Dari Memelihara Hewan Hingga Piknik, Inilah 4 Hal yang Bisa Mengobati Kesepian

Jika kamu mau, kesepian bisa dihilangkan dari hidupmu

Kesepian bisa dialami oleh siapa saja. Entah orang yang baru putus cinta, seseorang yang depresi hingga mereka yang selalu berada di tengah banyak orang. Selalu dikelilingi orang-orang atau berada di tempat ramai, bukan berarti seseorang akan terhindar dari kesepian. Perasaan sepi ini tak bisa dijabarkan dengan kata, hanya bisa dirasakan dan kebanyakan mengaku tersiksa dengan rasa sepi.

Kesepian di tengah keramaian (greenwalledtower.files.wordpress.com)

Jika tidak segera di tangani, kesepian bisa saja “membunuh” diri sendiri. Kamu pasti pernah dengar beberapa kasus bunuh diri dimana penyebabnya karena kesepian dan juga depresi. Merasa tidak memiliki seseorang untuk berbagi keluh kesah. Atau merasa tidak ada orang yang ingin mendengar cerita dan menjadi tempat untuk menumpahkan perasaan.

Namun ternyata kesepian bisa saja disingkirkan. Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk menghilangkan rasa kesepian yang begitu menyiksa.

Memelihara hewan

Saat kamu merasa tidak ada orang lain yang bisa mengerti perasaanmu dengan baik, atau tidak ada yang ingin mendengarkan semua keluh kesah yang kamu rasakan, cobalah untuk memelihara hewan. Sudah jelas bahwa hewan tidak bisa bicara, yang artinya mereka hanya akan mendengarkan apa yang kamu ucapkan. Mereka tidak akan memberikan kritik atau bahkan menyela pembicaraan.

Memelihara hewan (The Spruce)

Hewan adalah pendengar yang baik. Yang lebih ajaib, beberapa hewan bisa ikut merasakan apa yang dirasakan manusia.

Menciptakan pembicaraan

Sebenarnya, ada banyak penyebab kenapa kamu merasa kesepian. Salah satu yang jarang disadari adalah, kamu menutup akses orang lain untuk masuk ke dalam dirimu. Kamu tidak mengizinkan siapapun untuk tau tentang kamu dan bagaimana perasaanmu. Inilah yang menjadi penyebab kenapa kamu merasakan sepi.

Menciptakan pembicaraan (quietrev.com)

Cobalah untuk sesekali menciptakan pembicaraan. Jangan menutup diri dan jadi lebih terbuka kepada teman-teman. Obrolan ringan yang terbuka terkadang ampuh untuk mengusir rasa kesepian.

Ikut komunitas

Bisa melakukan apapun yang kamu sukai memang menimbulkan perasaan bahagia tersendiri. Untuk itu tak ada salahnya mengikuti komunitas yang sesuai dengan bidang yang kamu gemari. Berkumpul dengan orang-orang yang memiliki kegemaran yang sama denganmu, bisa membuat perasaan lebih baik dan kesepian menghilang secara perlahan.

Ikut komunitas (gradireland.com)

Lakukan apapun yang bisa membuat kamu sibuk secara menyenangkan. Ungkapkan pikiran-pikiran dan belajar terbuka dengan mereka yang berada satu bidang denganmu. Dengan begitu kamu bisa memiliki teman dengan satu pemahaman.

Piknik dan ciptakan koneksi dengan orang baru

Namun sebelum kamu berniat menyembuhkan kesepian yang kamu alami, ada baiknya kamu tau darimana kesepian tersebut berasal. Apakah dari dirimu sendiri atau dari lingkungan yang tidak mendukung. Setelah kamu tau penyebabnya, kamu bisa lebih tau bagaimana cara menyembuhkannya.

Piknik dan ciptakan koneksi dengan orang baru (iheartreykjavik.net)

Jika memang dari lingkungan, cobalah untuk pergi refreshing. Jelajahi tempat baru agar pikiranmu bisa kembali segar. Bertemulah dengan orang-orang baru dan saling berbagi pengalaman. Terkadang orang baru justru lebih baik daripada orang yang telah lama kamu kenal. Tidak ada yang tau sebelum kamu mencoba menciptakan koneksi.

Kesepian bisa diobati, tentu, itupun jika kamu mau. Karena yang paling penting adalah kemauan dari dalam diri, bukan dari orang lain. Kecuali jika kamu berniat menyamankan diri dengan rasa sepi yang kamu alami.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Menurutmu?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *