Salah Satu Cara Terbaik Untuk Menghargai Hidup Adalah dengan Menerima Diri Sendiri Apa Adanya

Sudahkah kamu menerima diri sendiri apa adanya?

Ibaratkan saja hidup seperti roda yang berputar. Suatu ketika berada di bawah, bisa juga berada di atas. Namun tidak seperti roda sepeda yang bisa di tebak kapan akan berputar, roda kehidupan penuh dengan kejutan. Kamu tidak akan tau kapan akan berada di bawah, pun kapan akan naik ke atas. Dan lagi kamu tak bisa meminta untuk berada di atas terus-menerus.

Menghargai hidup dengan menerima diri sendiri (Netmums)

Ketika berada pada titik terendah, perasaan terpuruk, kecewa, sedih, gagal mungkin sangat dirasakan. Semua perasaan tidak menyenangkan tersebut terkadang membuat kamu menyalahkan keadaan hingga mengutuk diri sendiri yang dirasa tak mampu berbuat apa-apa.

Padahal, menyalahkan keadaan dan mengutuk diri sendiri tak akan merubah keadaan. Satu-satunya cara hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan menikmati semua yang terjadi. Menghargai hidup dan cobalah untuk menerima diri sendiri meski tak sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Bagaimana caranya?

Jangan jadikan kesalahan sebagai beban

Setiap orang pasti pernah gagal, pun mereka juga pasti pernah melakukan kesalahan. Tidak ada orang yang hidup penuh dengan keberhasilan. Setidaknya sekali seumur hidupnya, kegagalan dan kesalahan pernah dirasakan. Alih-alih menjadikan kesalahan menjadi beban, kamu justru harus membuatnya menjadi sebuah pelajaran.

Jangan jadikan kesalahan sebagai beban (lovelace-media.imgix.net)

Pelajaran terbaik terkadang bisa kamu dapat dari sebuah kesalahan. Karena dari kesalahan, kamu bisa belajar mana yang baik dan mana yang tidak. Mana yang harus kamu lakukan, dan mana yang harus kamu tinggalkan. Anggaplah kesalahan sebagai proses belajar hidup agar bisa lebih baik di masa depan.

Tak perlu membandingkan diri

Untuk apa sih kamu selalu melihat kehidupan orang lain? Biar apa? Untuk apa juga kamu selalu membandingkan diri dengan mereka? Ladies, setiap orang memiliki keistimewaan masing-masing dalam dirinya. Begitu pula dengan kamu.

Tak perlu membandingkan diri (Pixhome Wallpaper Images – Blogspot)

Yakin dan percayalah, kamu memiliki sesuatu yang tidak dimiliki oleh orang lain. Bersyukur dengan apapun yang ada dalam diri. Tak perlu iri melihat orang lain yang berada di atas, karena mereka juga pernah berada di bawah.

Lakukan apa yang membuat kamu bahagia

Selama hal tersebut tidak merugikan atau menyusahkan orang lain, lakukan apa saja yang bisa membuat dirimu bahagia. Jangan terfokus dengan kebahagiaan orang lain. Ini hidupmu, kamu hanya perlu membuat dirimu bahagia agar bisa lebih menghargai hidup dan menerima diri sendiri apa adanya.

Lakukan apa yang membuat kamu bahagia (hbr.org)

Jadikan masa lalu sebagai bagian hidup

Apa yang kamu alami kini adalah hasil dari yang kamu lakukan di masa lalu. Dan apa yang kamu lakukan sekarang, akan memiliki dampak untuk masa depan. Ketiga waktu (masa lalu, kini, masa depan) selalu berkaitan dan tidak dapat dilepaskan.

Jadikan masa lalu sebagai bagian hidup (Verywell)

Dibanding menyesalinya, cobalah untuk menghargai masa lalu, seburuk apapun itu. Belajar dari apa yang sudah kamu alami dan jangan sampai kesalahan di masa lampau kembali terulang di masa depan.

Hargai kemampuan

Percayalah, kamu memiliki potensi yang orang lain tidak punya. Hargai potensi tersebut dengan terus mengasahnya. Jangan meremehkan kemampuan sendiri dan membanggakan kemampuan orang lain. Kamu tak akan tau di luar sana mungkin ada orang yang ingin memiliki apa yang kamu miliki sekarang.

Hargai kemampuan (lovelace-media.imgix.net)

Terima kritik

Agar bisa menerima diri sendiri dengan baik, kamu harus belajar terlebih dahulu untuk menerima kritik yang dilontarkan orang lain kepadamu. Mendapat kritik bukan hal mudah untuk itu kamu harus belajar menerimanya, tanpa sakit hati atau menyalahkan diri sendiri. Setelah itu kamu harus belajar dari kritik yang kamu terima.

Terima kritik (greatist.com)

Itulah beberapa cara menghargai hidup dan menerima diri sendiri yang bisa kamu lakukan. Daripada buang-buang waktu hanya untuk meratapi kekecewaan, lebih baik lakukan sesuatu untuk memperbaiki keadaan. Dengan begitu kamu bisa naik ke atas dengan lebih cepat.

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *