Mau Bikin Kegiatan Sekolah Tapi Kepentok Masalah Dana? Cari Tambahan Dengan 4 Cara Ini

Jika langkahmu bikin acara seru kesandung masalah dana, atasi dengan beberapa cara berikut ini

Saat menjelang liburan panjang, kebanyakan sekolah mengadakan acara-acara tahunan seperti lomba dan kegiatan seru lainnya. Karena untuk sekolah setingkat SMA sudah ada organisasi siswanya sendiri, biasanya kepanitiaan diserahkan pada siswanya. Mulai dari persiapan hingga saat pelaksanaan sebagian besar dilakukan oleh panitia dari OSIS dan kelompok lainnya. Karena itu adalah kegiatan bersama, tentu saja pihak sekolah juga ikut bertanggung jawab untuk urusan pendanaan kegiatan. Namun sayangnya, dana yang cair jauh di bawah dana yang diajukan karena berbagai sebab.

Biaya adalah bahan bakar untuk jalannya kegiatan, tanpa dana yang mencukupi, impianmu untuk membuat kegiatan spektakuler bisa saja menemui kendala. Bukannya tidak bisa, namun sulit dilakukan. Tapi jangan putus asa dulu, kamu masih bisa mengusahakan untuk mendapat dana tambahan. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan misalnya dengan menjual barang-barang bekas yang sudah tidak dipakai. Selain itu, masih ada beberapa cara lain kok. Sehingga kesempatanmu untuk mendulang dana dalam jumlah besar bisa makin lebar. Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Jual Barang Bekas

Cara ini mudah dilakukan meski juga membutuhkan tenaga yang ekstra. Kamu pasti punya dong barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai. Misalnya baju, sepatu dan lain sebagainya. Begitu juga dengan teman-temanmu. Kumpulkan mereka dan ajak untuk menghimpun barang bakas, kemudian menjualnya. Gunakan promosi yang mantap agar jualanmu lancar dan banyak mendatangkan keuntungan. Selain berjualan di depan sekolah, kamu bisa pergi ke pusat keramaian seperti pasar malam atau Car Free Day. Tentu di sana akan ada banyak calon pembeli, jangan ragu untuk mengeluarkan suara keras demi mempromosikan barang daganganmu itu.

Jualan barang bekas [via household-tips.thefuntimesguide.com]
Jualan barang bekas [via household-tips.thefuntimesguide.com]
Dengan cara itu kamu bisa menyita perhatian orang lain sehingga mereka tertarik untuk melihat-lihat barang-barang yang kamu jual. Sesuaikan juga harganya, karena yang kamu jual adalah barang bekas. Kamu bisa melakukan hal ini beberapa bulan sebelum acara. Jika beruntung, kamu akan mendapat dana tambahan hingga lebih dari satu juta rupiah. Jika kamu punya teman yang jago ngomong, manfaatkan saja dia untuk mempromosikan usahamu itu.

2. Kotak Sumbangan

Cara ini seringkali menjadi cara yang paling menggiurkan. Karena hanya berbekal sebuah kotak dana tambahan untuk kegiatan sekolahmu bisa mengalir begitu saja. Apalagi jika jumlah siswa di sekolahmu banyak, dalam beberapa hari saja kamu kekurangan dana yang bikin pusing bisa tertutupi. tapi kembali lagi pada diri masing-masing, karena yang namanya sumbangan kan seikhlasnya. Syukur kalau yang nyumbang banyak, nah kalau temanmu pelit-pelit  yang didapat paling juga nggak seberapa.

Sumbangan [via panjiirfan.wordpress.com]
Sumbangan [via panjiirfan.wordpress.com]
Itulah mengapa untuk masalah ini tugaskan saja pada koordinator yang paling cantik atau galak sesekolahan. Para siswa bakalan rajin-rajin tuh ngisi kotak sumbangan. Jangan lupa untuk mengedarkannya pada para guru. Muridnya aja nyumbang, masa gurunya enggak.

3. Jadi Penonton Bayaran

Jika kamu sering nonton acara-acara di TV pasti akrab dengan penonton di studio yang pekerjaannya tepuk tangan, bersorak, dan ketawa. Jangan dikira mereka melakukannya dengan suka-suka ya. Ternyata ada kompensasi tersendiri sebagai pengganti waktu dan tenaga, itulah mengapa mereka disebut sebagai penonton bayaran. Kamu bisa tuh mendaftarkan teman-teman panitiamu untuk menjadi penonton bayaran.

Penonton bayaran [via tempo.co]
Penonton bayaran [via tempo.co]
Pilihlah waktu saat hari libur, sehingga tidak mengganggu jadwal sekolah. Biasanya satu penonton bayaran akan mendapat imbalan sekitar Rp. 50 ribu hingga Rp.100 ribu, jika kamu dan teman-temanmu berjumlah 30 orang saja, dana yang terkumpul sudah lumayan kan?

4. Cuci Kendaraan Dadakan

Cuci Motor [via okekabarku.blogspot.com]
Cuci Motor [via okekabarku.blogspot.com]
Inilah usaha menarik dan bisa dilakukan meski kamu adalah seorang siswa. Karena tidak membutuhkan keahlian khusus. Berbekal air dan peralatan cuci motor seadanya, kamu bisa gotong royong dengan temanmu untuk membuka usaha cuci motor dadakan. Manfaatkan rumah teman yang tinggal di lingkungan yang strategis dan ramai dilalui kendaraan. Kamu bisa melakukannya sepulang sekolah atau saat hari libur.

Itulah beberapa cara  yang bisa kamu lakukan agar mendapat dana tambahan untuk kegiatan sekolahmu. Kamu nggak perlu khawatir, karena di mana ada usaha, di situ ada jalan.

 

Written by Titasya Anugraheni

Titasya Anugraheni

She's busy with her life goals: living life to the fullest. a sky lover, sunrise hunter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *