Cewek yang Tinggal Sendiri, Pasti Merasakan dan Mengerti Tentang 5 Hal Ini

Tinggal sendiri tak selalu menyedihkan kok

Terkadang ada banyak sekali alasan dalam hidup yang mengharuskan seseorang tinggal sendirian. Sebut saja pekerjaan, pendidikan, dan hal lainnya yang memungkinkan kamu hidup jauh dari keluarga, jauh dari teman-teman dan tanah kelahiran. Apalagi bagi seorang cewek, hidup sendirian tidaklah mudah.

Cewek yang Tinggal Sendiri (Popsugar)

Namun berani mengambil keputusan untuk tinggal sendiri tandanya kamu cewek mandiri yang bisa mengurus diri dengan baik. Kamu juga tipe orang yang bisa diandalkan. Dibalik semua kelebihan tersebut ada beberapa hal yang hanya bisa dirasakan dan dimengerti oleh cewek yang tinggal sendiri. Apa kamu salah satunya?

Tanggungjawab dengan diri sendiri

Berani tinggal sendiri artinya kamu juga berani mengambil tanggungjawab atas dirimu sendiri. Dimulai dari gaya hidup, mengatur pola makan, menjaga kesehatan, keuangan, melakukan tugas dan kewajiban yang berhubungan dengan pekerjaan atau pendidikan, hingga masalah cucian. Semuanya kamu yang mengatur bagaimana kamu akan hidup.

Tanggungjawab dengan diri sendiri (mfirsthome.com)

Kamu merasa banyak sekali pekerjaan yang harus dilakukan. Dan lagi, hanya kamu yang bisa menyelesaikan semuanya tanpa bisa minta bantuan orang tua atau teman-teman. Meski berat tapi inilah ‘latihan’ bagimu agar menjadi orang yang mandiri.

Pola makan kamu yang mengatur

Ketika tinggal sendiri, kamu tak akan mendengar suara ibu yang menyuruhmu makan sembari berteriak dari dapur. Atau ibu yang sering menyuruhmu makan sayur dan buah lebih banyak daripada gorengan atau jajanan pinggir jalan. Di perantauan, kapan kamu makan, apa yang kamu makan semuanya tergantung padamu.

Pola makan kamu yang mengatur (manrepeller.com)

Tidak ada ibu yang mengingatkan atau menegur jika kamu jajan sembarangan. Bebas memang, tapi semua resiko kamu yang menanggung. Misalnya saja sakit karena lupa makan, batuk karena kebanyakan gorengan atau sakit perut karena kepedesan. Semua kamu yang menanggung.

Merasa kesepian

Meski kamu tipe introvert yang sangat mencintai ketenangan, perasaan kesepian pasti pernah datang sesekali ketika kamu tinggal sendiri. Awal mula sendirian sih rasanya menyenangkan. Merasakan ketenangan dan kedamaian yang menjadi bagian terbaik dalam kehidupan yang akan kamu jalani.

Merasa kesepian (pexels.com)

Namun terkadang kamu rindu tinggal bersama orang lain, terutama dengan keluarga. Rindu mendengar suara ayah dan ibu yang berbincang asik ketika kamu belajar. Tak ada yang salah dengan ini. Karena semua orang yang tinggal sendiri pasti pernah mengalami.

Mendapat kebebasan

Mungkin setelah beberapa lama tinggal sendirian kamu akan sadar bahwa, selama ini hanya sedikit kebebasan yang bisa kamu dapatkan. Nikmati kebebasan yang kamu dapatkan sekarang. Karena bisa jadi setelah menikah kamu tak akan mendapatkan kebebasan yang sama lagi. Kamu akan mendapat keluarga baru dan memiliki banyak tanggung jawab.

Mendapat kebebasan (greatist.com)

Tantang dirimu melakukan apapun yang belum pernah kamu lakukan. Belajar dan cari sebanyak mungkin pengalaman , mumpung kamu masih punya kebebasan sekarang. Namun ingat jangan artikan kebebasan sebagai kesempatan untuk melakukan hal-hal yang negatif apalagi bertentangan dengan norma hukum, agama, dan sosial.

Bisa memahami diri sendiri

Ketika kamu harus pindah dan beradaptasi dengan lingkungan baru, kamu diberikan kesempatan untuk lebih mengenal dan mengerti tentang diri sendiri. Apa saja yang kamu suka dan tidak suka, apa yang bisa dan tak bisa kamu lakukan, dan lain sebagainya. Kesempatan mengenal diri ini akan didapat ketika kamu tinggal sendiri.

Bisa memahami diri sendiri (Listovative)

Kamu dan dirimu tidak memiliki penghalang untuk saling mengenal. Tidak ada batasan berupa privasi atau lainnya. Kamu bisa mengenal dirimu lebih dalam dan tau apa saja potensi yang dimiliki sehingga lebih mudah untuk mengembangkannya.

Jadi, gimana rasanya tinggal sendiri? Menyenangkan atau malah menyedihkan? Coba deh tulis pengalaman kamu tinggal sendiri di kolom komentar.

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Pentingnya Mengajarkan Pengetahuan Seks ke Anak-Anak

Adakalanya Putus Cinta Merupakan Anugerah Tuhan Untuk Menunjukkan Jika Kita Bersama Orang yang Salah