Soal Cinta Pada Pandangan Pertama, Fakta Atau Hanya Gombalan Semata?

Yakin kamu pernah jatuh cinta pada pandangan pertama?

Banyak orang yang yang mengaku telah jatuh cinta pada pandangan pertama, dalih cinta datang dari mata turun ke hati menjadi alasan penguat bagi mereka yang mengaku telah jatuh cinta sejak pandangan pertama. Lalu apakah benar orang bisa jatuh cinta hanya pada pandangan pertama? Atau jatuh cinta pada pandangan pertama cuma gombalan semata?

Baca juga : 5 Perbedaan Antara Pria dan Wanita dalam Urusan Cinta

Mencintai tidak semudah hanya pada pandangan pertama (amazonaws.com)

Proses perjalanan jatuh cinta seseorang menurut ilmiah

Jika kita disuruh mendefinisikan cinta, kadang kita susah menemukan definisi yang paling tepat untuk mewakili rasa cinta, makanya banyak yang bilang jika cinta tidak bisa didefinisikan dengan kata-kata. Sepertinya hal itu ada benarnya juga, setiap orang bisa berbeda-beda mendefinisikan kata cinta.

Jatuh cinta butuh waktu untuk memastikannya (businessinsider.com)

Namun menurut beberapa ilmuan, perasaan cinta bisa didefinisikan versi mereka. Bagi mereka, rasa cinta merupakan rasa yang timbul dalam hati akibat meningkatnya hormon testosterone, estrogen, dopamine, dan norepinephrine yang bercampur aduk sehingga menimbulkan rasa emosi tertentu dalam hati. Perasaan inilah yang biasanya bikin hati senang, gemeteran, dan berbunga-bunga saat kita melihat atau berdekatan dengan orang yang kita suka.

Biasanya saat hormon testosterone, estrogen, dopamine, dan norepinephrine di dalam tubuh seseorang naik drastis, hal tersebut kemudian akan memberikan reaksi pada tubuh, dan menimbulkan perasaan bahagia pada orang yang sedang jatuh cinta. Lalu seberapa lama orang bisa dikatakan jatuh cinta? Apakah cukup dengan pandangan pertama?

Untuk jatuh cinta kita butuh kenyamanan (paper4pc.com)

Jika cinta merupakan emosi positif di dalam tubuh akibat proses biokimia yang terjadi di tubuh kita, maka jatuh cinta tidak bisa terjadi begitu saja hanya dalam pandangan pertama. Sebab, proses reaksi hormon yang terjadi di dalam tubuh kita memerlukan beberapa waktu untuk mengirim ke otak, direkam dan diolah otak, kemudian hormon baru akan bereaksi dan mengirimkan rasa bahagia dan berbunga-bunga ke dalam hati.

Membedakan antara rasa suka dan rasa jatuh cinta.

Jika ada yang mengatakan ia jatuh cinta padamu pada pandangan pertama, sepertinya kamu jangan langsung percaya dulu. Meskipun saat pandangan pertama ia langsung merasakan berbunga-bunga dan bahagia, namun bisa jadi itu hanya sekedar rasa suka. Seperti halnya saat kita pertama kali melihat pemandangan yang menakjubkan dari puncak gunung. Perasaan kita akan bahagia dan berbunga-bunga, hal itu buka karena kita jatuh cinta, namun karena kita senang melihat keindahan yang menakjubkan. Saat kita merasa senang tersebut dan ingin merasakannya kembali, itu baru fase suka.

Jika rasa itu datang pada pandangan pertama, kemungkinan itu baru sekedar suka (storyboardwedding.com)

Untuk sampai pada fase jatuh cinta yang sebenarnya, otak kita butuh kenyamanan, kecocokan dan kebahagiaan bersama orang tersebut. Untuk mendapatkan tiga hal itu tentu kita tidak bisa hanya lewat pandangan pertama, kita butuh waktu untuk memastikan jika kita bisa nyaman, cocok, dan bahagia saat bersamanya. Sebab jika ketiga komponen tersebut sudah ada, maka kita akan merasa nyambung dengannya dan cinta akan hadir pada sendirinya.

Jadi, bisakah jatuh cinta pada pandangan pertama? Atau itu hanya gombalan semata?

Nah, jika kita sudah mengetahui jika cinta membutuhkan rasa nyaman, cocok, dan bahagia, maka kita bisa menyimpulkan jika untuk jatuh cinta kita butuh waktu. Tidak mungkin kita bisa mengatakan sudah merasa nyaman, cocok, dan bahagia hanya melalui pandangan pertama. Justru, otak kita akan merasa asing dengan orang yang baru kita lihat, dan butuh waktu untuk bisa meyakinkan “hal asing” tersebut kepada otak.

Jika ada yang mengatakan telah jatuh cinta pada pandangan oertama, percayalah itu hanya gombalan belaka (huffpost.com)

Jadi, jika ada cowok yang mengatakan ia telah jatuh cinta kepada cewek itu hanya ada kemungkinan. Kemungkinan yang pertama ia belum bisa membedakan anatara rasa suka dan rasa cinta, dan kemungkinan kedua itu hanya gombalan buaya yang sedang mencari mangsa. Biasanya dalam persoalan cinta ada tiga fase, yaitu suka, cinta dan sayang. Untuk rasa yang hadir pada pandangan pertama, itu baru suka.

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Penikmat Dunia, Perindu Surga,

Soal Perilaku, Geng Motor Indonesia dan Amerika Bagaikan Neraka dan Surga

Microlibrary, Perpustakaan Level Kelurahan di Bandung yang Kini Mendunia