Daftar Band Indie Indonesia Paling Ngetop, Kamu Salah Satu Fansnya?

Apakah band indie favoritmu salah satunya?

Berbicara tentang musik, kamu tentu tidak asing dengan istilah band indie. Band indie kalau gampangannya ialah band yang eksistensinya berdiri sendiri, jadi band indie tidak melalui perusahaan label atau perusahaan rekaman ternama untuk mengorbitkan nama bandnya. Selain itu, band indie juga secara bebas menentukan jenis musiknya sendiri tanpa harus mengikuti trend pasar. Sebab biasanya band indie sudah memiliki pasar sendiri meskipun hanya kalangan tertentu. Jadi ingat yah, band indie itu bukan nama jenis genre musik, melainkan gerakan pola kerja band tersebut.

Nah, jika kamu sudah tahu apa itu band indie, saat ini perkembangan band indie di belatara musik tanah air spertinya sudah mendapatkan tempat di kalangan masyarakat. Bakan beberapa diantaranya tidak kalah bersaing dengan band label tenamaan. Lalu band indie apa saja yang paling populer? Inilah beberapa diantaranya.

1. Naif

Grup band yang masuk ke dalam daftar band indie Indonesia yang paling populer ialah Naiff. tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan nama band yang satu ini. Band yang dkomandani oleh “David” Bayu Danang Jaya (Vocal) ini lebih memilih menjadi band indie dibandingkan melalui major label. Naif yang resmi berdiri pada tahun 22 Oktober 1995 lebih memilih pindah ke jalur indie dikarenakan band yang mengusung ema retro ini lebih ingin mengekspresikan karyanya sesuai potensi mereka.

Daftar Band Indie Indonesia
i.ytimg.com

2. Superman Is Dead

Band yang satu ini populer dengan lagunya yang berjudul “Sunset di tanah anarki”, lagu fenomenal yang beberapa kali dipindah jeniskan menjadi lagu dangdut koplo.  Band SID sendiri merupakan salah satu band yang masih tetap idealis dengan alirannya meskipun tidak sesuai dengan trend pasar musik Indonesia.

Daftar Band Indie Indonesia
5berita.com

Namun meskipun SID tidak mengikuti trend pasar, ia berhasil memiliki “pasar sendiri” di kancah musik Indonesia. Bahkan penampilannya selalu ditunggu-tunggu oleh penggemarnya. Tidak cukup disitu, keberhasilan band asal Pulau Bali ini juga dibuktikan dengan melakukan tour ke negara besar seperti Amerika pada tahun 2009 lalu.

3. Killing Me Inside

Salah satu band indie yang berhasil menembus pasar musik Indonesia ialah Killing Me Inside. Band yang dibentuk pada tahun 2006 di Jakarta ini mengusung genre musik modern rock. Selain memiliki banyak penggemar di beberapa daerah di Indonesia Killing Me Inside juga kerap kali tampil di beberapa layar televisi sebagai bintang tamu.

Daftar Band Indie Indonesia
sadlyasharisaid.blogspot.co.id

4. Efek rumah kaca

Tidak mau kalah dari ketiga band indie sebelumnya, band indie yag satu ini juga terbilang sukses dengan jalur indienya. Efek rumah kaca atau sering disebut dengan ERK  merupakan salah satu and inide yang sukses di jalurnya, setidaknya band asal jakarta ini tidak hanya berhasil mendapatkan hati dari penggemar setianya, namun juga berhasil menyabet beberapa penghargaan di dunia musik Indonesia.

Daftar Band Indie Indonesia
baguskharismawan.wordpress.com

Penghargaan yang berhasil diraih EFK antar lain seperti penghargaan dari MTV Music Award 2008 dengan kategori The Best Cutting Edge, Rookie of The Year 2008 oleh Majalah Rolling Stone, dan masuk sebagai nominasi dalam penganugerahan AMI Aards pada tahun 2008.

5. Sore

Tidak begitu familiar di kancah musik tanah air, bukan berarti bad yang satu ini misin akan prestasi. Sore merupakan salah satu band asal Jakarta yang memilih jalur indie. Mungkin untuk di dalam negeri namanya tidak sefamiliar Killing Me inside, SID, ataupun ERK. Namun band yang beraliran jazz jadul dengan iringan khas santainya berhasil berprestasi di luar negeri.

Daftar Band Indie Indonesia
dennysakrie63.files.wordpress.com

Sore pernah medapatkan kesempatan tampil di Malaysia dan penampilannya memukau semua penonton disana, menjadikannya masuk ke dalam majalah TIME Asia sebagai salah satu dari 5 band di Asia yang lagunya layak dibeli.

6. The S.I.G.I.T

Band yang memiliki nama asli The Super Insurgent Group of Intemperance Talent  ini menorehkan prestasi sebagai salah satu band indie yang sukses tour di beberapa negara di Asia dan Australia. Bahkan pada tahun 2007 lalu, band ini pernah satu panggung dengan Dallas Crane yang menjadikan namanya sebagai Headline di beberapa surat kabar di Australia. Tidak hanya itu, THE S.I.G.I.T juga kerap kali tour Asia seperti Malaysia, Hongkong, Jepang, dan Singapura.

Daftar Band Indie Indonesia
proklamator.com

7. Discus

Namanya sangat asing dikalangan pecinta musik Indonesia, namun siapa sangka band indie yang satu ini berhasil mengepakkan sayapnya di musik internasional. Meskipun tidak sepopuler Green Day atau Nivana, namun Discus berhasil mendapatkan tempat di hati para pecinta musik jazz atau progres Amerika dan Eropa. Beberapa kali Discus manggung di dua benua besar tersebut. Band yang berdiri pada tahun 1996 ini pernah menjajakan aksinya di panggung musik di Jerman dan Swiss.

Daftar Band Indie Indonesia
Kitatv.com

8. The Trees and The Wild

Daftar band indie Indonesia populer yang selanjutnya ialah The Trees and he Wild. Mungkin masih asing yah ditelinga kamu, tapi band yang mengusung tema akusitik musik ini populer dikalangan masyarakat pecinta musik Singapura dan Malaysia. Setidaknya dua kali band indie ini anggung di Singapura dan Sekali manggung di panggung musik Malaysia.

Daftar Band Indie Indonesia
i.ytimg.com

9. Burgerkill

Kalau band yang satu ini mungkin sudah tidak asing ditelinga pecinta musik indie, khususnya mereka yang ada di kota Bandung. Burgerkill merupakan salah satu band indie terkenal di Indonesia yang berasal dari Bandung. Selain terkenal di Indonesia, Burgerkill juga sempat mencicipi panggung musik bergengsi luar negeri seperti di Australia, dan pernah menjadi band pembuka pada konser band metal dunia Mastodon.

Daftar Band Indie Indonesia
supermusic.id

10. Pandai besi

Daftar band indie Indonesia paling populer selanjutnya ialah band Pandai Besi, banyak yang beranggapan jika band ini merupaka metamorfosis dari band Efek Rumah Kaca, sebab beberapa personil ERK ada di dalam Pandai Besi. Namun ternyata tidak, band Pandai Besi merupakan band yang berdiri sendiri dan bukan metamorfosis dari ERK. Namun meskipun demikian, lagu-lagu yang dibawakan Pandai Besi merupakan lahu-lagu ERK yang diaranseme ulang. Jadi Pandai Besi Semacam grup band di dalam grup band, atau proyek dari ERK itu sendiri untuk menyegarkan kembali musiknya.

Daftar Band Indonesia
gigsplay.com

11. Mocca

Mocca bagi pecinta musik tanah air tentu sudah tidak asing lagi, band yang sering menyanyikan lagu santai ini memiliki banyak fans fanatik. Band ini sukses dibelantara musik Indonesia berawal dari grup band kampus di Bandung. Selain kerap kali manggung di tanah air, Mocca juga sering manggung di luar negeri seperti Malaysia dan Singapura.

Daftar Band Indie Indonesia
staging.soundrenaline.co.id

Itulah 11 daftar band indie Indonesia yang paling ngetop. Apakah band favoritmu masuk ke dalam lsit diatas? Jika tidak, kamu boleh loh mengusulkan band indie apalagi yang menurut kamu keren 😀

 

Written by Aulawi (Aw)

Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *