Agar Tidak Menyesal, Ini Dampak Mengerikan Operasi Plastik Meski Bisa Tambah Cantik

Hmmm,,, boleh sih berusaha untuk cantik. Tapi harus ingat dampaknya juga kan~

Di era modern seperti ini, banyak orang yang ingin melakukan perubahan dengan cara instan. Termasuk dalam persoalan kecantikan. Tidak sedikit orang yang rela merogoh kocek dalam-dalam agar tampil lebih cantik dalam waktu cepat.

Dampak Bahaya operasi plastik (acehimage.com)

Salah satu trend yang sedang menjamur di kalangan kaum hawa, ialah melakukan operasi plastik agar bentuk tubuh dan wajahnya terlihat lebih sempurna. Meskipun proses ini melalui penanganan medis yang cukup canggih, namun tidak menutup kemungkinan operasi plastik bisa menyebabkan dampak yang mengerikan.

Berikut ini efek yang bisa ditimbulkan dari operasi plastik yang bikin kamu berfikir dua kali jika mau melakukannya.

Resiko bedah pada beberapa organ tubuh

Merubah sesuatu yang alami menjadi bentuk buatan adalah tindakan yang berbahaya. Banyak resiko yang bisa menimpa, termasuk kerusakan pada beberapa organ tubuh manusia.

Dampak mengerikan operasi plastik (youtube.com)

Sebagaimana dilansir dalam laman lifehack.org, operasi plastik dapat menyebabkan penyumbatan pembulu darah, merusak saraf dan pigmentasi kulit, serta terjadinya nekrosis kulit.

Tidak hanya pasca operasi, saat proses operasi juga ada banyak ancaman yang mengintai. Mulai dari resiko serangan jantung, renjat (shock), dan hal yang mematikan ialah gagal nafas.

Muncul rasa sakit dan nyeri yang amat terasa pasca operasi

Setelah melakukan operasi, saat proses penyembuhan, merupakan masa paling genting pada operasi plastik. Pada fase ini, pasien akan mengalami banyak rasa sakit luar biasa di beberapa organ tubuh.

Muncul rasa ngeri yang sangat terasa (akamaized.net)

Menurut para ahli, proses operasi plastik yang paling menyakitkan ialah operasi plastik membuanglemak di perut (Abdominoplasty), operasi pembesaran payudara (breast augmentation), dan operasi pembuangan lemak lainnya.

Rasa sakit terjadi karena adanya pemotongan otot, dan masuknya benda asing seperti silikon dalam tubuh manusia. Perubahan bentuk organ tubuh juga tidak kalah meninggalkan rasa sakit yang sangat teramat, seperti operasi memncungkan hidung.

Gangguan emosi pasca melakukan operasi

Dampak lainnya pada pasien operasi plastik ialah terjadinya gangguan emosi pasca melakukan operasi. Para ahli menyimpulkan, banyak pasien yang tidak cukup sekali melakukan operasi plastik.

Emosi tidak stabil (hellosehat.com)

Ia merasa selalu tidak sempurna sehingga mengalami “kecanduan” operasi. Kabar buruknya, saat hasil operasi tidak sesuai harapan, maka muncul gangguan emosi seperti mudah marah dan kondisi psikologi tidak stabil. Dalam dunia medis, gangguan emosi ini biasa disebut dengan istilah Body dysmorphic disorder.

Meninggalkan bekas luka dan memicu peradangan

Tubuh manusia di desain Tuhan dalam komposisi paling sempurna. Jika ia dibedah dan dijahit kembali, maka akan meninggalkan bekas luka. Meskipun kini ada teknologi penghilang bekas operasi, namun hal itu tidak terjadi 100%. Layaknya kertas putih yang pernah remas, maka sedikit banyak akan ada bekas lipatannya.

Meninggalkan bekas luka operasi (blogunik.com)

Selain menimbulkan bekas pada tubuh, operasi plastik juga dapat memicu peradangan. Kasus seperti ini banyak terjadi saat seseorang tidak bisa menjaga bekas jahitan secara benar. Yang terjadi ialah bekas operasi mengalami infeksi dan peradangan yang bisa mengancam nyawa pasien.

Operasi sedot lemak paling rawan terjadinya kematian

Meskipun segala jenis operasi plastik memiliki resiko yang cukup serius, namun nampaknya operasi sedot lemak merupakan proses paling beresiko dalam tindakan ini. Saat operasi sedot lemak, tim medis tidak hanya akan menyedot lemak tubuh, namun darah juga sedikit banyak harus ikut keluar.

Bahaya operasi sedot lemak (shutterstock.com)

Menurut American Society of Plastic Surgeons, operasi penyedotan lemak hanya boleh dilakukan maskimal 6 pons. Jika lebih dari itu, maka tubuh pasien akan mengalami dehidrasi parah yang menyebabkan kekurangan cairan dan darah menuju otak dan jantung. Pada kondisi seperti ini, pasien bisa mengalami shock yang menyebabkan kematian mendadak.

Hmmm… Bagaimana, ngeri juga kan dampak dari operasi plastik. Ingat, wajah dan tubuhmu merupakan karunia Tuhan terindah, rawat dan jagalah dengan baik sebagai bentuk menysukurinya.

 

Written by Aulawi (Aw)

Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *