeri tetangga menyukainya dan menginginkan belajar mempelajari musik dangdut.

dailymotion.com

Terlepas dari pro dan kontra, image jika dangdut merupakan musik kampungan dan ndeso, kita seharusnya perlu bangga jika budaya kita berhasil mendapatkan tempat di hati masyarakat internasional.

95
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penikmat Dunia, Perindu Surga,