Luar Biasa, Inilah Daftar Tarif Endorsement Artis Indonesia. Ada yang Sampai Rp 20 Juta!

Pantesan artis pada kaya-kaya yah meski kita jarang lihat dia main film atau sinetron

Ada banyak alasan seseorang ingin menjadi artis atau selebritis. Selain terkenal dan banyak duit dari hasil tampil on-air atau off air, menjadi artis juga membuat kita kerap mendapat endorsement produk dari berbagai klien, mulai dari yang kelas kakap hingga kelas online shop rumahan.

Baca juga : Bukannya Sombong, Tapi Pamer Momen Pernikahan di Sosmed Itu Perlu Lho

Para klien tersebut meyakini bahwa meng-endorse artis jauh lebih murah daripada beriklan di televisi ataupun media lainnya. Itulah sebabnya kerjasama mutualis bernama endorse ini laris-manis. Si klien dapat untung dari promosi yang gencar artis endorse-nya, dan si artis pun bisa dapat produk gratis di luar bayarannya. Omong-omong, berapa sih tarif untuk meng-endorse para artis di Indonesia?

Tergantung dari seberapa terkenal artis tersebut

Dalam memilih artis yang akan di-endorse, biasanya calon klien akan menentukan sejumlah parameter. Misalkan saja dari tingkat eksistensi si artis di media sosial, jumlah followers si artis di media sosial, hingga seberapa besar artis tersebut punya pengaruh untuk membentuk opini terhadap proiduk yang akan ditawarkan.

Makin ngetop, makin mahal pula tarif endorse artis (diarysivika.com)

Setelah menentukan itu semua, calon klien tinggal menyiapkan dana yang diperlukan untuk membayar artis tersebut dalam mengiklankan produknya. Besarannya tentu berbeda-beda, tergantung dari seberapa terkenal artis tersebut. Maka jangan samakan tarif endorse Nagita Slavina dengan Eli Sugigi, karena sudah pasti tarif Nagita bakal jauh lebih mahal.

Ada yang mencapai Rp 20 juta sekali endorse

berdasarkan bocoran yang diberikan oleh akun Instagram @thereal_jenk_kelin, ada sejumlah nama besar di dunia selebriti yang mematok harga fantastis untuk sekali endorse. Dari beberapa nama yang disebutkan, tarif rata-rata untuk meng-endorse seorang artis adalah sekitar Rp 9 juta sampai Rp 20 juta. Luar biasa!

Ini adalah beberapa daftar nama artis beserta tarif endorse-nya (instagram)

Nama-nama seperti Ria Ricis, Oki Setyana Dewi serta Nycta Gina mematok Rp 9 juta untuk sekali endorsement. Jangka waktunya pun berbeda-beda. Jika Ria dan Oki selama sebulan, tarif Rp 9 juta untuk meng-endorse Gina hanya berlaku selama 2 minggu. Olla Ramlan adalah salah seorang artis yang mematok bayaran tinggi untuk endorsement. Ia diketahui menagih bayaran Rp 20 juta untuk jangka waktu sebulan endorse. Wow!

Followers sedikit dan ketenarannya nanggung tapi minta tarif mahal? Siap-siap di bully netizen

Dari sejumlah nama yang ada dalam daftar di atas, ada juga nama-nama lain yang karier keartisannya sebenarnya tidak terlalu terdengar, followers-nya kalah banyak, tapi berani meminta tarif mahal untuk sekali endorse. Salah satunya adalah Rey Utami. Rasanya kita jarang mengetahui kiprah Rey selain kehebohan pernikahannya dengan Pablo Benua yang belakangan ketahuan terlibat investasi bodong.

Rey Utami dinilai terlalu mahal dalam mematok tarif (instagram)

Meski ‘hanya’ dikenal sebagai presenter olahraga, Rey berani memasang tarif tinggi jika ada orang yang meminta ia menjadi endorsee. Sebagai contoh, Rey diketahui pernah meminta bayaran Rp 1,5 juta untuk biaya endorse sebuah produk tas non-branded. Sontak tarif ini memancing kehebohan karena dinilai terlalu mahal. Apalagi, followers akun Instagram Rey dinilai tak sebanding dengan mahalnya tarif endorse.

Endorsement memang menggiurkan. Namun pihak artis juga sebaiknya tahu diri dalam menilai kapasitasnya sendiri. Bagaimanapun juga, endorsement adalah bisnis yang sifatnya mutualisme alias menguntungkan keduanya. Bukan begitu?

Bagaimana Menurutmu?

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Jeans yang Jarang Dicuci Justru Makin Oke, Mitos Atau Fakta?

Jadi Ini Lho Alasannya Kenapa Bintik Hitam di Badan Dinamai “Tahi Lalat”