Cara Mudah Bersihkan Helm yang Basah Karena Kehujanan, Biar Nggak Bau Apek

Tak perlu khawatir lagi kemana-mana saat musim hujan, helm basah bisa kamu atasi dengan cara mudah ini.

Memasuki musim hujan, ada banyak hal yang mesti dipersiapkan. Misalnya saja selalu membawa jas hujan atau payung ketika keluar rumah hingga menjaga kesehatan agar tak mudah terkena flu. Karena memang mobilitas tak boleh terhenti hanya karena hujan, helm basah menjadi hal yang biasa.

Helm basah (bikesrepublic.com)

Bagi sebagian orang helm basah hanya perlu dikeringkan saja, namun hal itu bisa memunculkan kuman dan bau apek yang sulit dihilangkan. Pasti kamu tak ingin kan helm kesayangan bau? Nanti rambut jadi ikutan bau sehingga mempengaruhi kepercayaan diri. Lalu harus bagaimana ya? Apalagi itu helm satu-satunya.

Bisa saja pilih jasa pencucian helm, tapi jika terlalu sering bisa menyebabkan pemborosan. Tak perlu khawatir lagi, ada cara mudah dan hemat yang bisa kamu lakukan agar helm yang kehujanan terhindar dari bau apek. Berikut ini cara yang bisa kamu coba.

Cara membersihkan bagian helm

Helm memang harus dibersihkan secara keseluruhan agar kuman dan bau tak sedap karena hujan hilang sempurna. Pertama, kamu harus menyiapkan beberapa alat dan bahan sederhana yaitu air hangat, lap lembut, dan juga shampo bayi. Kedua, lepaskan semua bagian helm seperti kaca dan busa. Tapi sebelumnya, ingat-ingat posisi bagian yang dilepas agar tak bingung ketika memasang kembali.

Cara membersihkan bagian helm (Alonrider – WordPress.com)

Selanjutnya setelah semua dilepaskan, siram helm bagian luar, dalam serta kaca dengan air hangat secara menyeluruh. Kemudian gunakan shampo bayi untuk mengusap seluruh bagian, gosok dengan tangan atau lap lalu bilas hingga bersih. Jangan sampai ada busa yang masih tertinggal, pastikan semua bagian kesat.

Setelah itu keringkan helm. Kamu bisa menggunakan kipas angin, lap bersih, atau bahkan menjemurnya jika ada sinar matahari. Pastikan benar-benar kering sempurna jangan ada air yang tertinggal.

Membersihkan kaca helm

Sama seperti cara di atas, kaca helm pertama harus disiram dengan air hangat terlebih dulu. Lalu campurkan shampo dengan air, aduk sehingga menghasilkan busa. Nah bagian busa ini yang nantinya digunakan untuk diusap ke bagian kaca sampai rata. Sebagai catatan, jangan gunakan cairan kimia apapun pada bagian luar kaca karena bisa mengikis bagian kilap.

Membersihkan kaca helm (Jurnal | MASKOOLIN)

Setelah dibersihkan dan juga kering, rakit kembali kaca dengan bagian helm yang lainnya. Untuk busa yang basah, kamu bisa menjemurnya terlebih dulu atau keringkan dengan alat yang memiliki panas seperti outdoor AC atau tabung TV kalau masih ada. Bisa juga gunakan kertas koran untuk menghilangkan lembab.

Setelah semuanya selesai, kamu bisa tambahkan parfum rendah alkohol agar helm lebih wangi. Tapi jangan sampai terlalu banyak menyemprot parfum karena bikin pusing ketika helm dipakai. Usahakan cuci helm minimal dua minggu sekali agar terjaga kebersihannya dan terhindar dari bau tak sedap.

Nah, mau mencoba cara tadi? Kasih tau mimin lewat kolom komentar ya bagaimana hasilnya. Selamat mencoba!

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *