Mungkin Karena Hewan Lebih Peka, Saat Ini Banyak Cewek Pilih Pelihara Kucing Daripada Cari Pacar!

Daripada dicuekin pacar mulu, mendingan pelihara kucing lucu aja~

Trend memelihara hewan peliharaan sedang naik daun dewasa ini. Bukan hanya sekedar hobi, memiliki hewan peliharaan seperti kucing juga konon menjadi alternatif untuk mengisi kesepian seseorang.

Trend Pelihara Kucing (Via youtube.com).

Uniknya, bukan hanya para jomblo yang menggunakan hewan peliharaan sebagai teman sehari-hari, mereka yang sudah punya pasangan juga menjadikan hewan peliharaan teman saat ia sedang kesepian. Lalu apa sih penyebabnya marak cewek lebih pilih kucing dibandingkan pacar?

Kucing lebih peka terhadap perasaan tuannya?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Moriah Galvan dan Jennifer Vonk dari Universitas Oakland di Kota Rochester, Negara Bagian Michigan, Amerika Serikat, menemukan fakta, jika kucing ternyata bisa memahami kondisi perasaan empunya.

Kucing peka terhadap perasaan tuannya (Via youtube.com).

Saat sang pemiliki sedang sedih, maka kucing tersebut akan meresponnya. Sebaliknya, jika si empunya sedang bahagia, maka kucing akan terlihat bahagia juga.

Penelitian ini menggunakan 12 jenis kucing yang berbeda sebagai sampelnya. Saat pemilik kucing sedang bahagia, si kucing meresponnya dengan mengeluarkan suara khas, menggesek-gesekkan badan ke empunya, atau duduk di pangkuan tuannya.

Kucing memahami jika tuannya sedang sedih (Via petsworld.in).

Sebaliknya, saat sang pemiliki sedang murung, sedih, atau kondisi mood buruk, kucing cenderung lebih jaga jarak, dan bersikap lebih hati-hati, dan lebih nurut.

Uniknya, penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Animal Cognition ini, menemukan fakta jika kucing melakukan hal demikian tidak hanya pada tuannya. Namun kucing juga memahami perasaan orang asing yang baru ia temui.

Kucing lebih enak diajak curhat (Via eatthis.com).

Lebih jauh, menurut Galvan dan Vonk, kucing memahami kondisi emosi manusia lebih baik dari perkiraan manusia. Kucing memahami kondisi mood manusia dari ekspresi wajahnya.

Hal inilah yang membuat terjadinya kedekatan emosional antara kucing dan pemiliknya. Kadang, meskipun si kucing tidak membalas curhatannya, si pemilik yang sudah terjalin emosinya dengan kucing akan lebih nyaman curhat dengannya.

Bagaimana dengan pria, apakah dia tidak sepeka kucing terhadap perasaan wanita?

Pada dasarnya, manusia merupakan mahluk paling sempurna. Ia diberi akal dan perasaan, inilah yang membedakannya dengan mahluk hidup lainnya. Seperti menurut Galvan dan Vonk, meskipun kucing tahu kondisi emosi manusia, tapi bukan berarti dia memiliki empati.

Meski tahu kondisi emosi tuannya, hal itu bukan berarti kucing memiliki empati (Via mnn.com).

Jadi, jika ditanya, lebih peka mana kucing dengan pria? Tentunya secara normatif lebih peka pria. Tapi, kadang kondisi menjadikan pria lebih cuek dibandingkan kucing. Entah karena kesibukannya, atau memang sudah karakternya cuek terhadap pasangan, jadi dia tidak lebih tahu perasaan pasangannya dari kucing milik kekasihnya.

Kadang kucing lebih dekat denganmu dibandingkan pasanganmu (fthmb.tqn.com)

Atas alasan ini, mungkin banyak cewek yang akhirnya lebih memilih berteman dengan kucing dibandingkan bermain cinta namun dicuekin, atau tidak dianggap kehadirannya. Trend mengurus kucing juga semakin tinggi di kalangan wanita Jepang yang dikenal enggan menjalin hubungan pacaran. Mungkin bagi mereka, kucing lebih perhatian daripada pria!

Written by Aulawi (Aw)

Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *