Nggak Melulu Jadi Penyebab Kanker, Ceker Ayam Nyatanya Punya Manfaat Baik Untuk Tubuh!

Mau makanan murah dan sehat? Ceker ayam bisa lho jadi pilihan

Bagi masyarakat Indonesia, ceker ayam merupakan salah satu bahan makanan yang paling digemari. Tua, muda, laki-laki maupun perempuan hampir semua kalangan pernah menyantapnya. Bahkan ceker ayam kini bisa diolah menjadi aneka masakan, sebut saja oseng, sayur, semur, goreng, bahkan untuk isian seblak pun tak kalah lezat.

Sayangnya ada banyak sumber yang mengatakan bahwa ceker tidak baik untuk kesehatan. Misalnya saja untuk wanita, terlalu banyak makan ceker diyakini bisa menimbulkan kanker. Padahal hal tersebut belum tentu benar. Ceker juga punya banyak manfaat baik bagi tubuh, apa saja?

Sumber kolagen murah

Menurut salah satu penelitian yang dilakukan di Universitas Taiwan, ceker ayam menjadi salah satu sumber kolagen yang bagus. Memang ada sumber lain seperti ikan laut dan juga daging sapi, namun harganya relatif lebih mahal. Berbeda dengan ceker ayam yang bisa didapat dengan mudah, pun terjangkau bagi semua kalangan.

Ceker ayam sebagai sumber kolagen murah (masakapahariini.com)

Ada banyak sekali fungsi kolagen untuk tubuh, terutama untuk peremajaan kulit. Disamping itu juga bisa memperkuat kuku-kuku jari tangan dan kaki. Jadi jika ingin kulit terlihat lebih cantik dan sehat, ceker ayam bisa kamu andalkan.

Memperbaiki sistem pencernaan

Memperbaiki sistem pencernaan (media.foody.id)

Ceker ayam bukan hanya baik bagi kulit tapi juga membawa manfaat untuk sistem pencernaan. Apalagi kalau kamu memiliki masalah seperti sembelit atau sistem pencernaan yang berjalan lambat. Nah dengan mengkonsumsi ceker ayam, pencernaan bisa jadi lebih baik pun meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Mengatasi masalah persendian

Mengatasi masalah persendian (cerita makan)

Nyatanya, kolagen bukan hanya satu-satunya zat penting yang terdapat dalam makanan ini. Masih ada zat lain seperti sulfat chondroitin dan asam hyaluronic. Kandungan besar sulfat dipercaya dapat mengurangi rasa sakit akibat masalah persendian.

Mengontrol hormon tubuh

Mengontrol hormon tubuh (masakapaya.com)

Hormon menjadi salah satu permasalahan umum yang seringkali menjadi penyebab berbagai penyakit. Nah untuk mendapatkan tubuh bugar bahkan agar bisa menurunkan berat badan, hormon harus dikendalikan dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi ceker ayam yang memiliki banyak efek baik untuk mengendalikan sistem hormon.

Bahan makanan bayi

Untuk makanan bayi (teropongbisnis.com)

Karena daya tahan tubuhnya belum sekuat orang dewasa, bayi tidak boleh diberikan makanan sembarangan. Harus yang sesuai dengan usia serta nutrisi yang dibutuhkan. Nah ternyata ada juga lho ibu-ibu yang memasak nasi tim dengan campuran ceker untuk bayi mereka. Alasannya karena ceker menyediakan sebagian besar nutrisi penting, membantu pertumbuhan anak dan baik bagi tumbuh kembang mereka.

Nah itulah beberapa alasan mengapa ceker baik untuk tubuh. Jangan dulu percaya kalau ada yang bilang ceker menjadi sumber kanker, semua tergantung bagaimana cara mengolahnya dan juga jumlah porsi setiap harinya. Jadi, ngaku deh siapa disini yang mengidolakan ceker ayam?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *