Cara Mudah Motret Makanan Pakai Hape, Hasilnya Tetap Kece!

Biar banyak yang ngiler kalau liat foto makananmu

Dibanding berdoa, orang-orang zaman sekarang sepertinya lebih tertarik memotret makanannya sebelum dimakan. Tujuannya tentu untuk dibagikan di media sosial sehingga mendapatkan banyak likes dan komentar. Pun diharapkan bisa menggugah selera sehingga menjadi referensi kuliner yang menarik. Hanya saja terkadang hasil foto kurang memuaskan sehingga sedikit yang memberi respon.

Cara mudah memotret makanan. (resepkoki.id)

Mulai sekarang jangan asal foto tanpa tau aturan-aturan yang harus dipenuhi. Ada beberapa trik yang harus kamu tau agar hasilnya menarik perhatian. Apa saja sih? Simak deh artikel berikut sampai habis.

Atur pencahayaan

Unsur penting pertama yang harus kamu penuhi adalah pencahayaan. Alih-alih menggunakan flash, yang alami dianggap jauh lebih baik. Cari tempat dengan lampu terang atau jendela agar cahaya bisa masuk dengan baik. Jika tidak memungkinkan, gunakan tisu putih sebagai reflektor agar gambar lebih cerah.

Atur pencahayaan (bukalapak.com)

Intinya jangan sampai kamu menggunakan flash. Selain membuat warna makanan pudar, juga akan muncul bayangan yang tidak diinginkan. Tentu akan merusak foto yang kamu ambil. Lebih baik foto di luar restoran jika perlu daripada menggunakan cahaya buatan namun hasil tak bagus.

Cari komposisi gambar yang tepat

Permainan sudut pandang dan komposisi dalam foto sangat penting untuk menghasilkan gambar yang cantik. Kamu tak harus selalu meletakkan obyek di tengah frame, asah kreatifitas dengan menaruhnya di pinggir atau bahkan pojok. Terus geser sudut pandang sehingga mendapatkan angle yang tepat.

Cari komposisi gambar yang tepat (Dyah Prameswari)

Agar lebih cantik, gunakan saja aturan rule of third. Ini merupakan panduan komposisi fotografi yang membagi obyek foto menjadi 3 bagian sama besar baik vertikal maupun horizontal. Dari pembagian tersebut akan bertemu 4 titik yang menjadi fokus mata nantinya. Meski bukan hal wajib, tak ada salahnya dicoba demi hasil foto paripurna.

Tambahkan properti

Agar hasil foto lebih ciamik, coba deh tambahkan beberapa properti seperti peralatan makan, majalah, serbet, atau bahkan buah-buahan. Misalnya saja kamu ingin memotret sepiring nasi goreng, tambahkan sendok garpu di kanan kiri piring atau lipatan serbet di pojok atas. Biar foto lebih cantik pun frame tak terlalu ‘sepi’.

Tambahkan properti. (mhmmdazmiarif.blogspot.com)

Pun kamu bisa meletakkan makanan di tempat lain selain meja. Seperti di lantai, diangkat dengan tangan, atau bahkan di tempat unik lainnya. Opsi lainnya adalah gunakan alat makan yang lebih berwarna.

Edit dengan aplikasi

Setelah semuanya selesai, edit hasilnya. Kamu bisa menggunakan aplikasi khusus atau bisa pakai filter yang terdapat dalam media sosial. Apalagi sekarang juga banyak aplikasi edit foto gratis yang bisa dipasang di ponsel. Penggunaannya pun mudah tak perlu jadi profesional dulu.

Edit agar lebih menarik (wellplated.com)

Dengan editing yang apik, hasil foto akan lebih menarik. Misalnya membuat obyek lebih fokus, memberikan sentuhan warna agar lebih mencolok atau mengatur cahayanya bila dalam pengambilan kurang sempurna. Aplikasi edit di ponsel yang bisa kamu pakai seperti Lightroom, Vsco, Snapseed dan masih banyak yang lainnya.

Itu dia beberapa tips dari Inovasee agar foto kamu mendapat likes yang lebih banyak. Semakin banyak kamu berlatih maka semakin meningkat kualitas jepretanmu. Jangan ragu untuk mencoba semua angle maupun teknik fotografi demi hasil yang terbaik.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Menurutmu?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *