5 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami yang Terbukti Secara Ilmiah

Cara cepat sikat ketombe guys!

Sebagai mahkota, rambut merupakan aset berharga untuk menjaga penampilan agar tetap menarik. Terlebih bagi sebagian wanita, rambut menjadi hal yang wajib mendapatkan perhatian dan perawatan lebih. Namun sayangnya di jaman modern ini, dengan semakin buruknya kualitas udara akibat tercemari polusi, serta seringnya kulit kepala terkena paparan sinar matahari membuat kebanyakan masyarakat modern mengalami gangguan pada rambut, seperti rambut lepek, kering, bercabang, dan berketombe.

Baca juga : Saat Kampus Sudah Seperti Cat Walk. Seberapa Penting Sih Make Up Bagi Para Mahasiswi?

Untuk gangguan pada rambut seperti ketombe, bisa dikatakan paling banyak dialami dan paling menyebalkan. Sebab tidak hanya merusak keindahan rambut kamu, namun rasa gatal pada kulit kepala yang disebabkan ketombe juga sangat menggangu aktivitasmu, sehingga tidak heran jika banyak orang yang rela mengeluarkan banyak uang pergi ke salon untuk perawatan rambut.

Namun sebenarnya ada cara lain untuk menghilangkan ketombe, yaitu dengan menggunakan bahan-bahan alami, meskipun bahan-bahan yang digunakan sangat sederhana namun secara ilmiah kandungan yang terdapat di bahan-bahan berikut memang sangat baik untuk kesehatan rambut kamu. Simak yuk cara menghilangkan ketombe secara alami dengan menggunakan bahan-bahan berikut ini.

1. Lidah Buaya

Ketombe merupakan mengelupasnya kulit rambut yang disebabkan oleh banyak faktor, salah satu faktorya ialah akibat fungi atau jamur di kulit kepala. hal ini juga yang menyebabkan kulit kepala terasa sangat gatal apabila sedang mengalami ketombean.

blogoinformasi.com
blogoinformasi.com

Lidah buaya atau aloe vera sejak lama dikenal sebagai tumbuhan yang memiliki khasiat baik untuk rambut dan kulit kepala. Selain itu lidah buaya juga mampu menghilangkan ketombe dengan cepat di kulit kepala kamu, berdasarkan penelitian lidah buaya kaya akan kandungan enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan zat-zat lain yang bagus untuk kesehatan.

bisfren.com
bisfren.com

Tidak hanya itu, menurut Wahyono E dan Kusnandar (2002), lidah buaya berkhasiat sebagai anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri dan membantu proses regenerasi sel. Anti jamur inilah yang bisa menghilangkan jamur penyebab ketombe di kulit kepala.

2. Lemon

Selain akibat jamur, faktor yang menimbulkan ketombe ialah tidak seimbangnya pH di kulit kepala. Lemon dengan kandungan keasaman yang cukup tinggi mampu mnyeimbangkan pH kulit kepala sehingga tidak akan mucul lagi ketombe. Selain mampu menyeimbangkan pH pada kulit kepala, Lemon juga ternyata mampu menghilangkan kutu rambut dengan cepat.

prfmnews.com
prfmnews.com

Untuk menghilangkan ketombe dengan lemon, kamu bisa mengambil air perasan lemon kemudian dioleskan pada kulit rambut kepala, diamkan selama 30 menit kemudian bilas rambut kamu dengan menggunakan air dingin. Kamu juga bisa keramas setelahnya agar lebih bersih.

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun terbukti memiliki kandungan vitamin E yang sangat tinggi, kandungan vitamin E pada minyak zaitun sangat baik untuk merawat kelembaban kulit, tidak terkecuali kulit kepala. Kondisi kulit kepala yang kering memang menjadi salah satu faktor munculnya ketombe di kepala. Maka untuk melembabkan kulit kepala agar terhindar dari ketombe, mengoleskan minyak zaitun pada kulit kepala merupakan cara menghilangkan ketombe secara alami yang sangat tepat.

i.ytimg.com
i.ytimg.com

4. Daun Pandan

Daun pandan yang biasanya digunakan untuk mengharumkan masakan, ternyata juga mampu mengatasi ketombe yang membandel. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap daun pandan ternyata tidak hanya berfungsi sebagai pewarna makanan alami dan peharum aroma masakan, melainkan dapat memberikan nutrisi terhadap kulit, termasuk juga kulit kepala.

ridwanardianto.files.wordpress.com
ridwanardianto.files.wordpress.com

Cara membuat ramuan penghilang ketombe dengan daun panda, yaitu dengan mengambil 5 sampai 8 helai daun pandan kemudian diremas-remas sampai hancur, lalu direbus dengan sedikit air. Setelah dirasa cukup oleskan air rebusan daun panda pada kulit kepala dan diamkan selama beberapa saat. Setelah agak kering bilas dengan menggunakan air bersih.

5. Tomat

Tidak hanya lemon yang mampu menyeimbangkan pH pada kulit kepala. Tomat juga mampu menyeimbangkan pH kulit kepala. Sebagaimana kita singgung diatas bahwa ketidakseimbangan pH kulit kepala mengakibatkan muculnya jamur penyebab ketombe, dan tomat yang memiliki keasaman dan kaya akan vitamin, sangat baik untuk perawatan kulit kepala kamu.

manfaatbuahan.com
manfaatbuahan.com

Untuk membuat ramuan dari tomat kamu bisa ambil dua buah tomat segar lalu hancuran, setelah hancur tomat dicampurkan dengan minyak kelapa. kemudian oleskan pada kulit kepala secara merata, tunggu selama 45 menit kemudian bilas dengan keramas.

 

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Penikmat Dunia, Perindu Surga,

Kamu yang Brewokan Bersyukurlah! Kaum Hawa Melihatmu Punya Masa Depan Cerah

Dear Pengantin Baru, Ini 5 Tips Menata Keuangan di Awal Rumah Tanggamu