7 Cara Mengambil Hati Orang Lain dengan Psikologi

Bisa dicoba pada gebetan juga lho!

591
SHARES

Sebagai makhluk sosial, saling berinteraksi adalah hal mutlak yang harus bisa kamu lakukan. Interaksi, membutuhkan komunikasi yang baik agar pesan yang disampaikan bisa diterima dengan sama baiknya. Namun untuk bisa melakukannya dengan baik, kamu harus pintar mengambil hati.

Agar tercipta interaksi yang baik, yang dibutuhkan adalah kepintaran mengambil hati. – pexels.com

Masalahnya, mengambil hati orang lain itu bukan perkara gampang. Mengambil hati orang lain membutuhkan latihan, percobaan, dan kegagalan. Namun kalau kamu mau menggunakan trik psikologi dalam berinteraksi berikut ini, mengambil hati orang lain adalah perkara yang benar-benar gampang.

1. Mengangguklah sesering mungkin

Ketika kamu berkomunikasi dengan seseorang, mengangguklah sesering mungkin. Terutama saat kamu ingin meminta bantuannya. Karena dengan menganggukan kepala sambil mendengar apa yang dia bicarakan, kamu akan dianggap setuju dengan semua yang dia katakan.

Dengan mengangguk, orang lain akan yakin kalau kamu setuju dengannya. – pexels.com

2. Coba diam sejenak

Jangan terbiasa mengoreksi kesalahan orang lain. Karena sebenarnya, ada cara lain yang lebih efektif untuk menunjukkan ketidaksetujuan menjadi percakapan sopan. Coba diam sejenak, dan dengarkan apa yang ingin orang lain sampaikan sehingga kamu punya peluang untuk memahaminya dengan baik.

Diam berarti memberi orang lain kesempatan untuk mengungkapkan pendapatnya. – bbci.co.uk

3. Ketika kamu meminta bantuan, pastikan tidak ditolak

Jangan pernah memulai percakapan dengan langsung meminta bantuan dan menyerang lagi dengan permintaan-permintaan yang lain. Ketika kamu ingin meminta bantuan, mintalah dengan cara elegan hingga orang lain tidak bisa menolaknya.

Dan tunggu satu atau dua hari untuk kalau kamu memang ingin meminta bantuan lagi.

Ketika kamu meminta bantuan, lakukan dengan cara elegan agar diterima. – pexels.com

4. Mintalah bantuan ketika kamu benar-benar lelah

Ketika melakukan suatu pekerjaan, jangan ragu untuk meminta bantuan. Namun, hanya lakukan jika kamu sudah benar-benar lelah secara fisik dan mental. Mengapa? Karena dalam kondisi kritis seperti itu, orang lain akan tergerak hatinya untuk segera memberimu bantuan.

Lelah fisik dan mental adalah kesempatan terbaik untuk meminta bantuan orang lain. – huffpost.com

5. Tiru perilaku orang lain

Saat berinteraksi dengan orang lain, cobalah untuk membaur dengan dirinya. Meniru perilaku dan gaya bicaranya adalah dua hal terbaik yang bisa kamu coba. Dengan sedikit sabar dan kepekaan berpikir, kamu pasti bisa segera memenangkan hatinya.

Gunakan kesabaran dan kepekaanmu untuk meniru perilaku orang lain. – pexels.com

6. Jangan ragu untuk memuji

Faktanya, pujian adalah hal yang secara spontan bisa membuat seseorang merasa senang. Karena itu, jangan pernah ragu untuk memuji orang lain. Dengan porsi yang cukup tanpa perlu dilebih-lebihkan, dia pasti akan langsung memperhatikanmu, dan mengingatnya untuk waktu yang lama.

Tidak ada yang salah dengan memuji, asal kamu melakukannya dengan baik dan tidak berlebihan. – pexels.com

7. Sebut namanya

Selalu panggil nama atau jabatan ketika kamu ingin memanggil seseorang. Memilih nama atau jabatan adalah pilihan yang fleksibel, tergantung situasi dan kondisi. Karena ada beberapa orang yang lebih senang dipanggil namanya, ada juga yang lebih bangga dipanggil dengan jabatannya. Bos, misalnya.

Dengan menyebut nama atau jabatannya, orang lain akan merasa sangat dihargai. – pexels.com

Semua trik psikologi ini bisa kamu terapkan pada siapa saja, keluarga, teman, atasan, bahkan gebetan. Tinggal pilih mana yang kamu rasa paling tepat, kemudian luangkan waktu untuk berusaha mengambil hatinya.

Selamat mencoba!

591
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."