3 Cara Cegah “Lapar Mata” Saat Kulineran, Jangan Sampai Kenyang Berlebihan!

Biar nggak kenyang berlebihan dan isi dompet terselamatkan~

Bisa menjelajah ke banyak tempat atau menjadi seorang traveler memang menyenangkan. Jalan-jalan kesana-kemari menikmati setiap kekayaan daerah, mulai dari wisata, budaya hingga kuliner adalah impian setiap orang. Terutama makanan, dimana masing-masing daerah pasti punya ciri khas dan cita rasa yang terbilang unik.

Hal tersebut yang kemudian menjadi latar belakang munculnya konsep wisata kuliner. Enak memang bisa mencicipi ini itu, tapi kalau berlebihan tak baik juga untuk kantong dan kesehatan. Oleh karena itu kamu harus menghindari yang namanya “lapar mata” saat jajan kuliner. Bagaimana caranya?

Cari rekomendasi

Sebelum kamu berburu kuliner, ada baiknya membaca dulu beberapa rekomendasi dari akun-akun kuliner yang kini banyak di media sosial. Rekomendasi ini akan membantu kamu untuk menentukan apa yang hendak dibeli dan dimakan sehingga tak asal ambil hanya karena ‘terlihat’ enak. Pastikan kamu mencari akun dengan rekomendasi yang jujur, bukan karena iklan.

Cari rekomendasi (ngegas.com)

Kamu bisa mencari rekomendasi dari beberapa blog kuliner, Youtube atau bahkan Instagram. Bisa juga melalui aplikasi khusus seperti Zomato dan Yelp. Rekomendasi ini juga bisa sekalian cari tau harga dan rasa lho.

Pastikan beli yang benar-benar unik

Setiap tempat pasti punya kuliner andalan yang biasanya memiliki keistimewaan masing-masing. Nah kalau kamu ingin berburu maka cari makanan yang menurut kamu unik, tidak bisa ditemukan di tempat lain. Kan percuma jika di kota tujuan kamu hanya beli Es Kepal Milo padahal di daerahmu juga ada dengan rasa yang sama.

Another creative @indomie creation, kreasi dr @nanakoot_culinary. Good job sist! 🙏🏻 . Terakhir kali yg sempet dipost di sini ada kreasi Indomie Onigiri. Kali ini ada homemade creation berupa Martabak Indomie! Warbyasakkk ada aja ya inspirasinya 😋 tinggal nunggu tersedia di abang2 burjo atau resto terdekat ☺️ . 📷 : @nanakoot_culinary . Ikutan ngobrol sesama Foodies yuk? Join JogjaCulinary Community Group, langsung aja klik LINK di profile yak! . #indomie #mie #martabakindomie #noodle #indomiegoreng #indomieseleraku #indomiekekinian #jktfoodbang #jogjaculinary #jktfood #anakjajan #foodporn #foodphotography #food #foodie #foodgasm #foodblogger #foodstagram #foodlover #foodpics #foodpic #foods

A post shared by Kuliner Jogja | #JogjaCulinary (@jogjaculinary) on

Selain keunikan jangan lupa perhatikan juga kebersihan tempat atau makanan yang hendak kamu beli, karena kebersihan juga akan berpengaruh pada kesehatan. Ohya, tanyakan dulu berapa harganya ya. Karena banyak pedagang yang biasanya memberikan harga mahal kepada turis.

Pertimbangkan tempat ramai

Kalau kamu masih saja bingung mau beli apa, coba deh perhatikan tempat-tempat yang ramai pengunjung. Tempat ramai biasanya populer karena suatu hal, bisa rasa, penyajian, atau keunikan lainnya. Namun belum tentu juga sih ramai itu enak, bisa jadi karena memang tempat itu jadi satu-satunya tempat makan di daerah tersebut.

Pertimbangkan tempat ramai (pusatpandang.com)

Kalau memang tak yakin dengan rasanya, tak ada salahnya lho bertanya kepada warga lokal. Mungkin saja mereka lebih tau tempat yang makanannya benar-benar enak bukan hanya populer. Cocokan juga dengan rekomendasi yang tadi kamu cari di media sosial ya. Survey itu penting lho demi keselamatan dompet dan berat badan.

Nah itulah beberapa saran yang bisa kamu coba untuk menghindari lapar mata. Jika ingin lebih berhemat maka manfaatkan katering yang disediakan penginapan, lumayan bisa bikin kenyang sehingga kamu tak minat jajan sembarangan. Selamat mencoba!

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *