4 Hal yang Harus Dilakukan Cewek ketika Bekerja di Dunia Digital

Cewek kerja di bidang IT, kenapa enggak?

Emansipasi wanita saat ini juga merambah sampai ke dunia digital. Di era globalisasi seperti sekarang, tak hanya cowok yang menggeluti profesi di bidang digital atau teknologi, tapi juga para cewek. Dengan semangat yang tak kalah dari kaum Adam, mereka mampu bersaing dan membuktikan diri bahwa pemikiran dan kerja keras dari siapapun, entah laki-laki atau perempuan pasti akan membuahkan hasil. Terbukti ada beberapa wanita hebat yang ada di balik perusahaan-perusahaan teknologi besar dunia. Sebut saja Kristine A. Snow yang menjabat sebagai pimpinan Cisco Capitol, Cindy Bates sebagai SMB VP Micosoft, hingga Kim Stevenson yang pernah berada di posisi CIO di perusahaan Intel.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Biro Statistik di Amerika menunjukkan fakta bahwa lulusan perguruan tinggi cewek masih lebih banyak dari cowok, namun hanya sebagian kecil dari cewek yang memutuskan untuk terjun ke bidang digital dan mendalami berbagai teknologinya. Karena para cowok masih mendominasi bidang itu, maka ada tantangan tersendiri bagi para Srikandi digital yang ingin unjuk kemampuannya. Jika kamu adalah salah satu yang tertarik menjadi seperti Kristine atau Kim Stevenson, maka kamu harus tahu beberapa strategi khusus agar usaha kerasmu berjalan mulus dan kamu bisa segera melejitkan karir. Nggak sabar ingin tahu apa yang harus kamu lakukan? Simak informasi di bawah ini ya.

1. Harus Update dan Melek Teknologi

Ada banyak cabang pekerjaan yang bisa kamu coba di dunia digital. Contohnya menjadi seorang digital planner yang bertugas menganalisis, merencanakan, hingga memetakan strategi untuk mengembangkan usaha, misalnya dengan menyediakan sistem informasi hingga analisis kebutuhan. Kamu nggak perlu khawatir merasa jenuh dengan pekerjaan tersebut karena setiap waktu pasti akan ada hal baru yang bisa kamu pelajari untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlianmu.

Melek teknologi [via harianterbit.com]
Melek teknologi [via harianterbit.com]
Kepekaan terhadap teknologi baru harus kamu kuasai, artinya kamu harus update dengan segala informasi baru, karena kamu bekerja di bidang digital, otomatis tren terbaru yang bisa berganti hampir setiap hari akan berpengaruh pada kebutuhan perusahaan atau klien. Jika kamu tidak update dan melek teknologi, kamu akan tertinggal dan kalah saing dengan ahli-ahli lainnya.

2. Berpikiran Terbuka

Update saja nggak cukup, karena informasi baru yang kamu dapatkan bisa benar, bisa juga salah karena masih simpang siur. Bahkan ada yang menimbulkan kontroversi terkait manfaatnya untuk masyarakat luas. Untuk menghadapi hal tersebut kamu harus memiliki pemikiran yang lebih terbuka.

Berpikiran terbuka [via telegraph.co.uk]
Berpikiran terbuka [via telegraph.co.uk]
Jangan buru-buru mengambil kesimpulan, ada baiknya kamu melakukan analisis terlebih dahulu agar kamu bisa memastikan apakah informasi yang kemu dapatkan bisa berguna atau tidak. Karena sikap terlalu sembrono bisa beresiko dan merugikan dirimu sendiri.

3. Bisa Multitasking

Ada serentetan pekerjaan yang harus kamu hadapi jika kamu bekerja di bidang digital. Misalnya saja untuk bagian e-commerce yang bertugas memasarkan suatu produk. Dengan kemampuanmu, kamu dituntut untuk membuat sebuah konten tentang produk yang akan dipasarkan, mulai dari deskripsi produk hingga foto dan video, kemudian mengenalkannya pada para customer.

Multitasking [via apis.google.com]
Multitasking [via apis.google.com]
Tak berhenti sampai di situ saja, kamu masih harus memantau interaksi customer, transaksi hingga pelaporan. Jadi sudah jelas bahwa seorang pekerja digital harus mampu multitasking dan mengerjakan berbagai tugas.

4. Mampu Bersaing Dengan Cowok

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa dunia digital atau IT masih didominasi oleh cowok. Meski begitu, bukan berarti kamu para cewek harus minder, justru kamu harus berusaha membuktikan kemampuanmu. Ingat profesi di bidang digital bukan tentang siapa yang kuat atau tidak, tapi siapa yang tahu dan mengerti lebih dulu.

Mampu bersaing [via linkedin.com]
Mampu bersaing [via linkedin.com]
Jangan pernah ragu untuk terus belajar dan membuka wawasanmu tentang banyak hal termasuk jika itu adalah bidang di luar pekerjaanmu. Selama itu bermanfaat kenapa enggak?

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan cewek yang ingin bekerja di bidang digital. Cewek juga bisa bersaing dengan cowok, asal ada usaha keras dan perjuangan.

 

Written by Titasya Anugraheni

Titasya Anugraheni

She's busy with her life goals: living life to the fullest. a sky lover, sunrise hunter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *