Kalau Kamu Tipe Orang yang Bisa Dipercaya, 5 Kebiasaan Ini Pasti Benar-Benar Kamu Suka

Hati-hati dengan nomor 5!

630
SHARES

Kalau kamu ditanya, “apa kamu orang yang bisa dipercaya?” atau “apa kamu bisa percaya dengan dirimu sendiri?” Apa jawabanmu? Apa kamu akan ragu menjawabnya, atau dengan yakin akan menjawab bahwa kamu adalah orang yang benar-benar bisa dipercaya?

Apa kamu adalah orang yang bisa dipercaya oleh orang lain maupun dirimu sendiri? – entrepreneur.com

Tentu, menjadi orang yang bisa dipercaya itu merupakan prestasi tersendiri. Namun untuk bisa menjadi orang seperti itu, bukanlah hal yang gampang karena diperlukan proses hidup yang panjang. Dan tidak perlu mengaku-aku, karena kalau kamu memang sudah menjadi orang yang bisa dipercaya, pasti kamu tidak akan pernah melupakan lima kebiasaan baik ini.

1. Tepat waktu

Bagaimana bisa kamu menjadi orang yang bisa dipercaya kalau datang terlambat masih menjadi kebiasaanmu? Kalau kamu memang mempunyai janji untuk bertemu seseorang, kamu pasti akan tiba sebelum waktu yang sudah ditentukan, bagaimana pun caranya.

Kamu tidak akan dipercaya kalau datang saja masih terlambat. – pexels.com

2. Jujur

Orang yang bisa dipercaya akan selalu bersikap jujur. Kamu akan mengatakan yang sejujurnya tentang dirimu, dan menunjukkan bahwa kamu memang mempunyai karakter yang baik. Dengan begitu, orang lain pun akan mengakui karaktermu itu kapan saja, di mana saja, dan dalam situasi apapun.

Ingat, orang yang bisa dipercaya akan selalu bersikap jujur. – playitsexy.com

3. Terbuka

Setiap kali melakukan kesalahan, kamu akan mengakuinya dan tidak malu untuk minta maaf. Kamu, tidak pernah berpikir untuk melemparkan kesalahan itu pada orang lain. Sikap terbuka dan adil seperti itu secara otomatis akan membuat orang lain selalu mempercayaimu.

Minta maaf setiap kali melakukan kesalahan adalah hobi orang yang bisa dipercaya. –  buzzkito.com

4. Berkomitmen kuat

Ketika kamu berkata akan melakukan sesuatu, maka kamu pasti akan melakukannya. Begitu juga ketika kamu membuat rencana dengan orang lain, kamu pasti akan melaksanakannya juga. Karena kalau kamu tidak bisa melakukan apa yang kamu katakan, bagaimana bisa kamu mendapat kepercayaan dari orang lain?

Kamu akan selalu melakukan apa yang sudah kamu katakan atau rencanakan dengan orang lain. – entrepreneur.com

5. Tidak menggosip

Mengapa? Karena membicarakan orang lain di belakang hanya akan membuatmu semakin tidak dipercaya. Dan ingat, semakin banyak kamu menggosipkan orang lain, maka kamu juga akan sering dibicarakan orang-orang di belakangmu. Kalau kamu memang bisa dipercaya, kamu tidak akan pernah mau melakukan kebiasaan buruk ini.

Kalau kamu memang bisa dipercaya, maka kamu tidak akan pernah mau menggosip. – postimg.org

Kalau kamu sudah mempunyai kelima kebiasaan di atas, kamu hebat. Namun kalau belum, ingatlah bahwa untuk menjadi orang baik itu membutuhkan proses yang tidak instan. Kamu pasti tidak akan langsung diakui sebagai orang yang bisa dipercaya hanya karena kamu berkata bisa dipercaya, kan?

Itulah mengapa, kamu harus terus berjuang untuk membuktikan bahwa kamu adalah orang yang benar-benar bisa dipercaya.

630
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."