4 Cara Mendeteksi Kamera Tersembunyi Ini Penting untuk Dipelajari

Jangan sampai kamu jadi korban oknum-oknum berpikiran mesum ya

258
SHARES

Di banyak bidang kehidupan, kaum hawa sering sekali menjadi korban pelecehan. Tidak terkecuali di bidang pertoiletan. Ya, di ruang sempit yang biasa digunakan cewek untuk buang hajat, menangis, atau sekadar ganti pakaian ini, sering dipasangi kamera tersembunyi oleh oknum-oknum berpikiran mesum.


Kaum hawa sering sekali menjadi korban pelecehan di toilet umum. – fesdizen.blogspot.com

Kamu sebagai cewek tentu harus hati-hati. Jangan sampai hanya karena keperluan kecilmu di toilet, kamu harus menanggung malu dan kehilangan harga diri. Untuk mengantisipasi, ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk mendeteksi kemungkinan adanya kamera yang sengaja disembunyikan.

1. Perhatikan langit-langit dan bagian yang tersembunyi

Sebelum menggunakan toilet (khususnya toilet umum atau hotel), hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memperhatikan seluruh ruangan, terutama langit-langit dan bagian yang sering diabaikan orang seperti area di bawah wastafel. Perhatikan, apakah ada sesuatu yang aneh?

Apakah ada sesuatu yang aneh di langit-langit atau pada bagian yang tersembunyi di toilet? – change.org

2. Pastikan tidak ada benda yang mencurigakan

Di era modern ini teknologi sudah sangat canggih, tidak terkecuali kamera. Sekarang, kamu bisa dengan mudah menemukan kamera dengan berbagai bentuk. Dari yang menyerupai pulpen sampai gantungan baju. Jadi, pastikan tidak ada benda-benda aneh di dalam toilet yang kamu gunakan.

Jaman sekarang, kamera bisa berbentuk apa saja. – keepo.me

3. Manfaatkan kepekaan telingamu

Mayoritas kamera bersensor gerak akan mengeluarkan bunyi ‘klik’ atau berdengung saat dioperasikan. Kalau penglihatanmu tidak bisa mendeteksi keberadaan kamera, manfaatkan kepekaan telingamu untuk menyiasatinya. Ini, akan sangat berguna ketika kamu berada di dalam toilet yang sepi dan sunyi.

Dalam kondisi sepi dan sunyi, kamu bisa mendengar bunyi-bunyi yang berasal dari kamera tersembunyi. – rd.com

4. Gunakan kamera smartphone-mu

Kalau memungkinkan, coba matikan lampu toilet hingga ruangan menjadi gelap. Setelah itu, ambil smartphone-mu dan arahkan kameranya ke selurh ruangan. Kalau kamu melihat ada titik merah, itu berarti ada kamera yang dipasang di sana.

Gunakan kameramu untuk mendeteksi titik merah yang berasal dari kamera tersembunyi. – jalantikus.com

Lalu apa yang harus dilakukan kalau kamu benar-benar menemukan benda mencurigakan atau kamera? Jangan ragu untuk memanggil pihak yang berwenang. Jangan memindahkan benda aneh atau kamera yang kamu temukan, karena itu bisa dijadikan barang bukti terjadinya tindak pelecehan.

258
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."