Wanita Memang Pantas Jadi Pemimpin. Tapi, Begini Caranya

Pria dan wanita punya cara yang sedikit berbeda dalam hal kepemimpinan

Tahukah kamu bahwa sudah hampir satu generasi keberadaan wanita diakui secara penuh dalam dunia bisnis dan ekonomi? Masalah diterima atau tidak, hal ini kembali lagi dari bagaimana cara kita, pria dan wanita menanggapinya. Apalagi jika sudah menyangkut perihal kepemimpinan.

Dalam hal kepemimpinan, kini pria dan wanita sudah berada pada level yang sederajat. | tntegratingwomanleaders.com

Apapun itu, dunia bisnis selalu menawarkan kesempatan yang sama bagi semua wanita untuk bisa menunjukkan kemampuannya, termasuk memimpin kaum pria. Dan, setidaknya enam hal penting berikut inilah yang harus dilakukan jika kamu adalah seorang wanita dan ingin menjadi pemimpin.

1. Berani

Ketika kamu menjadi seorang pemimpin, maka segala situasi yang kamu hadapi, baik dan buruknya ditentukan oleh keberanianmu. Jika gagal, jadikan itu sebagai konsekuensi yang harus kamu terima dari bertindak berani. Jangan pernah memperlihatkan sikap ragu saat kamu menghadapi sesuatu.

Seorang pemimpin harus berani mengambil resiko dari segala sesuatu. | breakthesilo.com

2. Berwibawa, bukan memerintah

Kebanyakan orang sangat sensitif ketika diperintah. Apalagi, jika yang memerintah adalah wanita. Karena itu, tunjukkan wibawamu dalam menjalankan wewenang dengan melibatkan mereka pada bagian terpenting yang kalian jalani, alih-alih memerintah dan terkesan memanfaatkan posisimu.

Bersikaplah berwibawa saat memerintah agar tidak timbul sensitivitas perasaan. | keyassociatesinc.com

3. Berpengetahuan luas

Kamu jangan terlalu memperhatikan ketidaktertarikanmu, sebaliknya, berusahalah menambah pengetahuan tentang hal-hal yang kurang kamu sukai. Ini penting, karena seorang pemimpin —meskipun wanita— harus punya pengetahuan luas, terlebih pada bidang-bidang yang digeluti.

Apapun alasannya, seorang pemimpin harus [unya pengetahuan luas. | claremontlincoln.edu

4. Ciptakan jarak dan kedamaian

Meskipun wajib bersikap ramah dan memperhatikan kebutuhan bawahan agar tercipta kedamaian, ingatlah untuk selalu menciptakan batasan dan jaga jarak aman, terutama untuk masalah fisik dan sopan santun. Jadikan mereka sebagai rekan kerja yang menghormatimu, bukan memperalatmu.

Jadikan dirimu sebagai pemimpin yang dihormati dan punya batasan. | entrepreneur.com

5. Sadar dan percaya diri

Perempuan memiliki kecenderungan untuk menyesuaikan diri dalam lingkungan baru. Ketika kamu menjalankan bisnis dengan tim yang didominasi pria, besar kemungkinan kamu akan mengubah cara kerjamu atau berperilaku sesuai dengan kebiasaan mereka.

Percaya diri dan menjadi diri sendiri adalah hal penting bagi wanita dalam memimpin. | returnofkings.com

Nah, sebelum hal buruk itu terjadi dan mengubah perilakumu sebagai seorang pemimpin, pupuklah kesadaran bahwa kamu adalah kamu, dan kamu bisa memimpin mereka semua karena kamu bisa bertindak layaknya seorang wanita yang memiliki potensi lebih.

6. Profesional

Bukan hanya profesional dalam hal pekerjaan yang akan sangat menentukan kesuksesan bisnismu, namun juga profesional dalam bertindak sehingga mampu menjaga kehidupan pribadimu. Setiap wanita dianugrahi kemampuan multitasking, maka, perlihatkan kelebihanmu ini pada orang lain.

Profesional dalam kerja menjadi dasar dari kedamaian dalam kehidupan pribadi. | policymedical.com

Jadi bagaimana, sudah siap jadi pemimpin dan membimbing para pria?

Tulis Komentarmu

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

Mengenal Alif Rizky, Youtuber Spesialis Cover Lagu dalam Bahasa Jawa yang Kondang Berkat Despacito

Unik! Tiga Fenomena Bulan Langka Akan Terjadi di Malam 31 Januari