Dari Mobil Presiden Mogok, Sampai Dimarahi Istri Ajudan, Inilah 5 Peristiwa Gokil ala Presiden

Masih ingat sama ikan kont*l anak SD di depan Presiden Jokowi?

Menjadi orang nomor satu di sebuah negara tidak menutup kemungkinan mengalami berbagai hal unik. Bahkan beberapa diantaranya dibilang cukup gokil, meskipun seorang Presiden dalam segala aspek sangat dijaga ketat dan mendapatkan perlakuan istimewa, namun layaknya manusia biasa Presiden juga pernah mengalami hal-hal yang cukup nyeleneh. Lalu apa saja kejadian gokil yang pernah dialami oleh beberapa Presiden Indonesia? Inilah 5 diantaranya.

1. Mobil kepresidenan mengalami mogok, Presiden pun ngojek

Beberapa hari terakhir netizen diramaikan dengan foto Presiden Joko Widodo yang menaiki ojek saat melakukan kunjungan ke daerah. Usut punya usut konon hal itu terpaksa dilakukan Presiden Jokowi karena saat itu mobil kepresidenan mengalami hal yang sangat jarang sekali terjadi, mogok di tengah jalan.

Karena mobil kepresidenan mogok, Jokowi pun beralih menggunakan ojek (suratkabar.id)

Tentu hal ini menarik perhatian masyarakat, bagaimana bisa mobil seorang Presiden bisa mogok, apakah perawatannya tidak sesuai? Menanggapi hal ini pihak istana akhirnya angkat bicara. Menurut pegawai istana yang mengurusi mobil presiden, mobil kepresidenan jenis Mercedes-Benz S600 Guard ini memang sering mogok, meskipun perawatannya rutin dilakukan dan di service di dealer resminya, namun karena usia mobil sudah tidak muda lagi membuatnya sering mogok.

2. Accu Mobil Presiden Soekarno yang hilang dan ketawa kecil Sang Proklamator

Sebagai seorang proklamator kemerdekaan, Presiden Soekarno terkenal tegas terhadap anak buahnya, namun selain itu beliau juga sangat akrab dengan mereka. Terdapat kisah unik antara Presiden Soekarno dengan para anak buahnya.

Diceritakan pada suatu hari Presiden Soekarno hendak pergi dengan Ibu Fatmawati dengan menggunakan mobil. Namun ketika mobil Sang Proklamator dinyalakan ternyata tidak menyala, setelah diselidiki ternyata accu mobil Soekarno dipinjam ajudannya tanpa sepengetahuan dari Soekarno.

Selain dikenal tegas terhadap anak buah, Presiden Soekarno juga dikenal dekat dengan para ajudannya (penasoekarno.files.wordpress.com)

Sang Presiden pun marah besar, semua ajudan dikumpulkan untuk dimarahinya. Namun apa yang terjadi, alih-alih marah di depan para ajudannya, Soekarno malah tertawa melihat para ajudannya berdiri tegak ketakutan tanpa bergerak. Hanya mata para ajudan yang merem melek ketakutan.Soekarno pun akhirnya tertawa melihat pemandangan itu dan urung marah.

3. Ikan kont*l ala anak SD saat ditanya Presiden Jokowi

Sudah menjadi kebiasaan Presiden Jokowi, saat melakukan kunjungan ke daerah atau bertemu dengan masyarakat selalu memberikan “oleh-oleh” dari orang nomor satu di Indonesia ini. Barang yang paling sering diberikan ialah buku dan sepeda. Nah, ada kejadian lucu saat Presiden Jokowi hendak membagikan sepeda kepada tiga anak di suatu acara.

Dalam pembagian sepeda tersebut, Jokowi memanggil dua orang anak yang masih menggunakan seragam SMP, dan satu menggunakan seragam SD. Saat presiden memberikan pertanyaan kepada anak SD sebagai syarat mendapatkan sepeda, pertanyaannya ialah menyebutkan empat jenis ikan.

Saat disuruh menyebutkan jenis ikan, anak SD ini salah menyebutkan ikan tongkol (m.youtube.com)

Pada jawaban anak SD tersebut sebenarnya sudah menjawab tiga jenis ikan, yaitu ikan lele, ikan paus, dan ikan teri. Namun saat suruh menyebutkan satu jenis ikan lagi dengan polosnya anak tersebut menyebut ikan kont*l. Semua orang yang hadir pun tertawa, sebab mereka tahu yang dimaksud anak tersebut ialah ikan tongkol.

Akhirnya Presiden Jokowi pun menyuruh anak tersebut mengulanginya. namun saat mengulanginya lagi-lagi anak tersebut menyebutkan ikan kont*l. Meskipun sudah dibimbing oleh Sang Presiden. Mendengar kesalahan serupa semua yang ada di tempat tersebut pun tertawa, termasuk Pak Jokowi.

4. Saat menjadi Presiden, Gus Dur pernah dimarahi istri ajudannya. Kok bisa?

Soal nyeleneh dan cerita-cerita lucu, mungkin sosok yang satu ini merupakan gudangnya cerita lucu dan nyeleneh. Salah satu kisah unik dari Sang Guru Bangsa ini ialah saat beliau dimarahi oleh istri ajudannya, lebih tepatnya istri protokoler istana.

Dikisahkan dari Inayah Wulandari, putri bungsu Gus Dur. Bapaknya pernah dimarahi oleh istri protokoler bermula saat Gus Dur menelfon Kepala Protokoler Istana dipagi buta. Entah mengapa Gus Dur tiba-tiba ingin menelfon Kepala Protokoler di waktu subuh, padahal beliau tahu jika sang Kepala Protokoler semalam sudah pulang dinihari dari istana.

Sebagai seorang kyai dan presiden, Gus Dur banyak memiliki cerita lucu dan unik (idntimes.com)

Unikya, Gus Dur saat itu tidak menggunakan nomor telepon istana atau nomor pribadinya, melainkan menggunakan nomor milik ajudannya yang merupakan anak buah Kepala Protokoler tadi. Tanpa disangka yang angkat telepon ialah istri dari Kepala Protokoler tadi.

Saat melihat layar Hp muncul nama anak buah suaminya, istri Kepala Protokoler tadi pun bertanya dengan nada tinggi siapa yang pagi-pagi buta menelepon suaminya. Seakan ingin memainkan drama Gus Dur hanya menjawab Abdurrahman, yah, Abdurrahman Wahid merupakan nama asli dari Gus Dur.

Masih dengan tinggi, istri Kepala Protokoler tadi pun bertanya ada keperluan apa pagi-pagi menelepon suaminya. Namun Gus Dur belum juga membuka identitasnya sebagai Presiden Kala itu, beliau hanya menjawab jika ia ingin berbicara dengan Kepala Protokoler. Dan dengan nada ketus istri Kepala Protokoler menjawab tidak ada, suaminya masih tidur.

Meskipun menjadi seorang presiden, Gus Dur masih suka dengan humor (teropongsenayan.com)

Namun bukan seorang Gus Dur jika tidak menyajikan kisah lucu. Beliau kembali menelepon Kepala Protokoler tadi, dan masih mendapatkan perlakuan yang sama dari istri Kepala Protokoler tadi, bahkan kali ini ia menutu teleponnya sebelum percakapan selesai.

Saat suaminya bangun, Kepala Protokoler pun bertanya kepada istrinya siapa yang telah meneleponnya tadi. Sang istri masih dalam kondisi sebel pun menjawab dari Abdurrahman, anak buah suaminya. Namun suaminya kali ini bak tersambar petir. Sebab dia tahu yang menelepon tadi ialah Presiden, dan istrinya pun mendadak gemetaran setelah tahu perihal itu.

Setelah Kepala Protokoler menghadap Gus Dur dan meminta maaf, Gus Dur hanya tertawa dan bilang santai saja.

5. Kisah tukang kebun yang nyelonong saat Presiden SBY berpidato

Kejadian unik terjadi saat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sedang berpidato diacara Asean Fair 2011 di Bali. Ditengah-tengah Presiden SBY sedang berpidato tiba-tiba nyelonong seorang tukang kebun dengan sepeda ontelnya ke depan podium. Sontak insiden ini pun membuat panik para Paspampres.

Saat menjadi Presiden, SBY juga pernah mengalami kejadian diluar dugaan (teamdpppartaidemokrat.blogspot.co.id)

Dengan santainya tukang kebun yang kemudian bernama I Nyoman Minta menuntun sepeda ontelnya yang berjarak sangat dekat dengan posisi podium. Kejadian ini pun kemudian diakui sebagai kelalaian Paspampres dalam mengamankan sekitar lokasi orang nomor satu di Indonesia

Itulah lima kisah unik yang pernah dialami oleh Presiden kita. terlepas dari istimewanya seorang Presiden, namun sebagai manusia biasa Presiden juga bisa mengalami kejadian yang lucu dan gokil.

 

 

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Penikmat Dunia, Perindu Surga,

Apapun Alasannya, Jangan Sampai Kamu Punya Mantan di Jogja!

Namanya Juga Manusia, Dititipin Uang Berkurang, Dititipin Omongan Nambah