Benci Tubuh Sendiri dan Sederet Efek Ngeri dari Pelecehan Seksual pada Wanita

Mari bantu mereka untuk terus bertahan serta mendapatkan kembali identitas pribadi mereka yang positif

Efek negatif dari pelecehan seksual terhadap wanita benar-benar mengerikan. Salah satu yang mungkin belum diketahui semua orang namun penting adalah rasa malu dan jijik terhadap tubuh sendiri. Dan ini, berhubungan juga dengan adanya kecenderungan gangguan pola makan.

Pelecehan seksual pada wanita bisa mengakibatkan dampak yang mengerikan. | hellosehat.com

Pada awalnya, wanita yang mengalami pelecehan seksual akan merasa ketakutan, hancur, dan sangat takut untuk memberitahu orangtua atau orang terdekat. Mereka mudah menjadi cemas, sering sakit kepala, menarik diri dari keramaian, membatasi makanan, dan membatasi komunikasi.

Anoreksia dan bulimia

Gangguan makan yang paling umum bagi para korban adalah anoreksia dan bulimia. Anoreksia nervosa adalah gangguan perilaku makan yang ditandai dengan ketakutan berlebih pada berat badan, sehingga mereka membatasi asupan makanan dengan cara diet yang sangat ketat.

Sementara bulimia merupakan gangguan perilaku makan yang ditandai dengan episode berulang dari makan berlebihan atau biasa disebut dengan binge eating, dan kemudian diikuti dengan perilaku mengeluarkan lagi makanan yang sudah dikonsumsi.

Selain diet ketat, para korban pelecehan seksual juga berpotensi melakukan benge eating. | getthegloss.com

Selain kekurangan nutrisi, hal lain yang mengancam para penderita bulimia adalah pembengkakan kelenjar saliva. Kebiasaan mengeluarkan kembali makanan akan melukai kelenjar saliva di dalam rongga mulut, sehingga terlihat pembengkakan di sekitar wajah dan juga tenggorokan.

Mereka yang mengalami gangguan ini juga rentan terhadap osteoporosis alias pengeroposan tulang. Jika tulang tidak mendapatkan asupan kalsium yang cukup, kepadatan tulang akan mengalami penurunan.

Tubuh adalah sumber malapetaka

Para korban kekerasan dan pelecehan seksual meyakini bahwa tubuh mereka merupakan sumber malapetaka. Untuk itu, baik sadar atau tidak, perilaku buruk mulai terbentuk dan mereka akan membuat tubuh terlihat buruk dengan diet keras dan atau makan secara tidak teratur.

Tubuh adalah sumber malapetaka adalah mindset yang sering tertanam pada para korban pelecehan seksual. | precisionnutrition.com

Di Indonesia sendiri, kekerasan seksual umumnya terjadi di dalam lingkup keluarga, hubungan personal seperti masa pacaran, dan di lingkup komunitas atau orang yang tidak memiliki hubungan kekerabatan atau orang yang tidak dikenal.

Oleh sebab itu, menjadi sangat penting untuk meluruskan persepsi tentang pola hidup sehat dan mencintai tubuh sendiri, agar banyak wanita dewasa dan gadis-gadis muda korban pelecehan seksual yang mampu bertahan serta mendapatkan kembali identitas pribadi mereka yang positif.

Setuju?

Tulis Komentarmu

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

Usia 25 Tahun Adalah Saat Dimana Kamu Harus Membuat Pilihan Sembarangan

Hubungan yang Nyaman Dimulai dari Pertemanan yang Menyenangkan