Ini 5 Cara Terbaik Mengatasi Rasa Grogi Menurut Ilmiah

Grogi? Tak perlu ditakuti

Tidak semua orang mampu berbicara di depan orang banyak. Ada yang merasa tertekan, stres, takut ditertawakan, bahkan takut membuat kesalahan. Namun ini bukan hal yang perlu dikhawatirkan.Perasaan grogi semacam ini wajar dan sangat alami. Selama dalam kadar normal, hormon “grogi” dari dalam tubuh ini membantu kamu agar tetap fokus dan melakukan yang terbaik.

Baca juga : Wahai Kalian yang di Ambang Perpisahan, Turunkanlah Ego dan Kenang Kembali Cerita Cinta Kalian Dulu

Cara agar tidak gugup menurut ilmiah (TipsCaraS – blogger)

Tapi jika rasa cemas, khawatir dan stres dirasa berlebihan, hormon akan memberi sinyal “bahaya” pada tubuh. Sinyal ini bisa berupa keringat, rasa dingin, sakit perut, hingga tidak bisa berpikir dengan jernih. Jika sudah begini dilansir dari kidshealth.org, gunakan beberapa cara ilmiah berikut ini untuk mengatasi rasa grogi berlebih.

Persiapkan segalanya dengan baik dan matang

Jika kamu tak ingin dilanda rasa grogi dan gugup yang berlebihan, persiapkan segalanya dengan baik dan matang. Usahakan untuk berlatih sebanyak mungkin, entah latihan sendiri atau dengan orang lain. Latihan hingga kamu benar-benar menguasai apa yang akan kamu ucapkan.

Persiapkan segalanya dengan baik dan matang (gofaztrack.com)

Semakin banyak berlatih, kamu akan lebih siap dan memiliki banyak kepercayaan diri yang akan kamu dapat. Dengan begitu kamu akan lebih rileks karena syaraf-syaraf juga akan lebih tenang.

Latih fisik dan berpikir positif

Pikiran-pikiran negatif mungkin saja hadir dalam kepalamu, namun jangan biarkan pikiran negatif menguasai diri dan melemahkan kepercayaan diri. Penuhi kepala dengan berbagai pikiran positif yang mungkin terjadi.

Latihan ringan (dailywomen.co.id)

Salah satu cara agar bisa mendapatkan pikiran positif adalah dengan melatih fisik. Olahraga ringan diperlukan agar badan tetap dalam kondisi sehat dan pikiran menjadi lebih segar. Setelah itu katakan pada diri sendiri bahwa kamu bisa melakukannya, kamu mampu melakukannya atau semua akan menyenangkan.

Temukan cara menenangkan diri

Banyak pejuang muda seperti pesenam olimpiade dan juga penyanyi solo yang bicara tentang pentingnya mempersiapkan kegugupan, sama seperti menyiapkan penampilan utama. Saat jeda waktu menunggu giliran tampil, beberapa orang mengatasi kegugupan dengan mendengarkan lagu favorit agar lebih santai, belajar teknik yoga dan pernapasan agar lebih tenang, bahkan ada juga yang melihat foto orang yang menginspirasi  agar lebih semangat.

Temukan cara menenangkan diri (squarespace.com)

Coba untuk temukan cara kamu sendiri untuk mengatasi rasa gugup. Gunakan cara tersebut untuk membantumu tetap santai dan tenang sebelum pertunjukan.

Tak perlu takut

Rasa grogi dan gugup memang bisa menghampiri siapa saja, bahkan seorang profesional sekalipun. Jika terjadi padamu, jangan panik dan tetap berusaha untuk tenang. Jangan biarkan rasa gugup menghentikan atau malah mengintimidasi. Biarkan saja mengalir alami.

Tak perlu takut (Stand up Lovers)

Kamu hanya perlu menggunakan pikiranmu untuk mengolah rasa grogi yang kamu rasakan. Strategi pep-talk bisa kamu gunakan, tenangkan diri dan lakukan dengan mantap.

Menjaga kesehatan dan diri sendiri

Kebanyakan orang akan sibuk berlatih sebelum penampilan hingga melupakan waktu untuk merawat diri sendiri. Agar bisa terlihat fresh dan memiliki penampilan prima, kamu perlu tidur cukup dan makan yang bergizi. Akan lebih baik jika disertai olahraga ringan.

Menjaga kesehatan dan diri sendiri (infuseyourself.life)

Bahkan olahraga bisa mengendalikan hormon stres agar tidak berlebihan. Seperti pada poin di atas, olahraga juga bisa membantu meningkatkan kepercayaan diri.

Dengan beberapa cara di atas rasa grogi berlebih bisa diatasi dengan mudah. Tak perlu takut dengan gugup, karena ini adalah reaksi alami dari tubuh. Jadi, sudah siap tunjukkan diri di depan banyak orang? Oh iya, jangan lupa berdoa!

Bagaimana Menurutmu?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Dibalik Kepopuleran Game Mobile Legend, Mantan Karyawan Menguak Sisi Gelap Perusahaan Tersebut

Pasar Klitikan Jogja, Surga Pecinta Barang Antik yang Melegenda