Masih Belum Menemukan Bakat Terpendam dan Passion dalam Dirimu? Coba Lakukan Hal Ini

Merugila orang yang tidak menemukan bakatnya sampai akhir hayatnya.

611
SHARES

Banyak diantara kita yang jika ditanya persoalan apa bakat yang kita miliki, maka jawabannya tidak tahu. Jawaban tersebut bukan berarti kita sedang merendahkan hati, namun memang pada kenyataannya kita sering tidak tahu apa sebenarnya bakat dan passion yang kita miliki.

Banyak dari kita yang belum tahu apa bakat diri sendiri (pakarspg.com)

Padahal memahami bakat yang kita miliki merupakan hal yang wajib kita kita ketahui untuk tercapainya kesuksesan di dalam hidup kita. Banyak orang yang mengalami kegagalan dalam kehidupannya bukan karena ia malas bekerja keras, namun ia mengerjakan sesuatu yang bukan pada bakat dan passion nya.

Pentingnya pemahaman tentang bakat pada diri sendiri inilah yang membuat pertanyaan tentang bakat apa yang kita miliki sering muncul di soal tes, baik itu tes tulis maupun tes wawancara. Baik itu tes buat akademik maupun buat kerja. Pertanyaan terkait bakat biasanya tidak pernah alpa diajukan.

Banyak tes yang menanyakan terkait kemampuan dan bakat (adibmedia.com)

Perlu diketahui, jika bakat pada dasarnya dimiliki oleh semua orang. Jadi jika kamu ditanya persoalan bakat yang kamu miliki, jangan sampai menjawab tidak memiliki bakat apa-apa. nah, untuk mengetahui apa sih sebenarnya bakat dan passion yang ada pada diri kamu, kamu bisa mengetahuinya dengan cara berikut.

Memahami hal apa yang paling kamu sukai, dan sangat menikmati saat mengerjakannya, serta kamu rela berkorban untuk hal itu.

Untuk menemukan bakat pada diri sendiri, kamu bisa mencari tahu hal apa yang paling kamu sukai, dan saat mengerjakan hal itu kamu sangat menikmatinya. Contoh saja, kamu seseorang yang sangat menyukai menulis. Tidak hanya menyukai, kamu juga sangat menikmati saat sedang menulis, sehingga tidak terasa kamu sudah menghabiskan waktu berjam-jam untuk menulis.

Biasanya kamu akan merasakan menikmati dengan hal itu (tipsdoktercantik.com)

Jika kamu mengalami hal seperti itu, itu artinya kamu memiliki bakat dibidang kepenulisan. Atau kamu sangat menyukai jual beli, sehingga kamu sering membeli sesuatu untuk dijual lagi, jika demikian mungkin kamu memiliki bakat berbisnis. Kunci untuk menemukan bakat dalam diri sendiri yang pertama ialah mengetahui hal yang paling kamu suka, dan paling kamu nikmati.

Mengetahui hal apa yang menurutmu mudah dilakukan tapi tidak bagi orang lain

Kemampuan orang berbeda-beda, dan kemampuan seseorang juga erat kaitannya dengan bakat yang tersembunyi. Untuk mengetahui bakat kita, kita bisa dengan mengetahui hal apa yang menurut kita mudah melakukannya, namun menurut orang lain susah.

Jika kamu menanggap mudah sesuatu dan orang lain merasa kesusahan, bakatmu mungkin disitu (doremikid.id)

Sebagai contoh, tentang menulis tadi. Untuk seseorang yang memiliki bakat menulis, maka akan merasa mudah jika disuruh menulis suatu cerita, atau gagasan. Namun jika tidak memiliki bakat menulis, maka untuk membuat tulisan satu paragraf saja kita akan kesusahan.

Tidak hanya dalam hal kepenulisan, jika menurutmu lebih mudah membuat kue daripada menulis, kemungkinan bakatmu memang memasak. Pada point ini, untuk mengetahui bakat kita pada dasarnya kita mencari tahu kemampuan apa yang kita miliki diatas dari orang rata-rata.

Mengetahui hal apa yang membuatmu penasaran dan selalu ingin belajar dengan hal itu

Bakat pada diri sendiri juga bisa diketahui dengan cara memahami hal yang selalu ingin kamu pelajari. Misalkan saja sampai detik ini kamu belum menemukan bakat pada diri kamu, namun kamu selalu ingin mempelajari resep masakan baru. Kemungkinan memang bakatmu ialah memasak.

Bakat akan membuatmu selalu penasaran dan ingin belajar dalam hal tersebut (drpfconsults.com)

Atau saat kamu menyukai dengan dunia kepenulisan, kamu selalu ingin mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan penulisan. Jika kamu pernah merasakan ingin belajar pada bidang tertentu yang sangat menggebu-gebu, mungkin bakatmu disitu.

Tanyakan kepada orang lain

Tidak jarang kadang yang menemukan bakat kita adalah orang lain yang sering bersama kita. Sebagai contoh, ada seorang orator ulungyang awalnya ia tidak menyadari jika ia memiliki bakat berorasi dan beretorika yang bagus. Namun hal itu justru diketahui dan dirasakan orang lain yang biasa ngobrol dengannya.

Kamu juga bisa menanyakan kepada orang lain terkait penilaian orang lain atas kemampuan dirimu (i.huffpost.com)

Sudah menjadi fitrah manusia, ia merupakan makhluk yang paling pandai menilai orang lain, tapi merasa tidak berdaya jika disuruh untuk menilai dirinya sendiri. Nah, atas hal tersebutlah kamu bisa menanyakan orang lain untuk menilai bakat dan passion-mu.

Merugilah orang yang sampai akhir hayat tidak menemukan bakatnya, sebab itu merupakan modal pemberian Tuhan untuk kehidupan (nilni.com)

Itulah beberapa cara sederhana untuk mengetahui bakat apa sebenarnya yang kita miliki. Ingat, setiap manusia pasti memiliki bakat. Tugas kamu bukan menciptakan bakat, tapi cukup menemukan bakat pada diri kamu sendiri.

Sebab, bakat merupakan pemberian Tuhan kepada setiap manusia untuk modal hidupnya. Maka akan sia-sia jika sampai meninggal dunia, kamu bekerja tidak pada bakat dan passion yang kamu miliki.

611
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penikmat Dunia, Perindu Surga,