Bukan Ucapan Selamat, Ini 7 Kalimat Sederhana yang Ingin Didengar Ibu yang Baru Melahirkan

Kamu yang pernah melahirkan pasti setuju

248
SHARES

Kalimat klasik seperti “selamat ya atas kelahiran anakmu” sering sekali dilontarkan pada ibu yang baru saja melahirkan. Apalagi pertanyaan-pertanyaan aneh seperti “apa dia anak yang baik?” “Apa anakmu tertidur lelap kalau malam?” atau “apa anakmu sering menangis?”

Sebenarnya, ibu yang baru saja melahirkan ingin mendengar sesuatu yang lebih dari sekadar ucapan selamat. – squarespace.com

Bagaimana bisa seorang ibu bisa menjawab pertanyaan retoris (pertanyaan yang tidak perlu dijawab) seperti itu kalau anaknya belum lama lahir ke dunia? Jadi ketika kamu kebetulan ingin menjenguk teman atau saudara yang baru saja melahirkan, lebih baik lontarkan kalimat-kalimat keren berikut ini.

1. “Kamu ibu yang hebat”

Ketimbang memberinya selamat, memuji perjuangannya dalam mempertaruhkan nyawa demi seorang bayi yang lahir ke dunia jelas lebih membuatnya bahagia. Katakan secara langsung bahwa dia adalah ibu yang hebat, dan biarkan dia merasa benar-benar dihargai oleh orang-orang terdekat sepertimu.

Katakan kalau dia benar-benar hebat. – pkv.de

2. “Bagaimana perasaanmu?”

Ini merupakan bentuk perhatian. Menanyakan apakah dia merasa sakit atau tidak, atau bagaimana kondisinya pasca melahirkan, secara psikologis mampu membuatnya merasa lebih baik. Sebagai orang terdekat, kamu harus melakukan ini.

Tanyakan apa yang dia rasakan pasca melahirkan buah hatinya. – sanmarinoinhomecare.wordpress.com

3. “Aku bangga sama kamu”

Melahirkan seorang anak adalah sebuah kebanggaan. Maka, tunjukkan rasa banggamu padanya yang telah berjuang mati-matian selama melahirkan. Katakan dengan tegas, bahwa kamu bangga dengan apa yang sudah berhasil dilakukannya.

Tunjukkan rasa banggamu dengan memuji kehebatannya. – indianexpress.com

4. “Gimana cerita kelahirannya?”

Ibu mana pun pasti akan senang kalau ada yang mau mendengar bagaimana dia melahirkan. Jam berapa dia melahirkan, seperti apa sakit yang dia rasakan, juga apa yang dilakukan dokter dan suster saat membantunya melahirkan. Dia, pasti akan dengan senang hati menceritakan padamu.

Secara detail, kamu bisa memintanya untuk menceritakan semua hal yang terjadi saat dia melahirkan. – essentialbaby.com.au

5. “Eh, aku punya cerita lucu lho…”

Ingat, ibu yang baru saja melahirkan itu masih dalam kondisi pemulihan. Karena itu, merupakan ide yang sangat baik kalau kamu menghiburnya dengan berbagi cerita lucu untuk sekadar menghiburnya. Meskipun tidak bisa membuatnya terbahak-bahak, yang jelas dia akan merasa lebih baik.

Hibur dia dengan beberapa cerita lucu, karena itu bisa membuatnya merasa lebih baik. – indianexpress.com

6. “Kamu terlihat lebih berseri”

Hanya dengan mengatakan kalimat ini, bisa dipastikan dia akan langsung tersenyum. Dengan mengabaikan kondisinya yang drop pasca melahirkan, dia akan senang hati menerima kunjunganmu yang dipermanis dengan pujian itu.

Dia pasti akan senang mendengar kamu mengatakan kalau dia lebih frseh dari sebelumnya. – s-nbcnews.com

7. “Aku boleh menggendongnya?”

Tunjukkan bagaimana tertariknya kamu pada anaknya dengan meminta ijin untuk menggendongnya. Sikap keibuan seperti ini akan membuatnya merasa bahwa kamu benar-benar sayang dan memperhatikan buah hatinya.

Dia akan dengan senang hati membiarkan buah hatinya kamu gendong dengan rasa sayang dan penuh perhatian. – wishlistku.co.id

Pada dasarnya, mengunjungi seorang ibu yang baru saja melahirkan itu adalah tentang bagaimana membuatnya merasa lebih baik, memberi dukungan moral, dan tentu saja melontarkan semangat agar dia bahagia dalam menjalani kehidupan barunya sebagai seorang ibu.

248
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."