Nggak Usah Khawatir, Nih 4 Cara Bertahan Hidup Saat Bokek Menyerang

Yang penting bisa hidup kan?

5
SHARES

Menjelang akhir bulan, banyak yang sering mengalami bokek atau kehabisan uang. Apalagi jika dari awal bulan tak mempersiapkan tabungan sepeserpun untuk berjaga-jaga. Menyesal? Pasti. Jika sudah bokek begini apa yang bisa dilakukan. Minta suntikan dana dari orang tua bukanlah ide bagus. Selain membebani, kamu juga tak akan bisa belajar mengatur keuangan dan cenderung akan mengalami ketergantungan nantinya.


Setidaknya disaat bokek kamu harus menyambung hidup dengan seadanya dan jangan berharap untuk bisa hidup enak. Lupakan dulu gengsi dan egomu karena hal itu tak bisa mengobati bokekmu. Bertahan hidup hingga awal bulan dan mendapat pemasukan lagi adalah prioritasmu. Nah 4 cara ini akan membantumu bertahan hidup dikala bokek melanda.

Bokek (Via wealthmagnate.com)
Bokek (Via wealthmagnate.com)

1. Uang kaget bagaikan dewa penyelamat

Pernah menemukan selembar uang di saku celana atau ditengah lembaran buku secara tiba-tiba? Nah itulah uang kaget yang harus kamu kumpulkan. Kumpulkan semua uang yang pernah kamu selipkan, jangan lupa uang receh kembalian yang sering kamu abaikan. Jika jumlahnya lumayan, uang tersebut bisa kamu gunakan untuk bertahan hidup sementara hingga kamu mendapatkan pemasukan lagi. Anggap saja uang kaget ini adalah rejeki yang diselipkan Tuhan untukmu.

Uang kaget (Via vessy-frizona.blogspot.com)
Uang kaget (Via vessy-frizona.blogspot.com)

2. Tahan dirimu dan jangan beli yang tak perlu

Jadi, berapa banyak uang yang bisa kamu kumpulkan dari selipan baju? Jangan gunakan uang tersebut untuk yang nggak perlu. Sekiranya gunakan saja untuk makan atau membeli kebutuhan harian. Tahan dulu dirimu agar tak membeli kebutuhan yang tak penting. Prioritaskan apa yang kamu butuhkan demi menyambung hidupmu. Apalagi jika uang kaget yang kamu temukan tak seberapa. Mending buat makan aja deh.

Jangan beli yang tak perlu (Via csdnews.com)
Jangan beli yang tak perlu (Via csdnews.com)

3. Yang penting murah

Konsep hidup satu ini sangat cocok diterapkan disaat masa-masa kritis. Apapun yang ingin kamu beli pastikan harganya murah dan nggak menguras kantongmu. Apalagi sampai membuatmu benar-benat nggak ada uang, jangan sampai!

Hal ini berlaku juga untuk makan dan keperluan lainnya. Nggak usah sok makan di restauran atau di tempat kekinian kalau memang kantongmu tak mengizinkan. Tahan dulu semua keinginanmu sampai pendapatan selanjutnya. Intinya, bagaimana kamu bisa bertahan hidup dengan uang yang nggak seberapa.

Murah (Via youtube.com)
Murah (Via youtube.com)

4. Jangan terlalu sering keluar rumah/ kos

Cara yang satu ini akan sangat bermanfaat untuk mengurangi keinginanmu yang bermacam-macam. Saat kamu pergi keluar bersama teman ataupun hanya jalan-jalan sendirian, hal ini akan cenderung untuk mendorongmu membeli sesuatu yang tak kamu butuhkan sama sekali. Lebih baik diam dan lakukan sesuatu yang menyenangkan di rumah/ kos. Menonton film atau bermain game misalnya. Selain akan membunuh waktu kamu juga akan terhindar dari ‘keinginan’ membeli. Nah dengan begitu kamu tak perlu mengeluarkan uang.

Dirumah aja (Via redwigwam.com)
Dirumah aja (Via redwigwam.com)

Itulah 4 cara untuk bertahan hidup disaat bokek melanda. Namun saat pemasukanmu tiba jangan langsung seketika kamu habiskan untuk memenuhi keinginanmu yang tertunda. Prioritaskan untuk menabung agar bokek tak kembali mencekikmu saat akhir bulan tiba.

5
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

"You can if you think you can"