Cara Mempersiapkan dan Memilih Isi Kotak Seserahan Agar Pernikahan Makin Berkesan

Calon pengantin wajib tau!

Pernikahan di Indonesia memang dikenal sakral karena harus melalui banyak tradisi yang sudah dilakukan turun-temurun. Salah satunya tradisi seserahan yang dilakukan sebelum ijab kabul dilakukan. Seserahan merupakan tradisi dimana pihak pria memberikan barang-barang yang dibutuhkan kepada pihak wanita sebagai wujud tanggungjawab.

Mempersiapkan seserahan (aninditatanjung.files.wordpress.com)

Barang yang diberikan bisa bermacam-macam sesuai dengan permintaan mempelai wanita. Namun tidak ada kepastian berapa jumlah atau banyaknya barang yang harus diberikan. Hanya saja dalam tradisi Jawa ada yang mewajibkan seserahan harus berjumlah ganjil, misalnya 5, 7, 9, 11 atau 13 macam.

Untuk barang yang dipilih biasanya seperti perlengkapan ibadah (mukena, sejadah, dan Alquran), perlengkapan mandi (sabun, shampoo, lulur, sikat dan pasta gigi hingga wewangian), pakaian dalam, kosmetik, perhiasan hingga perlengkapan lain seperti tas, sepatu, baju hingga bermacam aksesoris. Tak lupa oleh-oleh berupa makanan dan buah-buahan sebagai pelengkap. Nah agar kamu tak bingung bagaimana cara mempersiapkan seserahan, berikut ini panduan singkat yang bisa kamu coba.

Buat daftar barang yang dibutuhkan

Hal pertama yang harus dilakukan oleh mempelai wanita adalah buat daftar seserahan yang sekiranya diperlukan dan sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan. Jangan memilih barang hanya untuk “mempercantik” kotak saja karena akhirnya akan sia-sia jika tak terpakai. Buat daftar lengkap menurut jenis barang dan macamnya.

Buat daftar barang yang dibutuhkan (medicalnewstoday.com)

Daftar ini nantinya akan berguna sebagai panduan menghitung biaya keseluruhan. Pun bisa untuk mengecek apakah semua sudah terbeli atau ada yang terlewatkan. Jangan sampai ada yang lupa dibeli atau malah memasukkan barang yang tidak dibutuhkan.

Atur anggaran sesuai daftar

Atur anggaran sesuai daftar (thepennyhoarder.com)

Setelah membuat daftar lengkap, kini saatnya membuat perkiraan biaya yang akan digunakan. Sebisa mungkin sesuaikan dengan anggaran yang ada, jangan berlebihan hanya karena ingin seserahan yang “cantik”. Percayalah, kebutuhan setelah menikah jauh lebih besar.

Jangan terburu-buru ketika membeli

Jangan terburu-buru ketika membeli (business.pinterest.com)

Ada baiknya seserahan disiapkan beberapa bulan sebelum pernikahan. Tujuannya agar bisa memilih barang yang benar-benar sesuai selera dan juga menghemat anggaran dengan memanfaatkan promo maupun diskon. Tak harus membeli semua barang dalam satu waktu. Perlahan saja yang penting sesuai dengan selera, kebutuhan dan biaya yang disediakan calon mempelai pria.

Pilih kemasan yang cantik

Tidak semua orang bisa mengemas seserahan dengan cantik, untuk itulah sekarang banyak sekali vendor yang menyediakan kotak beserta jasa kemas. Kamu harus survey dulu berapa biaya per kotaknya. Cari tau juga apakah kotak dan aksesoris yang dipakai nantinya jadi hak milik atau hanya sewa.

Pilih kemasan yang cantik (jogjagiftbox.com)

Kalau ingin membuat sendiri tak masalah kok, malah bisa lebih hemat biaya. Namun kalau tak ingin repot lebih baik serahkan kepada vendor saja. Jangan lupa sesuaikan warna dengan tema pernikahan agar tampilan seserahan lebih apik.

Nah itulah beberapa panduan yang bisa kamu praktekkan jika masih bingung dengan seserahan. Jangan sampai salah pilih barang ya!

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *