Jangan Biarkan Rasa Bersalah Terus Mengikuti, Ini Cara Untuk Menghilangkannya Dari Dalam Diri

Jangan mau terus dihantui rasa bersalah!

Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan. Hanya saja, tidak semua orang bisa melupakan kesalahan tersebut dalam waktu yang singkat. Banyak orang yang terus mengingat kesalahannya dalam waktu yang lama. Hingga akhirnya merasa putus asa, minder hingga merasa bersalah kepada diri sendiri atau orang lain yang mungkin mengalami kerugian karena kesalahan yang diperbuat.

Menghilangkan rasa bersalah (thepopularman.com)

Rasa bersalah yang terus menghantui tentu bisa menyiksa diri bahkan menghambat produktivitas. Padahal sebuah kesalahan adalah proses wajar dalam hidup sebelum menemukan kebenaran. Karena terus-menerus merasa bersalah itu tidak menyenangkan, mari coba hilangkan dengan beberapa cara berikut ini.

Maafkan diri sendiri

Dibanding memaafkan orang lain, memberi maaf kepada diri sendiri nyatanya jauh lebih sulit. Inilah yang menjadi penyebab kenapa rasa bersalah terus muncul dan menghantui diri. Dengan memaafkan diri sendiri, kamu akan lebih mudah menghapus rasa bersalah dan bisa menerima kesalahan yang dilakukan. Memang tidak semudah itu, karena memaafkan diri juga butuh waktu yang tidak sebentar.

Maafkan diri sendiri (telegraph.co.uk)

Akui kesalahan dan minta maaf

Jika kesalahan yang kamu lakukan memiliki dampak untuk orang lain, terutama dampak negatif, cobalah untuk meminta maaf dengan tulus. Akui kesalahan yang kamu lakukan dan jangan menyangkal. Dengan begitu hati akan jadi lebih tenang. Masalah dimaafkan atau tidak, itu tergantung pribadi masing-masing. Yang paling penting kamu mau mengakui dan minta maaf dengan tulus.

Akui kesalahan dan minta maaf (images.parents.mdpcdn.com)

Menyibukkan diri

Biasanya perasaan bersalah tidak bisa hilang begitu saja setelah minta maaf. Perasaan aneh yang mengganjal biasanya muncul namun sulit dijelaskan. Untuk melupakan apa yang kamu rasakan cobalah untuk menyibukkan diri. Entah itu dengan pekerjaan, jalan-jalan sama teman dan keluarga atau melakukan hobi lainnya. Alihkan pikiran kepada hal-hal yang lebih menyenangkan.

Menyibukkan diri (investorsgroup.com)

Jangan melempar kesalahan

Mungkin ketika membuat kesalahan, ada orang lain bersamamu. Namun bukan berarti kamu boleh melemparkan kesalahan padanya. Menyalahkan orang lain tidak akan menyelesaikan masalah atau menghilangkan rasa tidak enak. Ini hanya akan membuat masalah jadi lebih rumit. Akui saja jika memang kamu yang salah, tak perlu melibatkan orang lain.

Jangan melempar kesalahan (powerofpositivity.com)

Ambil pelajaran dari kesalahan tersebut

Catat ini, selalu ada hal baik yang mengikuti ketika hal buruk datang menghampiri. Selalu ada hikmah dan pelajaran yang bisa kamu ambil dari setiap kejadian. Kamu tidak akan bisa kembali ke masa lalu untuk memperbaiki kesalahan tersebut, namun kamu bisa belajar hari ini agar kesalahan itu tidak terulang kembali.

Ambil pelajaran dari kesalahan tersebut (Lifestyle Blog)

Mulai sekarang, berhentilah merasa bersalah. Kesalahan itu wajar terjadi. Namun jika kamu terus-menerus memikirkannya, aktivitas bisa terganggu pun begitu pula dengan kesehatan. Jadi, lebih baik terima semua yang terjadi, memaafkan dan meminta maaf kemudian ambil pelajaran. Karena seperti apapun kamu menyesal, kamu tak akan bisa memutar waktu dan kembali ke masa lalu.

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *