Ciri-ciri Orang Sok Pintar yang Sebenarnya Hanya Orang Bodoh yang Ingin Menutupi Kebodohannya

Ngeselin sih punya temen yang sok pintar.

Diantara kamu mungkin ada yang memiliki teman yang lagaknya sok pintar. Kerap kali ia merasa paling tahu akan semua hal, kadang menjengkelkan memang memiliki teman semacam ini. Biasanya orang semacam ini bisa kita temui sering kita jumpai di beberapa lingkungan. Seperti lingkungan sekolah, organisasi, lingkungan teman bermain, ataupun lingkungan masyarakat.

Ciri-ciri orang pintar dan sok pintar (wajibbaca.com)

Nah mau tahu apa saja ciri-ciri orang yang sok pintar, padahal dia hanya orang bodoh yang ingin menutupi kebidihannya? Inilah ciri-cirinya yang berhasil dihimpun dari beberapa referensi.

Banyak bicara untuk menaikkan citra

Dahulu kita mungkin sering mendengar pepatah yang mengatakan “Tong kosong nyaring bunyinya”. Makna dari pepatah tersebut ialah orang yang banyak bicara biasanya orang yang kosong isi kepalanya (bodoh).

Ungkapan pepatah tersebut memang benar adanya. Biasanya orang bodoh yang berlagak sok pintar cenderung banyak berbual. Namun ada juga yang banyak bicara namun memang dia sebenanrnya pintar.

Orang yang isi kepalanya kosong cenderung banyak bicara (wawker.com)

Untuk membedakan mana yang orang bodoh yang banyak bicara dan orang yang pintar banyak bicara itu gampang. Biasanya orang bodoh berlagak pintar yang banyak bicara biasanya omongannya hanya bualan kosong. Bahkan kadang hanya pepesan kosong yang bisa dikatakan asal jeplak. Sedangkan orang yang pintar asli dan banyak bicara biasanya ia berbicara berdasarkan data, fakta, dan realitas. Jadi tidak asal jelpak saja.

Tidak mau mengaku jika dirinya tidak tahu dengan suatu hal

Orang bodoh yang berlagak sok pintar sangat tidak mau jika dirinya terlihat bodoh dimata orang lain. Untuk mensiasati hal tersebut, maka ia akan pura-pura tahu dengan segala hal. Padahal sebenarnya dia tidak tahu persisnya terhadap hal tersebut.

Mereka tidak mengakui jika mereka tidak tahu (celah4waktu.blogspot.co.id)

Inilah yang kadang membuat kita merasa sebel memiliki teman semacam ini. Ia akan merasa tahu dengan berbagai hal. Sebaliknya, orang yang asli kepintarannya akan mengakui jika dirinya tidak tahu denga sebuah persoalan jika memang dia tahu. Ia berharap atas ketidaktahuannya tersebut ada orang lain yang memberikan informasi baru kepadanya.

Meremehkan kemampuan orang lain dan merasa dirinya paling superior

Orang yang sok pintar selalu meremehkan dengan kemampuan orang lain. Padahal, jika dirinya disuruh melakukan hal yang ia remehkan ternyata belum tentu bisa melakukannya juga. Yah, kebanyakan ia meremehkan orang lain agar terkesan ia lebih mampu melakukannya.

Ciri orang sok pintar selalu meremehkan orang lain (wawker.com)

Berbeda dengan orang yang beneran pintar, ia akan selalu menghargai dan mengapresiasi kemampuan orang lain. Sebab ia tahu jika apa yang dilakukan orang lain merupakan upaya terbaik dari orang tersebut.

Sering menggunakan istilah yang ilmiah agar seakan-akan berwawasan luas

Orang model semacam ini tidak segan-segan menggunakan istilah ilmiah dalam obrolannya sehari-hari. Hal ini dilakukannya agar ia terkesan berwawasan luas dan lebih terlihat intelektual. Padahal tidak jarang dia sendiri tidak tahu persis istilah ilmiah yang dia gunakan.

sering menggunakan bahasa ilmiah yang belum tentu tahu artinya (greatwaytolife.blogspot.co.id)

Mungkin kita masih ingat dengan kasusnya Vicky Prasetyo, mantan tunangan dari Zaskia gotik. Ia kerap kali menggunakan bahasa asing dan bahasa ilmiah guna menunjukan keintelektualannya, padahal bahasa yang ia gunakan tidak tepat dan terdengar lucu.

Suka mengkritik orang lain tanpa memberikan solusi

Ciri orang yang sok pintar selanjutnya ialah dia hobi mengkritik orang lain, tanpa memberikan solusi yang konkret. Bisa jadi semua yang dia lihat ia kritik, mulai dari kebijakan pemerintah sampai penampilan teman ia kritiki. Namun saat ditanya soal solusi ia akan kebingungan menjawabnya.

Suka mengkritik tanpa memberikan solusi (soloposfm.com)

Jika orang tersebut beneran orang pintar, maka kritikan akan dibarengi dengan sebuah solusi yang konkret. Jadi tujuan ia mengkritik bukan untuk menjatuhkan, melainkan memperbaiki dan membangun pihak yang dikritik melalui solusi konkret yang ia tawarkan.

Enggan menerima pandangan orang lain, meskipun itu sebenanya hal yang benar

Merasa paling benar meskipun sebenarnya salah, dan suka menyalahkan meskipun itu hal yang sudah benar. Inilah ciri orang sok pintar yang selanjutnya, ia kerap menolak pandangan orang lain yang berbeda dengannya. Meskipun sebenarnya pandangan orang lain tersebut memang benar.

enggan mendengar pandangan orang lain (cdn.michaelgeist.ca)

Namun jika orang yang beneran pintar, dia tidak segan-segan meminta pandangan dari orang lain. Sebab hal itu akan membuka pengetahuan baru baginya, sebab mereka yakin pengetahuan itu datang dari siapa saja.

Suka berdebat dengan hal-hal kecil

Kamu pernah memiliki teman yang suka mendebatkan hal-hal kecil? Semisal saja ia selalu mendebatkan persoalan sepatu Presiden Jokowi, mendebatkan penampilan kamu yang menurutnya kurang serasi? Bisa jadi temanmu itu memang sok pintar.

Suka berdebat mengenai hal-hal kecil (selipan.com)

Orang semacam ini selalu mempersoalkan hal yang tidak substansi. Kenapa? Karena memang kemampuan dia hanya bisa membahas hal-hal yang sepele. Jika diajak berdiskusi hal substansial, mereka akan berkelit.

Itulah beberapa ciri orang yang sok pintar yang berhasil dihimpun dari beberapa refrensi. Bagaimana pendapatmu menghadapi orang semacam ini?

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Penikmat Dunia, Perindu Surga,

Kalau Kamu Mengira 10 Merek Ini Berasal dari Luar Negeri, Maka Kamu Menganggap Remeh Indonesia!

4 Profesi Paling Menggiurkan yang Sayangnya, Rawan Godaan Perselingkuhan