Males Dikejar-kejar Terus? Begini Cara Menolak Cowok Secara Halus

Kalau memang nggak suka, langsung katakan

731
SHARES

Sebagai makhluk yang cenderung nggak tegaan, menolak cinta adalah pekerjaan berat bagi cewek. Apalagi, kalau cowok itu jelas-jelas membuktikan perasaannya dengan tulus. Namun di sisi lain, cinta memang tidak bisa dipaksakan. Kamu yang sedang mengalami dilema ini pasti paham, kan?


Cewek cenderung mengalami dilema ketika harus menolak cinta seorang cowok. – smilesumo.co.uk

Bagaimana pun cara melakukannya, penolakan memang menimbulkan sakit hati. Meski begitu, ingatlah bahwa memilih untuk menerima cinta karena kasihan justru akan membuatnya lebih sakit hati lagi. Karena walau bagaimana pun, yang dia harapkan adalah balasan cinta yang tulus darimu.

Dengan pemahaman seperti itu, maka jelas bahwa menolak cintanya adalah jalan terbaik untukmu. Dan agar tidak menimbulkan sakit hati berlebihan, ada tiga tahapan menolak cinta yang sebaiknya kamu lakukan.

1. Bicaralah sejujur mungkin

Hal paling pertama yang harus kamu lakukan adalah berkata jujur. Bicaralah sejujur-jujurnya mengapa kamu tidak bisa menerima cintanya. Kalau kamu memberi alasan ingin fokus belajar namun setelah itu dia melihatmu pergi dengan cowok lain, dia akan benar-benar sakit hati dan tidak menghargaimu.

Setelah mendengar kejujurannya, kamu juga harus melakukan hal yang sama tentang perasaanmu yang sebenarnya. – popbela.com

2. Perhatikan nada bicaramu

Mau sejujur apapun bicara, kalau kamu tidak memperhatikan nada bicaramu, percuma. Dia akan menganggapmu sedang mengada-ada. Karena itu, bicaralah dengan tenang dan dibarengi nada bicara yang pas. Selain itu, pemilihan kata juga harus benar-benar kamu perhatikan.

Mengontrol nada bicaramu sangat penting, agar dia mudah menerima keputusanmu. – themighty.com

3. Jangan meminta dia tetap menjadi temanmu

Ini kesalahan yang paling sering dilakukan cewek. Percayalah, memintanya tetap menjadi teman baik setelah kamu menolaknya adalah hal yang sia-sia. Mengapa? Karena mustahil orang akan tetap mau menjalin hubungan baik dengan orang yang jelas-jelas telah menyakiti hatinya.

Memintanya untuk tetap menjadi teman baik adalah hal yang sia-sia. Maka, jangan pernah lakukan itu. – mensaxis.com

Pada akhirnya, menolak cinta bukanlah tentang siapa yang benar dan siapa yang salah. Menolak cinta adalah murni tentang perasaan yang tidak boleh dipaksakan. Kalau dia sakit hati, itu wajar. Namun ingat, dia akan sembuh dengan sendirinya. Tanpa bantuanmu.

731
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."