Ini Lho Cara Ampuh Menghadapi Kritik, Nggak Usah Sambil Marah-marah!

Jangan keburu emosi, ikuti saja cara ini

Siapapun dia, tidak ada orang yang suka dianggap salah apalagi di kritik dengan tajam. Terlebih kritik yang menyakiti hati, bukan sebagai motivasi perbaikan diri justru bisa memicu timbulnya emosi. Tapi terkadang kritik juga bisa membawa kamu pada kesuksesan maka harus dihadapi dengan sebijak mungkin.

Cara menghadapi kritik (Tips & Cara)

Daripada marah-marah, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi kritik. Agar kritikan yang kamu terima tidak lagi menyebalkan, namun bisa membawa perubahan kehidupan. Apa saja sih cara ampuh tersebut?

Kritik bisa jadi sebuah kesempatan

Menilai pekerjaan sendiri secara obyektif memang sangat sulit. Kamu membutuhkan orang lain untuk memberikan saran, feedback maupun penilaian dari sudut yang berbeda. Disinilah kamu bisa mengubah kritikan menjadi kesempatan untuk terus tumbuh berkembang jadi lebih baik. Meski terkadang saran dan sudut pandang mereka terdengar tak masuk akal.

Kritik bisa jadi sebuah kesempatan (dalecarnegiebandung.files.wordpress.com)

Terlebih jika kata-kata yang mereka ungkapkan menyakiti ego kamu, pasti emosi seketika muncul. Namun jika dihadapi dengan kepala dingin dan pikiran jernih, kritik bisa membuat pekerjaanmu menjadi lebih baik. Oleh karena itu pandai-pandailah melihat setiap kesempatan dalam kritik yang kamu dapat.

Jika menjatuhkan maka jangan didengar

Sebenarnya ada dua macam kritik yang biasa disampaikan, pertama kritik yang membangun dan kedua adalah kritik yang menjatuhkan. Kritik membangun biasanya disertai solusi agar pekerjaan jadi lebih baik. Sementara yang menjatuhkan hanya bisa mencela tanpa memberikan apa-apa. Pilih juga mana kritik yang bisa kamu aplikasikan dan mana yang tidak.

Jika menjatuhkan maka jangan didengar (catatanmini.com)

Semua orang bisa saja memberikan kritik sesuka mereka, namun semua kembali padamu apakah kamu mau mendengarkan atau tidak. Apakah kamu akan melakukan atau mengabaikan. Jika menurutmu kritikan tersebut tidak memiliki nilai ya lebih baik jangan didengarkan.

Tak perlu langsung ditanggapi

Apa yang biasanya kamu lakukan ketika mendapatkan kritikan? Mungkin hanya diam atau malah berusaha melawan dengan mengeluarkan argumen balik? Sudah menjadi insting manusia untuk tetap bertahan ketika diserang, termasuk dengan kritik. Bahkan beberapa langsung menanggapi dengan emosi.

Tak perlu langsung ditanggapi (idntimes.com)

Hanya saran, sebaiknya kamu jangan langsung memberikan respon ketika di kritik. Pertimbangkan dan pikirkan dulu baik-baik apa isi kritikan atau bagaimana kamu akan menjawab. Setelah itu barulah ambil tindakan dengan bijak.

Mendapat kritik memang tidak menyenangkan, oleh karena itu tidak semua orang mau mendengar apalagi menerima. Agar tidak terpancing emosi dan menyebabkan masalah setelahnya maka hadapi dengan bijak ya!

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *