Labuan Cermin, Danau “Ajaib” yang Memiliki Dua Rasa. Jernihnya Bikin Ingin Cepat Kesana!

Yuk piknik kesana!

Bicara tentang wisata alam, sepertinya kamu tak perlu pergi ke luar negeri jika hanya untuk mencari keindahan. Indonesia punya sejuta pemandangan yang tak boleh kamu lewatkan, pun disajikan dalam berbagai destinasi luar biasa mengagumkan. Salah satunya berada di Pulau Kalimantan, yaitu danau “ajaib” yang memiliki dua rasa serta keindahan bak cermin dari surga.

Danau Labuan Cermin (Tempat Wisata di Indonesia dan Dunia – Blogger.com)

Tempat “ajaib” ini biasa disebut dengan Labuan Cermin. Danau yang terletak di Desa Labuan Kelambu di Kecamatan Biduk-biduk Kalimantan Timur ini memiliki air yang begitu jernih sehingga pengunjung bisa melihat dasarnya yang berupa pasir laut nan indah. Lalu mengapa namanya Labuan Cermin?

Nama tersebut diberikan bukan tanpa alasan. Air di Labuan Cermin memiliki lapisan yang bisa memantulkan cahaya matahari. Hal tersebut terjadi karena air danau itu memiliki rasa asin di permukaan, sementara air di dasar akan terasa tawar. Dua jenis air inilah yang membuat danau memiliki sebuah lapisan pemisah sehingga air dapat memantulkan cahaya. Jika dilihat sepintas danau ini seperti dangkal, padahal kedalaman sesungguhnya mencapai 4-5 meter.

Danau Labuan Cermin (batasnegeri.com)

Selain airnya yang luar biasa jernih, pemandangan sekitar juga tak kalah menarik. Deretan pepohonan rimbun, udara sejuk, hingga suara kicauan burung membuat suasana terasa sangat damai. Cocok banget untuk kamu yang ingin melarikan diri dari penatnya pekerjaan dan hiruk pikuk perkotaan.

Saat berada di danau ini, kamu bisa berenang, snorkeling, hingga menyelam. Ada beberapa ikan yang bisa dilihat, ada yang di dekat permukaan ada juga yang di dasar danau. Rasa air yang berbeda menyebabkan ikan-ikan tersebut terpisah. Hal tersebut dapat mempermudah kamu untuk membedakan jenis ikan air tawar dan ikan air laut.

Perahu akses ke Labuan Cermin (embunpagitours.com)

Karena berada di kawasan lindung, danau ini sangat terjaga kelestariannya. Bagi yang ingin sekedar bermain air dan bersantai ria di atas ban, disana tersedia penyewaan ban dalam bahkan perahu air yang memiliki kaca transparan di bawahnya. Kalau hanya ingin bersantai di tepian danau juga bisa.

Untuk mencapai ke tempat “ajaib” ini pengunjung diharuskan menempuh perjalanan darat sekitar 6 sampai 7 jam dari ibukota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb, Kalimantan Timur. Kemudian pengunjung harus menyewa kapal dari dermaga dengan harga sewa kapal 200.000 untuk perjalanan pulang-pergi. Untuk mendapatkan harga yang lebih murah, disarankan datang dengan rombongan.

Danau Labuan Cermin (ksmtour.com)

Bagi yang ingin menginap, banyak penginapan yang bisa ditemui di sekitar Biduk-biduk dengan harga yang beragam, mulai dari seratus ribu hingga tiga ratus ribu per malamnya. Tapi kalau ingin hemat, menginap saja di rumah-rumah warga. Disana juga ada warung-warung yang menyediakan makanan untuk kamu yang lapar setelah berenang.

Tertarik mengunjungi? Piknik lah agar kamu tau kalau negara tercinta ini memiliki aset wisata yang sangat berharga dan tak ada tandingannya.

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *