Cokelat Tempe: Oleh-oleh Unik dari Malang yang Paling Diburu Wisatawan

Coklat dicampur tempe? Ah, kamu bercanda~

Jika biasanya tempe identik dengan aneka lauk dan gorengan, kini tempe diolah dan jadi cemilan yang sangat berbeda. Coklat tempe, mungkin sebagian orang belum pernah mendengar tentang cemilan satu ini hingga terdengar sangat tidak lazim. Tapi bagi kamu yang sudah pernah berkunjung ke Malang, Jawa Timur, pasti setidaknya pernah mendengarnya sebagai oleh-oleh khas atau bahkan pernah mencobanya.

Coklat tempe merupakan salah satu produk industri rumahan di Malang yang menawarkan kelezatan coklat yang dipadu dengan kerenyahan tempe. Mungkin kamu bisa membayangkan ketika rasa manis coklat bertemu dengan gurih dan renyahnya nya tempe? Kira-kira seperti itulah rasa coklat tempe.

Coklat tempe de’Konco (baper bagi info – blogger)

Coklat unik ini pertama kali dicetuskan oleh Yoga Surya Pratama, seorang warga Sawojajar, kota Malang, yang sejak tahun 2011 mencoba membuat formula coklat tempe. Tujuannya sederhana, berbagai formula dipadukan agar rasa coklat tempe yang dibuatnya sesuai dengan lidah masyarakat Malang.

Ide membuat coklat tempe ini pertama kali didapatkan ketika ibunya membuat coklat rasa pedas pada 2011 silam. Ketika itu Yoga sadar, tidak semua orang suka dengan rasa pedas. Hingga akhirnya Yoga membuat coklat tempe dengan pertimbangan banyaknya olahan tempe yang ada di Malang.

Coklat tempe (netmedia.co.id)

Keterampilan Yoga dan ibunya ini tidak didapatkan dari kursus, melainkan hasil coba-coba namun tekun. Ketekunan ini kemudian membuahkan hasil olahan yang sesuai dan cocok dengan lidah masyarakat Malang khususnya.

Yoga juga menambahkan, dari proses coba-coba tersebut kegagalan pernah bahkan sering dialami. Setelah melakukan perbaikan-perbaikan dari setiap kegagalan, ketemulah resep yang cocok dan dijadikan patokan untuk produksi berikutnya.

Olahan coklat tempe (netmedia.co.id)

Kini hasil olahan Yoga ini sudah bisa ditemukan di toko-toko sekitar Malang dengan merk de’Konco. Ada lima varian rasa yang disuguhkan, antara lain milk, coklat, pedas, apel dan stroberi. Tak hanya isinya yang spesial, bungkusnya pun Indonesia banget dengan menampilkan tokoh-tokoh pewayangan yang unik seperti semar, Gareng, Petruk dan Bagong namun tetap menggunakan sentuhan modern.

Kalau kamu berminat membeli coklat ini sebagai oleh-oleh nggak usah khawatir tentang harga. Yoga mematok harga 8 ribu hingga 11 ribu rupiah untuk setiap batang coklat dengan rasa dan ukuran yang berbeda-beda.

Coklat tempe (instagram.com)

Cita rasa coklat ini terletak pada rahasia rasa bumbu tempe yang kuat. Rasa coklat yang beranekaragam ini kemudian akan semakin lezat ditambah kerenyahan tempe. Sementara rasa pedas akan seketika terasa dipadu dengan legit dan manisnya coklat. Apalagi proses makan coklat yang tidak dikunyah membuat rasa pedas ini semakin menjadi-jadi di mulut. Cocok banget dengan wisatawan pecinta pedas.

Tak hanya dijual di toko, kamu juga bisa menemukan coklat tempe di sosial media. Penasaran sama rasanya? Sama.

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Venustrapobhia, Penyakit yang Bisa Bikin Cowok Jomblo Menahun

Aplikasi Kencan Seiman, Solusi Buat Kamu yang Sudah Lelah Menjalin Hubungan Beda Agama